Finalisasi Ruas Terakhir, Jalan Tol Medan-Binjai Segera Beroperasi Penuh

26/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Finalisasi Ruas Terakhir, Jalan Tol Medan-Binjai Segera Beroperasi Penuh
PT Hutama Karya memasuki tahap akhir pembangunan Jalan Tol Medan-Binjai, untuk ruas terakhir. Ditargetkan pertengahan 2020 selesai dan tol tersambung penuh.

Mega proyek pembangunan infrastruktur jalan Tol Trans Sumatra terus dikebut. Tol yang memiliki panjang total 2.818 Km membentang dari pelabuhan Bakauheni hingga Banda Aceh ini ditargekan selesai dan bisa dioperasikan secara penuh pada 2024.

Foto menunjukkan salah satu Simpang Susun (SS) jalan Tol Medan-Binjai

Tol Medan-Binjai tinggal menunggu waktu selesai dan beroperasi

Jalan Tol Medan-Binjai

Memasuki 2020 beberapa ruas ditargetkan selesai dan bisa dilalui sebagai tol operasional. Salah satunya Tol Medan-Binjai sepanjang 16,72 km yang dikerjakan PT Hutama Karya saat ini sudah memasuki tahap akhir. Menurut informasi yang diunggah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat di akun Instagram @bpjt_info, progres yang dicapai seksi 1 sepanjang 6,27 km sudah mencapai 94,15% dan diharapkan selesai pertengahan 2020.

Tol yang menghubungkan Tanjung Mulia-Helvetia ini bakal tersambung dengan dua seksi lain yang sudah beroperasi duluan, yaitu Seksi 2 (Helvetia—Semayang) sepanjang 6,18 kilometer dan seksi 3 (Semayang-Binjai) sepanjang 4,28 kilometer. Keduanya telah beroperasi sejak Oktober 2017. Segmen SS (simpang susun) Helvetian—Jalan Veteran (2,80 kilometer) yang menjadi bagian dari seksi 1 juga telah beroperasi pada April 2019.

>>> Hindari 10 Kebiasaan Bodoh Ini Di Jalan Tol

Foto menunjukkan Gerbang Tol Semayang di Jalan Tol Medan-Binjai

Dua seksi ruas Tol Medan-Binjai sudah beroperasi

Jalan Tol Medan-Binjai mulai dibangun akhir Januari 2015 dengan peletakan batu pertama dilakukan Presiden Joko Widodo. Untuk pengerjaannya dilakukan PT Hutama Karya sesuai amanat Peraturan Presiden No. 117/2015 tentang perubahan atas Peraturan Presiden No. 100/2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera. Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) untuk ruas tol ini telah ditandatangani pada tahun 2014.

Tol terbagi menjadi 3 seksi seperti tersebut di atas dan memiliki beberapa Simpang Susun (SS), dan satu Ramp On/Off, yaitu SS Tanjung Mulia, Ramp On/Off Marelan, SS Helvetia, SS Semayang, dan SS Binjai. Jalan tol ini akan terhubung secara langsung dengan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa sepanjang 43 Km dan Tol Medan–Kualanamu–Tebing Tinggi sepanjang 61,72 Km yang keduanya telah beroperasi.

Mengurangi Kepadatan Jalan Lintas Sumatra

Diharapkan keberadaan jalan tol Medan-Binjai ini bisa mengurangi kepadatan dan kemacetan jalan arteri Medan-Binjai yang merupakan salah satu ruas terpadat dalam Jalan Raya Lintas Sumatra Medan-Banda Aceh. Jalan Tol ini juga menjadi salah satu infrastruktur pendukung sebagai aksesibilitas menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke.

>>> Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Dumai, Progres Lebih Dari 65 Persen

Foto Tol Medan-Binjai Km 12

Tol Medan-Binjai bakal mengurangi kepadatan di jalan arteri utama Medan-Banda Aceh Jalan Lintas Sumatra

>>> Ikuti terus berita otomotif terlengkap di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top