Filipina Paling Langganan Mobil Buatan Indonesia, Modelnya Apa Ya?

02/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Filipina menjadi negara yang paling banyak langganan mobil buatan Indonesia dengan angka ekspor tertinggi pada 2020. Model apa saja ya yang diekspor ke sana?

Filipina menduduki tempat teratas sebagai negara langgan mobil yang dibuat di Indonesia. Dalam catatan yang dimiliki Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sepanjang tahun 2020 Filipina mengimpor 64.529 mobil buatan Indonesia. 

Tren tersebut masih berlanjut memasuki tahun 2021. Hingga April 2021, Indonesia telah mengekspor 25.234 ke negara di bawah pimpinan Rodrigo Duterte tersebut. Mobil buatan Indonesia yang dikirim ke Filipina secara utuh (CBU) merupakan garapan para produsen Jepang seperti Toyota, Mitsubishi, hingga Honda. 

Honda Brio

Honda Brio 'Made in Indonesia' juga dikirim ke Filipina

>>> Daftar 10 Negara yang Langganan Mobil Buatan Indonesia

Merek Toyota Mendominasi

Lalu apa saja ya modelnya? Apakah di Filipina juga turut menggemari mobil MPV seperti di Indonesia? 

Mengutip data distribusi ekspor Gaikindo tahun 2020, setidaknya ada delapan model mobil rakitan Indonesia yang diekspor ke Filipina. Adapun modelnya adalah Toyota Fortuner, Toyota Innova, Toyota Avanza, Toyota Rush, Toyota Wigo, Suzuki Ertiga, Honda Brio, dan terakhir Mitsubishi Xpander. Secara model, tak ada perbedaan signifikan dengan mobil yang dijual sekaligus digemari di oleh masyarakat Indonesia. 

Tapi jangan salah, mobil terlaris di Filipina itu justru sedan Toyota Vios. Dilansir Autodeal, Toyota Vios merupakan mobil paling laris seantero Filipina pada tahun 2020 dengan penjualan sebanyak 25.290 unit.

ekspor mobil

Innova cukup digemari di Filipina

Adanya pandemi dan penerapan lockdown di Filipina tampaknya tak memiliki pengaruh besar terhadap penjualan Vios. Meski PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memproduksi Vios, namun tercatat tidak ada nama sedan tersebut di data ekspor. 

Setelah Vios, mobil Toyota lain yang terlaris di Filipina adalah Hilux. Di sana, pickup truk Hilux terjual sebanyak 13.637 unit. Adanya ubahan facelift pada Hilux pada tahun 2020 pun turut berperan terhadap penjualannya di era pandemi itu. 

Di tempat ketiga ada Toyota Wigo. Wigo yang di Indonesia dikenal dengan Toyota Agya rupanya juga sanggup memikat warga Filipina. Harga menjadi latar belakang utamanya.

>>> Jokowi Mau Mobil Rakitan Indonesia Makin Mendunia

Harga Terjangkau 'Agya' Laris di Filipina

Wigo merupakan salah satu mobil yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Penjualan Wigo sendiri tercatat mengalami peningkatan signifikan dari tempat ke 7 pada tahun 2019 kemudian merangkak ke posisi 3 dengan penjualan 11.853 unit. Di Indonesia, Wigo alias Agya ini juga masuk dalam segmen Low Cost Green Car (LCGC) atau lebih sering disebut mobil murah. 

Presiden Joko WIdodo bersama jajaran Toyota Indonesia

Sudah lebih dari 1 juta unit mobil Toyota diproduksi di Indonesia untuk diekspor

Sepanjang tahun 2020, Toyota Innova harus rela turun satu peringkat ke posisi empat. Di sana Innova terjual sebanyak 10.551 unit. Disebut Autodeal, Innova memiliki posisi kuat sehingga bisa jadi penjualannya kembali ke puncak. 

Melengkapi lima besar ada Toyota Hiace. Hiace memanjat dua posisi hingga berada di tempat kelima. Pada tahun 2020, ada 10.362 unit Toyota Hiace yang terjual. Kemudian menempati posisi keenam hingga sepuluh terdapat Toyota Rush, Ford Ranger, Nissan Navara, Mitsubishi Mirage G4, dan Toyota Fortuner. 

>>> Mitsubishi Outlander PHEV Dirakit di Thailand, Jadi Basis Ekspor ASEAN?

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top