Fiat Targetkan Hanya Jual Mobil Listrik Mulai 2030

07/06/2021

Pasar mobil

3 menit

FIAT menyatakan pada 2025 hingga 2030 secara bertahap hanya akan memproduksi dan menjual mobil listrik baterai (BEV), bukan hybrid maupun plug in hybrid.

Fiat bakal beralih menjadi merek eksklusif yang hanya menjual mobil listrik sekaligus meninggalkan mesin pembakaran internal. Menurut CEO Fiat dan Stellantis CMO, Olivier François, transisi ini bakal dimulai tahun 2025 dan selesai pada 2030.

“Antara 2025 dan 2030, rangkaian produk kami secara bertahap akan menjadi listrik saja. Dan ini akan menjadi perubahan radikal bagi Fiat,” kata Olivier François, dikutip dari media otomotif berbahasa Italia, News Auto, (4/6/2021) lalu.

Dimulai dari New Fiat 500

Dari pernyataan Olivier diatas, Fiat sepertinya meningkatkan target yang telah diumumkan akhir 2020. Saat itu Fiat menyatakan akhir 2021 sebanyak 60% modelnya adalah mobil listrik baik hybrid maupun BEV.

Fiat telah memulainya dengan meluncurkan New Fiat 500. City car 5 penumpang itu menjadi model pertama Fiat yang sepenuhnya bertenaga listrik. New Fiat 500 dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 42 kWh dengan jangkauan jarak tempuh hingga 199 mil (320 Km) dalam siklus WLTP.

>>> New Fiat 500 Menangi Red Dot Award 2020

Foto bersama CEO Fiat, Olivier Francois dengan New Fiat 500

CEO Fiat dan Stellantis CMO, Olivier François menyatakan Fiat bakal menjadi merek khusus EV

Untuk mengoptimalkan waktu pengisian, New 500 dilengkapi dengan sistem pengisian cepat 85kW. Dibutuhkan hanya 5 menit untuk membangun cadangan energi yang cukup untuk menempuh jarak 30 mil (50 Km), lebih banyak dari rata-rata perjalanan harian. Sedangkan memakai fast charger juga dapat mengisi daya baterai hingga 80% hanya dalam waktu 35 menit. Soket Combo 2, yang terletak di panel sisi kanan belakang mobil, memiliki kemampuan untuk menerima pengisian daya AC dan DC.

Untuk model berikutnya kemungkinan besar adalah Fiat Panda EV yang saat ini tersedia dalam dua pilihan powertrain, hybrid dan 4x4. Menurut Insideevs, kemungkinan itu didasarkan pada pengenalan mobil konsep Fiat Concept Centoventi di pameran Geneva Motor Show 2019.

Harga Standar

Soal harga sering jadi pertimbangan utama konsumen memilih mobil listrik. Fiat menyatakan jika harga mobilnya akan dirilis sangat terjangkau sebagaimana mobil bermesin konvensional. Jadi, tak ada yang perlu dikhawatirkan.

“Sekarang, dalam skenario baru ini, untuk menciptakan mobilitas yang berkelanjutan untuk semua. Tugas kami adalah menawarkan pasar, sesegera mungkin sesuai dengan pengurangan biaya baterai, mobil listrik yang harganya tidak lebih mahal dari yang dibakar”. Tutur Olivier.

>>> Pengisian Induktif Mobil Listrik Bikin Bisa Ngecas Sambil Jalan!

Foto Fiat Concept Centoventi tampak samping depan

Mobil konsep Fiat Centoventi diprediksi segera diproduksi massal

>>> Cari mobil apapun, cek koleksi dan harganya disini!

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top