Fiat Chrysler Kembangkan Mobilitas Kendaraan Listrik dengan Kota Turin

04/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Fiat Chrysler Kembangkan Mobilitas Kendaraan Listrik dengan Kota Turin
Fiat Chrysler Automobiles bersama Departemen Transportasi Infrastruktur dan Mobilitas kota Turin bekerja sama kembangkan mobilitas kendaraan listrik.

Departemen Transportasi Infrastruktur dan Mobilitas kota Turin, Italia Rabu (3/6/2020) telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Keduanya berupaya untuk hadirkan integrasi mobilitas listrik dengan zona lalu lintas terbatas.

>>> Di Indonesia LMPV Sering Jadi Mobil Terlaris, Bagaimana dengan Malaysia?

Gambar menunjukan sistem Turin Geofencing Lab

Gambaran dari proyek Turin Geofencing Lab bekerja

Proyek ini bertujuan untuk memaksimalkan manfaat lingkungan dari mobil hybrid. Tercetusnya ide ini muncul ketika Fiat Chrysler Automobiles meluncurkan model mesin alternatif pertamanya, mencoba untuk mengimbangi pesaing yang sudah lebih dulu menawarkan berbagai kendaraan listrik di pasar Eropa.

Proyek ini disebut Turin Geofencing Lab yang didasarkan pada sistem prototipe dengan sensor terintegrasi sepenuhnya yang memungkinkan mobil untuk mengenali ketika memasuki zona lalu lintas terbatas. Sensor kemudian akan secara otomatis mematikan mesin pembakaran dan beralih ke mode listrik. Selain itu proyek ini akan memungkinkan mobil listrik untuk menikmati berbagai dispensasi di pusat kota, termasuk ruang parkir khusus.

>>> Jakarta Masuk Masa Transisi, Kendaraan Pribadi Boleh Diisi Penuh Lagi

Gambar menunjukan Jeep Renegade terbaru

Wajah Jeep Renegade plug-in hybrid terbaru yang digunakan untuk proyek Turin Geofencing Lab

"Dengan menandatangani Nota Kesepahaman ini, Kota Turin akan melanjutkan komitmennya untuk menjadi laboratorium perkotaan untuk menguji dan mengembangkan teknologi inovatif, penggunaannya yang dapat berkontribusi pada perlindungan lingkungan dan dukungan untuk pengembangan mobilitas berkelanjutan, sehingga menjadikan kota ini tempat yang lebih baik untuk hidup." kata Walikota Turin, Chiara Appendino.

Sistem ini awalnya diuji pada model plug-in hybrid Jeep Renegade terbaru. Model uji tes nantinya dapat diperluas ke model hibrida lain mulai tahun depan.

Apa yang dilakukan FCA ini bukanlah merupakan yang pertama, sebelumnya proyek serupa telah diluncurkan tahun lalu oleh BMW dan kota Rotterdam. Tapi keduanya tidak memerlukan hubungan langsung antara kendaraan dan platform akses kota dan gerbang ke zona lalu lintas terbatas, seperti apa yang dilakukan FCA dan kota Turin.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap dalam dan luar negeri ada di sini 

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top