Fiat Chrysler dan Foxconn Berencana Hadirkan Mobil Listrik di Pasar Tiongkok

21/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Fiat Chrysler dan Foxconn Berencana Hadirkan Mobil Listrik di Pasar Tiongkok
Foxconn yang dikenal sebagai pembuat iPhone untuk Apple dikabarkan berencana beraliansi dengan Fiat Chrysler Automobiles untuk hadirkan mobil listrik.

Fiat Chrysler Automobiles (FCA) dan Foxconn pembuat komponen elektronik terbesar di dunia dilaporkan tengah berencana untuk mendirikan perusahaan patungan untuk membuat mobil listrik. Nantinya mobil yang dikembangkan oleh kedua perusahaan dapat terhubung ke internet.

Gambar menunjukan aliansi FCA dan Foxconn

Aliansi Fiat Chrysler-Foxconn akan segera terjadi dalam beberapa bulan mendatang

>>> Tingkatkan Pelayanan, Tol Balikpapan-Samarinda Sediakan 3 Rest Area

Dilaporkan oleh Autonews, FCA mengkonfirmasikan bahwa pihaknya sedang dalam pembicaraan dengan Foxconn mengenai kemungkinan pembentukan usaha patungan 50-50 untuk mengembangkan dan memproduksi kendaraan listrik penuh generasi baru IoV (Internet of Vehicle) untuk pasar Tiongkok.

FCA mengatakan pihaknya sedang dalam proses penandatanganan perjanjian pendahuluan dengan Foxconn yang bertujuan mencapai perjanjian tahap akhir dalam beberapa bulan ke depan. Pernyataan FCA ini muncul setelah Hon Hai induk dari Foxconn mengumumkan potensi usaha patungan dalam sebuah pernyataan terpisah.

Gambar menunjukan mobil konsep bertenga listrik milik FCA

Konsep mobil listrik milik FCA dipamerkan Geneva International Motor Show

>>> Penjualan Mobil Listrik Pasar Tiongkok Terus Menurun, Efek Pemotongan Subsidi?

Hon Hai mengatakan akan memegang 50 persen sahamnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dan kepemilikan saham langsungnya tidak akan melebihi 40 persen. "Hon Hai akan bertanggung jawab atas desain, komponen, dan manajemen rantai pasokan," kata Hon Hai dalam sebuah pernyataan kepada Bloomberg News. Dia mengatakan bahwa pihaknya tidak akan masuk ke perakitan mobil.

Hon Hai dan Fiat Chrysler mulanya hanya akan fokus pada pasar mobil di Tiongkok. Hal ini dilakukan karena konsumen di Tiongkok membeli lebih banyak kendaraan listrik daripada di tempat lain di dunia. Pasar mobil listrik di Tiongkok sendiri saat ini penjualan telah menurun sejak pemerintah setempat mengurangi subsidi pembelian mobil listrik.

>>> Daftar harga mobil terbaru bisa dicek di sini

Hon Hai sebagai pembuat komponen elektronik terbesar di dunia saat ini masih bergantung pada Apple untuk perihal pemasukan perusahaan. Hon Hai sebelumnya juga telah mencoba untuk berinvestasi dalam sejumlah usaha hadirkan kendaraan listrik tetapi masih belum membuahkan hasil.

Sementara itu dari sudut pandang FCA, pihaknya masih terus berjuang untuk menaklukan pasar Tiongkok selama bertahun-tahun, dan pengetatan standar ekonomi bahan bakar dan mandat kendaraan listrik membuat tugas ini semakin menantang. Pangsa pasarnyanya sendiri di pasar mobil terbesar di dunia (Tiongkok) kurang dari 1 persen pada tahun 2018 lalu.

“Kolaborasi ini akan menyatukan kemampuan dua pemimpin global yang mapan di seluruh spektrum desain mobil, teknik dan manufaktur dan teknologi perangkat lunak mobile." ungkap FCA dalam sebuah pernyataan.

>>> Simak terus berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Kejar Performa, Porsche Taycan Turbo S Jadi Mobil Listrik Paling Boros

17/01/2020

Mobil baru

3 menit

Merupakan salah satu mobil listrik dengan performa terbaik di pasaran, ternyata Porsche Taycan Turbo S dianggap sebagai mobil listrik paling boros saat ini. Memang seboros apa sih?

Lihat juga

Bersama Mercedes Benz, Geely Siap Bikin Smart Listrik Lebih Moncer

16/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Pabrikan China Zhejiang Geely Holding Group (Geely) menyatakan siap mengembangkan Smart listrik bersama Mercedes Benz. Berapa besaran investasi digelontorkan?

Lihat juga

Didominasi Pasar China, Penjualan Mobil Listrik Global Diperkirakan Mencapai 2,5 Juta Unit Tahun Ini

15/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Tahun 2020, penjualan mobil listrik di seluruh dunia diprediksi mencapai 2,5 juta unit mobil baru, atau meningkat sekitar 20 persen dari tahun sebelumnya.

Lihat juga

CES 2020: Nissan Kenalkan Teknologi Baru e-4ORCE, Bikin Mobil Listrik Serasa Mobil Sport Premium

09/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Di ajang CES 2020 Nissan memperkenalkan teknologi baru e-4ORCE, teknologi all wheel control twin motor yang akan bikin mobil listrik serasa mobil sport premium.

Lihat juga

Konsep Mobil Listrik Sony Vision-S Hebohkan CES 2020

07/01/2020

Mobil baru

2 menit

Bukan hanya memperkenalkan logo terbaru Playstation 5, Sony turut menghebohkan gelaran CES 2020 kali ini dengan membawa konsep mobil listrik Sony Vision-S.

Lihat juga