Ferrari SP38, Generasi Terbaru Program One-Off Ferrari Dipamerkan Minggu Ini

26/05/2018

Pasar mobil
Share this post:
Ferrari SP38, Generasi Terbaru Program One-Off Ferrari Dipamerkan Minggu Ini
Ferrari memperkenalkan armada generasi terbaru dari program One-Off Ferrari, Ferrari SP38 yang telah mendapatkan serangkaian tes uji coba. Diperkenalkan pertama kali di Fiorano, mobil ini langsung diserahkan kepada salah satu pelanggan Ferrari yang paling berdedikasi.

Dirancang oleh Pusat Desain Ferrari, Ferrari SP38 didasarkan pada mesin dan sasis dari 488 GTB. Mesin V8 twin-turbo disebut mampu melepaskan keluaran 660 tenaga kuda (492 kW) dan torsi maksimal sebesar 760 Nm. Gabungan dapur pacu ini mampu meroketkan SP38 hingga mencapai 100 km/jam hanya dalam tiga detik dengan kecepatan maksimal 330 km/jam.

Gambar yang menunjukan generasi terbaru program One-Off Ferrari, Ferrari SP38 berwarna merah

Sekilas, SP38 memberikan nuansa mirip F40

Sementara Ferrari tidak menyebutkan apakah ada peningkatan aerodinamis, perusahaan mencatat bahwa One-Off Program ditugaskan untuk membangun mobil untuk pelanggan yang berdedikasi ‘semangat untuk kecepatan”. Tim produksi sendiri mengungkapkan telah mengambil inspirasi dari Ferrari F40 pada akhir 1980an, mobil terakhir yang dikembangkan oleh Enzo Ferrari sendiri.

>>> Dua model yang memimpin penjualan Mazda di Indonesia

Bagian bodywork baru dengan warna metalik tiga lapis terbaru bersanding dengan desain wedge yang menikung tajam ke arah depan. Tanpa menanamkan proporsi udara yang proporsional dari 488 GTB, intake sisi SP38 layaknya mata pisau, tajam dan ramping. Penutup mesin berserat karbon dan spoiler belakang mengambil konsep dari F40.

Dengan memperuat volume belakang, pada saat yang sama akan mempertahankan aliran udara ke intercoller di jendela samping. Gaya dinamis juga terlihat di bagian penutup mesin, dimana mendapatkan flip-up serat karbon dengan shutlines yang mengingatkan kita pada F40.

>>> Informasi pasar mobil dalam dan luar negeri ada disini

Gambar yang menunjukan bagian belakang generasi baru program One-Off Ferrari SP38 berwarna merah

Desain wedge melengkung tajam hingga bagian depan

Lampu inset khusus dirancang setipis mungkin dengan unit DRL, yaitu lampu yang beroperasi di siang hari, direlokasi untuk menambah karakter dan fungsionalitas ke bumper samping, sedikit berpatokan pada 308 GTB. Meskipun Ferrari tidak merilis gambar interior sebelumnya, bisa dipastikan sentuhan rapi dan berkelas dari Ferrari Tailor Made menyatu dengan desain luar nan elegan.

Pemilik Ferrari SP38 ini ingin tetap menutupi identitasnya dengan meluncurkan gambar dan informasi resmi yang dirilis Ferrari. Peluncuran pertama SP38 rencananya akan dilakukan di Concorso d’Eleganza Villa d’Este, Italia, pada Sabtu, 26 Mei nanti.

>>> Dapatkan beragam berita otomotif disini

Share this post:
 
back to top