Ferrari Akan Meluncurkan Mobil Sport Revolusioner Pada 24 Juni, Mungkinkah F171?

18/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Melalui kanal YouTube Ferrari, pabrikan berlambang kuda jingkrak ini mengumumkan tanggal 24 Juni 2021 sebagai hari peluncuran mobil sport revolusioner mereka.

Dalam video berdurasi kurang dari 1 menit tersebut, pembalap esports FDA dan juara dunia 2019 F1 Pro Series, David Tonizza memberikan teaser terhadap mobil sport terbaru Ferrari. David Tonizza berbagi mengenai pandangannya terhadap keasyikan berkendara sembari mengemudikan setir gaming sebelum Ia akhirnya menekan tombol start engine pada setir mobil sport Ferrari yang akan dirilis minggu depan.

>>> Mobil Ferrari Hybrid V6 Tertangkap Kamera di Jalan, Calon Penerus Dino?

Debut Ferrari F171

Dari kata revolusioner yang digunakan, dan perkenalan yang berkolaborasi dengan pembalap esports, kemungkinan besar Ferrari akan memperkenalkan mobil sport dengan teknologi elektrifikasi. Kandidat paling kuat adalah prototype Ferrari berkode F171 yang beberapa waktu lalu sempat terekam kamera saat sedang dites di Maranello, Italia.

Gambar Ferrari F171

Ferrari F171 tertangkap kamera saat sedang dites di jalan

Mobil tersebut dirumorkan akan menggunakan nama "Dino" sebagai generasi terbaru produk entry-level dari Ferrari. Mobil tersebut akan menjadi Ferrari pertama yang menggunakan V6 setelah Dino yang diskontinu di tahun 1976, serta menjadi Ferrari kedua setelah SF90 Stradale sebagai mobil hybrid dengan kemampuan berkendara full electric.

>>> Naik Mobil Listrik untuk Perjalanan Jauh? Begini Cara Menghemat Dayanya

Gambar SF90 Stradale

SF90 Stradale jadi mobil hybrid Ferrari pertama dengan kemampuan berkendara full electric

3.0 Liter V6 Twin-Turbocharged Dengan Motor Elektris

Ferrari F171 diduga akan menggunakan mesin 3.0 liter V6 twin-turbocharged dengan satu motor elektris yang menghasilkan tenaga 700 HP. F171 akan bersaing dengan McLaren Artura yang juga menggunakan mesin V6 dengan satu motor elektris yang menghasilkan tenaga 671 HP. Tak seperti SF90 Stradale yang menggunakan penggerak AWD, mobil ini berpenggerak roda belakang atau RWD.

Gambar mesin Nettuno Maserati

Mesin Nettuno Maserati

Belum jelas apakah benar Ferrari akan menggunakan mesin Nettuno Maserati yang dipinjam dari MC20, atau mereka akan menggunakan mesin yang sepenuhnya baru. Yang jelas, mesin tersebut tidak hanya digunakan pada Ferrari F171, SUV Purosangue yang akan dirilis beberapa waktu ke depan juga kemungkinan akan menggunakan mesin V6 hybrid yang sama. Mesin ini akan menjadi fondasi dari usaha elektrifikasi Ferrari sebelum meluncurkan model full electric pada tahun 2025.

>>> Jadwal Lelang Mobil Bea Cukai Priok, Dari KIA Rio Hingga American Muscle Juga Ada!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top