Fakta Unik 5 Mobil Suzuki Produksi Lokal

30/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Suzuki Indonesia hingga saat ini memproduksi 5 mobil Suzuki yang dirakit oleh putra putri terbaik di Tahah Air, mobil berlogo 'S' apa saja yang dirakit di sini? Dan bagaimana fakta uniknya?

Suzuki merupakan salah satu pabrikan mobil tertua di Indonesia. Sejak tahun 1976 Suzuki Indonesia sudah menjual berbagai mobil Suzuki dengan beragam model. Mulai dari kendaraan niaga, mobil penumpang hingga mobil pesanan khusus.

Pabrik Suzuki APV

Suzuki Indonesia merakit beberapa mobil Suzuki CKD (Completely Knock Down)

Dari beberapa model impor seperti Jimny, Ignis, dan Baleno, Suzuki Indonesia hingga saat ini juga masih memproduksi 5 mobil Suzuki yang dirakit oleh putra putri terbaik di Tahah Air, mobil berlogo 'S' apa saja yang dirakit di sini? Berikut ulasan tim Cintamobil.com.

1. Suzuki New Carry Pick Up

Model pertama dan jadi salah satu yang paling lama diproduksi oleh Suzuki di Tanah Air adalah Suzuki Carry. Mobil ini kini jadi backbone penjualan Suzuki di Indonesia. Semua generasi Suzuki Carry yang dijual di Indonesia merupakan buah karya tangan-tangan dingin karyawan terbaik di Indonesia.

Suzuki Carry Pick Up Wide Deck

Carry tak hanya jagoan dalam negeri tapi juga ekspor

Kehebatan Suzuki Carry tentu tak perlu diragukan lagi, tangguh, irit, dan bertenaga seakan sudah menjadi ciri khasnya. Mobil Suzuki ini juga membawa devisa untuk negara kita, karena jadi komoditas ekspor. Carry Pickup Export ini sedikitnya masuk ke 28 negara, baik di Asia maupun Timur Tengah.

Bumper depan Carry Facelift

Carry mendapat penyegaran di awal tahun 2021 ini

Pada awal tahun 2021 Suzuki New Carry Pick Up mengalami update alias facelift yang membuat tampilannya makin gagah namun tetap fungsional, "Penyegaran ini kami yakini membuat New Carry Pick Up lebih kokoh, tangguh, dan aman,” kata Hideaki Tokuda, Managing Director 4W Sales & Marketing PT SIS

2. Suzuki XL7

Melihat pangsa pasar Sport Utility Vehicle (SUV) yang cukup besar, Suzuki lantas juga meluncurkan salah satu jagoannya yakni Suzuki XL7. Mobil ini resmi mengaspal di Tanah Air 15 Februari 2020 bertepatan dengan acara Jambore Suzuki di Taman Mini Indonesia Indah.

Launching Suzuki XL7

Peluncuran mobil Suzuki yang satu ini merupakan world premier!

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku pemegang merek Suzuki di Indonesia meluncurkan kembali nama besar XL7 di kancah SUV Tanah Air. Tak main-main peluncuran Suzuki XL7 saat itu merupakan world premier!

Eksterior belakang Suzuki XL7

XL7 terdiri dari tiga tipe, mulai dari Alpha, Beta, dan Zeta

Bagi Anda yang sempat melewati hidup medio awal tahun 2000an, mungkin Anda kenal dengan sosok SUV mewah Suzuki yang hadir saat itu, yakni Suzuki Grand Escudo XL7 yang muncul di tahun 2003.

Suzuki XL7 Alpha 2021

XL7 jadi salah satu produk unggulan Suzuki Indonesia

"Suzuki XL7 memiliki tiga keunggulan utama yaitu eksterior yang tangguh, interior yang nyaman, serta berbagai fitur canggih. Seluruh kelebihan itu membuat XL7 sebagai SUV 7-seater yang tangguh dengan tampilan yang lebih modern dan berkarakter," ujar Donny Saputra, 4W marketing director PT SIS.

3. Suzuki Ertiga

Kehadirannya pertama kali dipamerkan di acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2010 dalam bentuk konsep dengan nama R-III. Dalam singkatan tersebut, R mengartikan Row alias baris kursi dan III menunjukkan jumlah baris kursinya.

Emblem Suzuki Ertiga

Ertiga 'mengeset' standar baru di kelasnya

Sejak tahun 2012, Suzuki Ertiga seakan melakukan set standar baru akan sebuah mobil di kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV). Pengendalian cekatan layaknya sedan, stabil saat digeber di kecepatan tinggi serta tetap irit bahan bakar jadi keunggulannya.

Suzuki Ertiga GL 2019

Mobil Suzuki ini juga jadi primadona ekspor

Tahun 2018 terlahirlah Ertiga generasi kedua, bentuknya semakin dewasa, mewah, namun juga membawa beberapa teknologi baru. Di antaranya adalah basis HEARTECT yang ringan namun kokoh dan membuat pengendalian Ertiga semakin nyaman lagi. Hingga kini Suzuki Ertiga jadi salah satu mobil CKD andalan Suzuki.

4. Suzuki Karimun Wagon R

Tahukah Anda jika pada tanggal 9 bulan 9 (september) tahun 1999 dunia pernah diramalkan kiamat? Tetapi di tanggal yang didominasi angka sembilan itu justru para pekerja di pabrik Suzuki yang terletak di Tambun, Jawa Barat sedang sibuk-sibuknya.

>>> Sejarah Suzuki Karimun Di Indonesia

Karena pada tanggal itulah mereka tengah mempersiapkan peluncuran Suzuki Karimun. Dan inilah yang menjadi awal sejarah Suzuki Karimun di Indonesia. Mobil Suzuki yang satu ini juga sejarah panjang di Indonesia.

Suzuki Karimun Wagon R Limited

Karimun terkenal irit bahan bakar

Saat peluncuran Karimun hadir bak bintang baru, sebab desainnya yang mengkotak membuat ciri khas tersendiri. Model yang sama bertahan hingga tahun 2005 sebelum akhirnya ganti model menjadi Suzuki Karimun Estilo tahun 2007, lalu mengalami facelift di tahun 2009 dan ganti model tahun 2013 jadi Suzuki Karimun Wagon R.

>>> Suzuki Karimun Wagon R Buatan Indonesia Laris Manis di Pakistan

Pada tanggal 10 Oktober tahun lalu tepat di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2020, PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan persembahan spesial ke para pecinta Suzuki di Indonesia.

Eksterior belakang Suzuki Karimun Wagon R Limited

Edisi 50th Anniversary Edition ini hanya tersedia 50 unit saja

Yakni sebuah Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition 2020 yang menjadi sebuah kado istimewa dari Suzuki Indonesia untuk para pecinta Suzuki di Tanah Air. Suzuki Indonesia secara spesial hanya membuat mobil ini sebanyak 50 unit saja, dengan rincian alokasi 30 unit bertransmisi manual, dan 20 unit bertransmisi otomatis.

>>> Review Suzuki Karimun Wagon R 50th Anniversary Edition 2020: Spesial Hanya 50 Unit

Sebagai apresiasi bagi para pembeli mobil ini, setiap konsumen yang membeli Karimun Wagon R Limited Edition ini akan mendapatkan sertifikat khusus yang menandakan kepemilikan mobil yang diproduksi terbatas ini sebagai apresiasi dari Suzuki. Hingga kini mobil Suzuki ini juga masih dijual dan jadi komoditas ekspor.

5. Suzuki APV

Mobil Suzuki kelima yang dirakit di Indonesia adalah Suzuki APV. APV merupakan akronim dari All Purpose Vehicle. Mobil Suzuki ini melenggang di jalanan Tanah Air sejak tahun 2004 dan langsung mencuri perhatian karena bentuknya yang dinilai tidak biasa saat itu.

Suzuki APV Mobil Toko

APV hadir dengan desain semi bonnet dan jadi pelopor di kelasnya

Suzuki APV saat itu hadir dengan desain semi bonnet yang membuatnya tampil beda dengan people carrier lainnya di saat itu. Kabin lega dan sanggup dimuati hingga 8 penumpang dewasa menjadi keunggulan mobil Suzuki ini pada saat itu.

Suzuki APV Ambulans

APV laris untuk dikonversi jadi ambulans

Sekitar akhir tahun 2007 Suzuki APV mendapatkan penyegaran dan trim tambahan ARENA. Bahkan ada juga tipe Luxury yang lebih mewah dan mengusung velg 17 inci. Hingga kini Suzuki APV masih dijual dan laris manis untuk kendaraan Ambulans serta turut diekspor ke berbagai negara di dunia.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top