Fakta Menarik Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

26/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Fakta Menarik Jalan Tol Pekanbaru-Dumai
Ada sejumlah fakta menarik dari jalan Tol Pekanbaru-Dumai, jalan tol yang diresmikan Presiden Joko Widodo secara virtual, pada Jum’at 25 September 2020.

Bertambah lagi panjang Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dengan peresmian jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer. Jalan tol ini diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jum’at 25 September 2020 secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, disaksikan sejumlah pejabat yang hadir di Gerbang Tol Dumai, tempat peresmian di Riau.

Presiden berharap jalan tol ini menjadi modal besar bagi pemerintah daerah Provinsi Riau untuk mensejahterakan masyarakatnya. Presiden juga berharap masyarakat bisa lebih lebih produktif karena mobilitas semakin mudah.

"Saya titip kepada pemerintah daerah dan warga masyarakat Pekanbaru-Dumai agar memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya. Jadikan modal untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang usaha dan sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat," kata Presiden dalam sambutannya saat peresmian di Istana Kepresidenan Bogor, (25/9/2020).

Fakta menarik jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Secara fisik Tol Pekanbaru-Dumai seperti jalan tol pada umumnya. Dari jalanan lebar mulus, gerbang tol hingga sejumlah simpang susun agar warga lebih mudah mengakses. Dari sisi aturan pun juga sama seperti tol yang lain, hanya kendaraan roda empat atau lebih yang boleh lewat, tidak boleh berhenti di perjalanan kecuali darurat, hingga pembayaran tarif tol secara non-tunai.

Namun demikian, ada sejumlah fakta menarik dari Tol Pekanbaru-Dumai, diantaranya:

  • Tol pertama di Provinsi Riau

Sebagai salah satu koridor utama Tol Trans Sumatra, Tol Pekanbaru-Dumai adalah jalan tol pertama di Provinsi Riau. Selainnya ada Tol Rengat-Pekanbaru, namun ruas ini belum dikerjakan dan masih tahap persiapan. Sedangkan Tol Dumai-Rantau Prapat sebagiannya berada Provinsi Sumatra Utara, juga sampai saat ini belum dikerjakan.

Foto salah satu simpang susun Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Pertama kalinya Provinsi Riau memiliki jalan tol

  • Tol pertama yang diresmikan secara virtual

Di Provinsi Riau seremoni dilakukan di Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto, serta para undangan yang lain. Sedangkan Presiden Joko Widodo meresmikannya dari Istana Kepresidenan Bogor, didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Baik para pejabat yang hadir di GT Dumai maupun Presiden bersama stafnya di Bogor semuanya menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak. Dengan cara ini Tol Pekanbaru-Dumai menjadi tol pertama di Indonesia yang diresmikan secara virtual.

>>> Diresmikan Presiden, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Siap Beroperasi Penuh

Foto menunjukkan Peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Presiden meresmikan jalan Tol Pekanbaru-Dumai

  • Punya jalur perlintasan gajah

Sebagaimana jalan Tol Sigli-Banda Aceh, Tol Pekanbaru-Dumai juga dilengkapi 5 Underpass Perlintasan Gajah (UPG). Ini karena area pembangunan jalan tol tersebut memang bersinggungan dengan kawasan suaka margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil yang menjadi habitat gajah sumatera.

“Jalan tol ini memang melewati habitat gajah di Kabupaten Bengkalis. Underpass disiapkan agar jalur jelajah gajah tidak terputus, dengan demikian biodiversity Sumatra akan terpelihara. Untuk merancang jalur perlintasan gajah melalui underpass tersebut, Hutama Karya berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau,” kata Direktur Utama Hutama Karya, Budi Harto dalam rilisnya.

>>> Bukan Sekedar Estetika, Ini Fungsi Jalur Hijau di Tengah Jalan Tol

Foto menunjukkan Underpass Gajah Tol Pekanbaru-Dumai

Underpass gajah, agar habitat tidak terganggu

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Jalan Tol Kertosono-Kediri, Konstruksi Dimulai Pertengahan 2021

25/09/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan bila pembebasan lahan berjalan lancar pekerjaan konstruksi jalan Tol Kertosono-Kediri bisa dimulai pertengahan 2021.

Lihat juga

Waduh, Penunggang Kuda Masuk ke Jalan Tol dan Hentikan Kendaraan Lain

25/09/2020

Event - Promosi

5 menit

Kejadian penunggang kuda masuk ke jalan tol ini berlangsung di Chicago, AS, yang dalam aksinya ia juga dikawal oleh 10 pengemudi motor besar yang bertugas untuk memblokade jalan tol tersebut.

Lihat juga

Bahaya Kecepatan Tinggi di Jalur Lambat Jalan Tol

24/09/2020

Pengemudian

4 menit

Belajar dari kecelakaan Toyota Kijang Innova di Tol Mojokerto-Surabaya yang menewaskan 3 penumpang, betapa besar bahaya kecepatan tinggi di jalur lambat jalan tol

Lihat juga

Diresmikan Presiden, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Siap Beroperasi Penuh

26/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Peresmian jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer secara virtual oleh Presiden Joko Widodo menandai beroperasinya tol pertama di Riau ini secara penuh.

Lihat juga

Mengenal Golongan Kendaraan di Jalan Tol

22/09/2020

Pengemudian

3 menit

Perbedaan jarak tempuh dan jenis kendaraan membedakan tarif tol yang harus dibayarkan. Yuk, kenali golongan kendaraan di jalan tol agar bisa tahu tarif tol-nya.

Lihat juga
 
back to top