Fakta-fakta Menarik di Balik MotoGP, Mulai dari Pembalap Hingga Sirkuitnya!

13/05/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Ajang balap MotoGP memang selalu memiliki tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Banyak pembalap muda potensial bermunculan disini, khususnya di musim 2021. tahukah Anda bahwa banyak hal menarik soal ajang ini dan para pembalapnya, berikut fakta-fakta menarik di balik MotoGP.

Ajang balap motor MotoGP memang selalu memiliki tempat tersendiri di hati publik dunia. Kini memasuki musim 2021 MotoGP telah dilaksanakan sejak Maret lalu. Meskipun klasmen MotoGP musim 2021 baru berjalan, ada banyak prediksi tentang siapa yang akan menang di ajang MotoGP 2021.

Untuk meraih gelar juara tiap musimnya bukan hal yang mudah, banyak tantangan serta pengorbanan yang dilakukan para pebalap untuk mencapai gelar juara. Dibalik itu semua ada banyak fakta menarik dari balapan ini. Berikut ini fakta-fakta menarik tentang MotoGP yang harus Anda ketahui. 

1. Pebalap MotoGP Bisa Melaju Sampai 160 km/jam 

Sebuah motor memiliki minimal 250 kali kekuatan kuda yang mana bisa lebih cepat dari pada mobil. Namun karena hanya memiliki dua roda tentu membuat motor jadi lebih beresiko tinggi jatuh. Maka dari itu jarang sekali motor yang digunakan sehari-hari dipacu dengan kecepatan maksimal.

Lain halnya dengan motor di ajang balap MotoGP, pebalap dituntut memacu kuda besi mereka dengan kecepatan tinggi, hal ini tentu saja memiliki resiko lebih tinggi untuk terjatuh. Menurut pengakuan Bradley Smith, pembalap asal Inggris, para pebalap bisa menempuh 160 km/jam. Jika dijumlahkan antara latihan dan sesi kualifikasi seorang pebalap bisa menempuh hingga 350 km atau setara dengan 6.440 Km dalam satu tahun. 

pembalap motoGP sedang melakuka balapan

Pembalap motoGP sedang melakuka balapan di sirkuit

2 .Pembalap Tidak Boleh Trauma

Kecelakaan selalu menjadi bagian dari gelaran MotoGP, tidak jarang pembalap mengalami kecelakaan berat yang dapat mengganggu mentalnya. Kecelakaan fatal akan membuat seseorang memiliki trauma mendalam, namun bagi pembalap MotoGP kecelakaan itu harus Ia lakukan agar tidak mengganggu konsentrasi saat balapan. Karenanya pembalap harus memiliki ingatan pendek tentang kecelakaan yang pernah dialami.

>>> Polisi Sebut Emak-emak Naik Motor Masuk Tol Nyasar karena GPS

3. Sebuah Motor Balap Memiliki Berat Dua Kali Pria Dewasa

Tahukah Anda jika berat satu motor balap rata-rata adalah 160 kg yang artinya dua kali lebih berat dari pria dewasa dengan tubuh proporsional. Karena itulah pembalap diharuskan melatih otot untuk bisa menopang motor yang lebih berat dari tubuh mereka. Kekuatan otot lengan, pundak hingga punggung seorang pembalap akan dilatih mati-matian sebelum mulai latihan untuk musim tanding. 

seorang pembalap MotoGP harus memiliki mental kuat

seorang pembalap motoGP yang sedang melaju di lintasan

4. Seorang Pembalap Bisa Mengeluarkan Hingga Dua Liter Keringat 

Kombinasi kerja fisik dan otak membuat cabang olahraga ini sangat melelahkan dibanding olahraga lain. Terlebih jika sirkuit balapan berada di daerah tropis seperti Indonesia, Malaysia atau jepang yang memiliki tingkat kelembaban 80%. Hal ini bisa menambah beban para pembalap karena mereka akan sering dehidrasi. Dehidrasi bisa berakibat fatal untuk kinerja di tengah sirkuit karena dapat menurunkan tingkat konsentrasi dan hilang kesadaran.

Maka dari itu helm dan baju balap dirancang memiliki ventilasi agar pembalap tidak cepat kehilangan cairan tubuh. Baju pembalap juga dirancang khusus dapat membawa botol air minum yang tersambung ke helm. Dalam satu kali putaran pembalap MotoGP dapat mengeluarkan keringat hingga dua liter, hal ini dikarenakan suhu udara tempat bertanding dan desain baju serta helm mereka. 

>>> Ban Michelin MotoGP 2021 Dinilai Kurang Berkualitas

5. Kondisi Kopling dan Gas Selama Balapan Berlangsung

Selama balapan berlangsung kopling dan gas adalah dua komponen yang akan selalu diperhatikan oleh pembalap. Motor yang digunakan dalam ajang MotoGP adalah motor manual, namun kopling hanya digunakan satu kali selama balapan yaitu saat Start.

Setelah motor melaju pembalap tidak perlu menginjak kopling gigi. Hal ini bisa dilakukan karena motor telah menggunakan fitur quickshifter. Sementara untuk gas, pembalap MotoGP hampir tidak pernah menutup gas. Jika dihitung secara kasar, selongsong gas akan terus terbuka sampai 75% selama balapan berlangsung. 

Pembalap MotoGP harus memiliki skill yang tinggi

motor yang digunakan dalam ajang motoGP adalah motor manual 

6. Aspal Khusus Kelas Dunia

Tahukah Anda jika aspal yang digunakan untuk sirkuit balap MotoGP bukanlah aspal biasa? Hal Ini bertujuan agar tidak terjadi kendala sirkuit selama pertandingan berlangsung. Banyak sirkuit yang menggunakan 80% campuran AMP atau Asphalt Mixing Plant yang memiliki kapasitas 250 ton per jam dan 20% lainnya dicampur dengan produk aspal impor untuk lapisan atas. Dengan campuran aspal itu tentu saja sirkuit balap memiliki kualitas aspal yang sangat baik dan sesuai standar sirkuit kelas A internasional. Penggunaan campuran ini sudah terbukti memiliki performa tinggi di beberapa negara seperti sirkuit Malaysia, Italia dan Jerman.

>>> Jack Miller dan Joan Mir Digosipkan Berseteru

7. Perlindungan Ekstra Untuk Pembalap

Seorang pembalap akan mengenakan helm serta pakaian pelindung berlapis saat berada di sirkuit balapan. Tentu saja tujuan utamanya adalah untuk meminimalisir cedera saat balapan. Standar perlindungan seorang pembalap yaitu baju balap, helm, sarung tangan, sepatu boots dan pelindung lutut.

Material baju balap terbuat dari bahan kulit yang tahan terhadap abrasi atau gesekan. Baju balap memiliki perlindungan ekstra pada bagian dada, punggung, siku dan lutut, sebuah baju balap memiliki berat sekitar 3-4 KG. Selain itu, baju balap ini juga harus dilengkapi dengan airbag yang dapat mengembang dalam waktu 0.2 detik setelah terjadi kecelakaan fatal. 

Untuk material helm sebenarnya memiliki struktur dasar yang sama dengan hem standar. Lapisan luar helm terbuat dari serat kaca, karbon, kevlar dan polyurethane yang mampu meminimalisir benturan. 

Sarung tangan khusus pembalap harus dapat melindungi buku-buku jari. Maka Dari itu sarung tangan pembalap MotoGP terbuat dari material karbon kevlar yang tahan terhadap gesekan keras. Selain sarung tangan, boots seorang pembalap tiga kali lebih kuat dibanding sarung tangan. Hal ini karena sepatu boots harus melindungi area kaki dan tulang kering yang rawan cedera. Boots pembalap ditambahkan material aluminium tahan panas untuk menghindari gesekan dan api. 

>>> Marc Marquez Bakal Balapan Lagi di MotoGP Portugal 2021

pembalap motoGP, Valentino Rossi

valentino rossi adalah salah satu pembalap motoGP 

8. Pabrikan Jepang Menguasai Ajang Balap MotoGP 

Anda pasti tidak asing dengan merk Honda,Suzuki dan Yamaha bukan? Pabrikan Jepang ini mendominasi ajang balap MotoGP 2021. Tak hanya itu, fakta ini sudah berlangsung sejak tahun 1974. Bahkan di Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha menduduki posisi kedua klasmen MotoGP tahun 2021 ini.

9. Pergantian Gigi Sangat Cepat

Pergantian gigi atau transmisi motor pada ajang MotoGP bisa dibilang salah satu yang tersulit. Disini serang pembalap membutuhkan keahlian khusus untuk memindahkan gigi. Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, pergantian gigi bisa dilakukan di bawah satu detik.

Itulah fakta-fakta menarik seputar MotoGP yang mungkin tidak banyak diketahui dunia. Walaupun tidak mudah, nyatanya banyak pembalap yang bercita-cita naik podium MotoGP musim 2021. Hal ini terbukti dengan hadirnya pembalap-pembalap muda yang ikut ajang balapan bergengsi ini. 

>>> Hasil MotoGP Portugal 2021, Fabio Quartararo Kembali Juara

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa lama kejuaraan MotoGP berlangsung dalam satu musim?
Kejuaraan MotoGP berlangsung selama 9 bulan lamanya.
Apa saja perlengkapan keamanan pembalap MotoGP?
Helm, baju balap, pelindung lutut dan sarung tangan.
Berapa berat rata-rata sebuah motor balap di ajamg MotoGP?
Berat rata-rata sebuah motor balap 160 kg.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top