F1 Keluarkan Jadwal Musim 2020, 8 Balapan Awal Digelar di Eropa

03/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
F1 Keluarkan Jadwal Musim 2020, 8 Balapan Awal Digelar di Eropa
Di tengah ketidak pastian menyelimuti di tengah pandemi, akhirnya F1 memastikan jadwal balap musim 2020 dengan delapan balapan awal digelar di Eropa meski harus tanpa penonton.

F1 musim 2020 hampir saja berjalan sesuai jadwal, sampai pada akhirnya balapan pembuka GP Australia dibatalkan menyusul salah satu anggota tim McLaren terjangkit Covid-19.

>>> Simak sejarah perjalanan F1 selama 7 dekade di sini

Setelah itu, satu per satu balapan menyusul masuk daftar balapan yang ditunda atau dibatalkan. Mulai dari GP Belanda dan GP Monaco yang batal digelar tahun ini, sampai GP Bahrain yang ditunda sampai akhir tahun.

Delapan balapan awal di Eropa, tanpa penonton

Seperti yang telah diberitakan Cintamobil beberapa waktu lalu, musim F1 2020 akan bergulir mulai Juli 2020 dengan deretan balapan di Eropa akan jadi pembuka.

Setidaknya, delapan balapan awal akan bergulir dari Juli-September 2020, dengan Sirkuit Red Bull Ring di Austria, serta Sirkuit Silverstone di Inggris akan menghelat double-header (dua balapan), dengan empat venue lain menggelar masing-masing satu balapan.

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Red Bull Ring akan menggelar dua balapan pembuka F1 musim 2020 pada 5 dan 12 Juli, disusul GP Hongaria pada 19 Juli. Dua balapan di Silverstone menyusul pada tanggal 2 dan 9 Agustus, yang disusul GP Spanyol (16 Agustus), GP Belgia (30 Agustus), dan GP Italia (6 September).

Jadwal delapan balapan awal F1 Musim 2020

F1 memastikan delapan balapan awal digelar di Eropa antara Juli-September (foto: Formula 1)

Liberty Media, selaku pemegang hak siar Formula 1, menargetkan F1 musim 2020 menggelar setidaknya 15-18 balapan, dengan akhir musim yang dimundurkan jadi Desember.

“Karena penyebaran virus COVID-19 yang sangat cepat secara global, kami akan menuntaskan jadwal balap yang lebih luas, dan berharap akan punya 15-18 balapan sebelum musim berakhir Desember nanti,” tulis F1 dalam statementnya.

“Dan seperti yang telah kita perkirakan sebelumnya, balapan akan digelar secara tertutup, namun kami berharap fans bisa kembali datang ke event kami lagi setelah kondisinya aman.”

Prosedur keamanan “New Normal” ala F1

Untuk memastikan keselamatan para pembalap, kru tim, serta pihak lain yang terlibat dalam penyelenggaraan balapan, Formula 1 sudah siapkan beberapa protokol “New Normal” yang akan diaplikasikan selama F1 Musim 2020 bergulir.

>>> Jangan lewatkan berita terbaru seputar pasar mobil di sini

Prosedur keamanan F1 selama musim 2020

Untuk memastikan keselamatan pihak yang terlibat, F1 menerapkan lima prosedur "New Normal"

Mulai dari balapan tanpa penonton, tes yang dilakukan secara berkala, pengurangan personel di sirkuit, isolasi mandiri, sampai social distancing. Langkah-langkah ini dirasa diperlukan untuk memastikan musim dapat berjalan secara aman, dan membatasi penyebaran virus COVID-19.

>>> Berita otomotif terbaru dari dalam dan luar negeri bisa Anda simak di sini

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top