F1 GP Spanyol-Belanda Ditunda, di Monaco Batal Digelar

20/03/2020

Pasar mobil

4 menit

F1 GP Spanyol-Belanda Ditunda, di Monaco Batal Digelar
Di tengah pandemi Virus Corona yang masih jauh dari kata membaik di Eropa, F1 dan FIA mengambil keputusan untuk menunda GP Belanda serta Spanyol, sementara F1 GP Monaco batal digelar.

Sebelumnya, balapan pembuka musim Formula 1 2020, F1 GP Australia, akan tetap digelar sesuai jadwal di tengah pandemi Virus Corona. Namun, balapan dibatalkan menyusul salah satu anggota tim McLaren terpapar virus Covid-19.

Kejadian tersebut ternyata berdampak panjang, tak lama F1 menambahkan balapan di Bahrain dan Vietnam juga ditunda. Menyusul Cina yang lebih dulu menarik diri dari kalendar.

>>> Tak hanya balapan, virus Covid-19 juga tunda implementasi mobil baru F1!

Musim paling cepat bergulir Juni

Musim Formula 1 2020 harus mundur lebih lama lagi setelah FIA dan F1 memutuskan untuk menunda F1 GP Belanda (1-3 Mei), dan GP Spanyol (8-10 Mei). Khusus untuk F1 GP Monaco (21-24 Mei), Automobile Club Monte Carlo selaku promotor balapan memutuskan untuk tidak mencari tanggal pengganti untuk balapan legendaris yang telah digelar sejak 1929.

Pemandangan malam Sirkuit jalanan Monaco

Untuk pertama kalinya sejak 1955, F1 GP Monaco tidak dihelat

 

>>> Temukan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

“Formula 1, FIA dan promotor ketiga balapan mengambil keputusan ini (pembatalan balapan) untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para staff, peserta kejuaraan, dan fans, yang masih jadi prioritas utama kami,” tulis FIA dalam rilisnya.

Semua pihak akan duduk bersama untuk menemukan tanggal alternatif balapan. Lebih jauh, Formula 1 dan FIA akan memulai F1 musim 2020 setelah kondisinya kondusif, kemungkinan setelah Mei, dan akan terus memonitor situasi terbaru penyebaran virus.

>>> Simak berita lain seputar pasar mobil di sini

Operasional tim F1 terganggu

Penyebaran pandemi virus corona yang sangat cepat di Eropa tidak hanya mengacaukan jadwal balap F1 saja, operasional tim yang mayoritas bermarkas di Inggris (kecuali Ferrari dan Scuderia Alpa Tauri yang berbasis di Italia) juga harus terhambat.

Prototype mobil F1 2021 sedang melakukan tes CFD

Dampak covid-19 juga menggangu proses pengembangan mobil F1 2021

Rata-rata tim menutup markasnya selama 3-4 pekan antara bulan Maret-April, hal ini jelas mempengaruhi kegiatan development mobil F1 2021, yang akhirnya berujung pada penundaan regulasi teknis 2021. Sementara itu, untuk regulasi finansial masih akan tetap berlaku tahun depan.

>>> Berita otomotif terlengkap, tips & trik, dan pilihan mobil baru dan bekas berkualitas bisa Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top