F1 GP Portugal: Hamilton Patahkan Rekor Kemenangan Schumacher

26/10/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
F1 GP Portugal: Hamilton Patahkan Rekor Kemenangan Schumacher
Lewis Hamilton resmi menjadi pembalap Formula 1 tersukses untuk urusan jumlah kemenangan. Pria Inggris itu baru saja memenangi balapan ke-92 di F1 pada GP Portugal.

Dalam balapan F1 GP Portugal yang dihelat di Sirkuit Portimao, Minggu (26/10), andalan Mercedes-AMG F1 Team itu berhasil mengungguli rekan satu timnya, Valtteri Bottas di posisi kedua, dan pembalap Red Bull Racing-Honda, Max Verstappen yang finis P3.

>>> Siapa saja pembalap F1 dengan jumlah kemenangan terbanyak? Simak daftarnya di sini ya

Jalannya balapan

Jelang balapan bergulir, hujan turun yang membuat kondisi trek jadi cukup licin, namun karena intensitas hujan yang belum deras para pembalap masih bertahan dengan ban kering. Kondisi ini justru membuat awal balapan berlangsung sangat seru, para pembalap kesulitan menemukan grip ideal, termasuk Hamilton, Bottas, dan Verstappen yang start dari tiga posisi terdepan.

Awal balapan F1 GP Portugal

Kondisi trek yang tidak menentu membuat para pembalap kesulitan mendapat grip optimal

Alhasil, posisi awal balapan pun jadi tak beraturan di mana Carlos Sainz, yang start dari posisi ketujuh, berhasil merangsek ke posisi pertama berbekal ban kompon lunak yang lebih mudah mendapatkan grip, kegemilangan strategi McLaren diikuti rekan satu timnya, Lando Norris, yang merangsek ke P4.

Kimi Raikkonen juga tak kalah gemilangnya, start dari posisi ke-16, The Iceman berhasil merangsek 10 posisi di akhir Lap 1. Tepat di depannya adalah Verstappen, yang kehilangan dua posisi akibat senggolan dengan Sergio Perez.

Sainz mengendalikan lima lap awal dengan keunggulan dua detik lebih atas duo Mercedes, sebelum akhirnya Bottas dan Hamilton mengejar ketertinggalan seiring grip yang didapat ban kompon medium yang dipakai keduanya.

Tak butuh waktu lama, Bottas langsung melibas Sainz di Lap 6, diikuti Hamilton satu putaran berselang. Verstappen juga tak mau kalah dengan menyalip duo McLaren untuk merangsek ke P3, tapi jarak dirinya dengan duo Mercedes sudah cukup jauh, dan dengan ban Soft yang mulai kehabisan grip, ia tak bisa memangkas jarak.

Setelah itu, balapan dikendalikan Bottas sampai Lap 20 ketika Hamilton mendahului rekan satu timnya jelang Tikungan 1 dengan bantuan DRS. Tiga lap berselang, Verstappen jadi tiga besar pertama yang mengganti ban Hard, posisinya diakuisisi oleh pembalap Ferrari, Charles Leclerc.

Lewis Hamilton melintas garis finis di F1 GP Portugal

Hamilton menuntaskan balapan dengan keunggulan 25 detik dari Bottas

Setelah hampir dua per tiga balapan, Hamilton masuk pit untuk ganti ban Hard di Lap 40 berbekal keunggulan 10 detik atas Bottas. Strategi serupa diterapkan Bottas, namun ia terhambat backmarker Romain Grosjean dan George Russell saat keluar pit, dan kesulitan mencari grip di dua putaran awal sehingga jaraknya ke Lewis melebar jadi 15 detik.

>>> Isinya tombol semua, gimana sih cara pembalap Formula 1 agar tidak salah mengoperasikan setir mobil F1?

Hamilton tak terkejar oleh Bottas dengan keunggulan 25 detik saat menuntaskan F1 GP Portugal di posisi pertama, diikuti Verstappen, yang sempat terancam oleh Leclerc yang akhirnya harus puas finis keempat. Pierre Gasly tampil impresif dan mengemas hasil finis kelima untuk AlphaTauri, disusul Sainz yang sempat memimpin balapan. Sedang Perez yang tercecer di awal balapan berhasil memperbaiki posisinya dan finis ketujuh.

Hasil balapan F1 GP Portugal

Hasil balapan F1 GP Portugal

Duo Renault, Esteban Ocon dan Daniel Ricciardo melanjutkan progres positif pabrikan Prancis itu dengan mengemas finis kedelapan dan kesembilan, dengan satu poin terakhir diamankan pembalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel.

Tegaskan status Hamilton

Kemenangan di F1 GP Portugal ini menegaskan status Hamilton sebagai pembalap Formula 1 tersukses untuk urusan jumlah kemenangan dengan 92 kemenangan, semuanya ditorehkan bersama Mercedes-Benz.

Pembalap F1 dengan kemenangan terbanyak

Kini Hamilton telah melampaui rekor kemenangan Michael Schumacher

Kemenangan ini juga semakin meringankan langkah Hamilton menuju gelar juara dunia ketujuh. Dengan lima balapan tersisa, Hamilton total mengemas 256 poin, unggul 77 poin atas Bottas (179), dengan Verstappen menguntit di posisi ketiga dengan 162 poin.

Setelah F1 GP Portugal, perjalanan Formula 1 musim 2020 kembali ke Italia, yang akan menggelar GP Emilia Romagna di Sirkuit Imola, San Marino pada 1 November mendatang.

>>> Berita mobil baru, event, promosi, informasi pasar mobil baru 2020

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top