F1 GP Bahrain dan Vietnam Ikut Batal Gara-Gara Virus Corona

16/03/2020

Pasar mobil

3 menit

F1 GP Bahrain dan Vietnam Ikut Batal Gara-Gara Virus Corona
Menyusul Australia dan Cina, F1 GP Bahrain dan Vietnam dibatalkan karena penyebaran Virus Corona. Alhasil, musim balap 2020 baru akan dimulai paling cepat awal Mei.

Setelah GP Australia dibatalkan akibat Virus Corona yang mulai menjalar ke paddock, di mana salah satu anggota tim McLaren positif terpaapar virus Covid19, FIA dan F1 mengambil tindakan cepat dengan mengatur jadwal dua seri ke depan, F1 GP Bahrain  dan Vietnam.

>>> Teknisi McLaren terpapar Corona, GP Australia dibatalkan

Imbas GP Australia dibatalkan

F1 dan FIA mengambil keputusan untuk membatalkan F1 GP Bahrain dan Vietnam sebagai langkah pencegahan dari penyebaran Virus Corona. Sebelumnya, balapan di Bahrain dijadwalkan akan digelar 22-23 Maret tanpa penonton, sementara itu gelaran pertama GP Vietnam tadinya digelar 3-5 April 2020.

Formula 1 dan FIA akan terus melakukan koordinasi dengan promotor F1 GP Bahrain, GP Vietnam, serta pemerintahan lokal masing-masing untuk memonitor situasi penyebaran Virus Corona, dan mencari kemungkinan tanggal baru untuk kedua ajang jika kondisinya membaik.

Layout sirkuit jalanan Hanoi jelang F1 GP Vietnam 2020

Proses pembangunan sirkuit jalanan Hanoi yang awalnya menggelar balapan April ini

“Situasi global terkait COVID-19 sangatlah dinamis dan sulit diprediksi, dan benar kami butuh waktu untuk menilai situasinya dan mengambil keputusan tepat. Kami mengambil keputusan ini bersama FIA dan promotor untuk memastikan keamanan semua pihak yang terlibat di Formula 1, dan juga fans,” ujar Chase Carey, CEO F1.

“Bahrain Grand Prix adalah balapan yang menarik di jadwal F1 musim 2020, dan kami ingin kembali ke sana sesegera mungkin. Kami juga menantikan gelaran pertama F1 GP Vietnam, dan membawa pertunjukan Formula 1 menuju salah satu kota paling menarik di seluruh dunia.”

>>> Temukan berbagai pilihan mobil baru dan bekas berkualitas di sini

Musim bisa ditunda sampai Juni

Bahrain dan Vietnam menyusul Australia dan Cina masuk ke dalam daftar balapan yang dibatalkan karena Virus Corona, yang berarti F1 musim 2020 baru bergulir di Eropa yang diawali GP Belanda di Zandvoort, 3 Mei mendatang.

Bahkan menurut penelusuran Motorsport.com, musim baru akan bergulir pada bulan Juni, tepatnya pada GP Azerbaijan. Masih menjadi rumor memang, namun FIA akan terus memantau kondisi penyebaran COVID-19 di Eropa, dan menentukan langkah dari sana.

Testing sirkuit Zandvoort jelang F1 GP Belanda

Kemungkinan F1 musim 2020 baru dibuka di Belanda (Zandvoort)

“FIA bersama dengan Formula 1, Bahrain Motor Federation, Automobile Association of Vietnam, dan promotor lokal, memutuskan untuk menunda GP Bahrain dan Vietnam sebagai satu-satunya keputusan yang memungkinkan mengingat semua informasi yang tersedia untuk kami saat ini,” tambah Presiden FIA, Jean Todt.

>>> Kabar terbaru seputar pasar mobil dapat Anda simak di sini

“Kami tetap bergantung pada masukan dan saran dari World Healt Organisation (WHO), dan pemerintah lokal, serta bekerja sama dengan mereka di tengah masa-masa yang sulit diprediksi ini untuk keamanan fans, peserta, dan seluruh komunitas motorsport.”

Selain itu, putaran F2 musim 2020 yang berbarengan dengan F1 GP Bahrain juga dibatalkan, yang di mana pembalap Indonesia, Sean Gelael, akan berkompetisi membela tim DAMS tahun ini.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top