Express Pilih Calya Bukan Transmover, Toyota: Terserah Yang Beli

14/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Express Pilih Calya Bukan Transmover, Toyota: Terserah Yang Beli
Keputusan Express memilih LCGC Toyota Calya sebagai armada baru munculkan tanda tanya. Mengapa bukan Transmover saja yang ditawarkan, kok malah Calya?

Perusahaan taksi Express, PT Express Trasindo Utama meremajakan 1.000 unit armada taksi dengan Toyota Calya baru dan Daihatsu Sigra, dengan komposisi Calya lebih besar. Keduanya diberi label Next. Menurut Ketua Organda DKI Jakarta Shafruhan Sinungan, seperti diberitakan sebelumnya, kedua mobil murah tersebut dipesan melalui jalur diler Toyota dan Daihatsu, bukan langsung ke APM.

Foto sederet Toyota Calya facelift yang menjadi armada baru taksi Express Next

Toyota Calya facelift jadi armada taksi Express Next

Astra Daihatsu Motor (ADM) juga mengamini kalau pihaknya tidak mengetahui Sigra dibeli perusahaan taksi. "Saya tidak tahu, ya. Tidak ada laporannya seperti itu. Kita tidak ada kerja sama," tutur Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra di Bandung, Jawa Barat, Kamis (10/10/2019).

>>> Diam-Diam, 1.000-an Calya-Sigra Jadi Armada Taksi Express

Begitu pula dengan Toyota Astra Motor (TAM), meski sebelumnya pernah mendengar rencana pembelian Calya dalam jumlah besar dari perusahaan taksi, pihaknya tidak mengetahui lebih mendetail sebab pembelian tidak dilakukan langsung ke APM. "Memang ada permintaan Claya dengan rencana digunakan untuk angkutan umum berupa taksi. Pemesananya itu berasal dari salah satu jaringan kami," tutur Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto seperti dikutip dari Kompas (11/10/2019).

Muncul pertanyaan mengapa tidak ditawarkan saja Avanza Transmover yang memang disiapkan sebagai kendaraan komersil. Dari sisi daya angkut juga Transmover lebih besar untuk mengakomodir penumpang maupun barang bawaan. Sedang dari performa mesin juga lebih bertenaga.

Soerjo menjelaskan, pihaknya meyakini kalau pemesan mengetahui Toyota punya Transmover yang khusus untuk transportasi umum. Namun keputusan memilih Calya atau mungkin model lain sepenuhnya tergantung keinginan mereka dan tak bisa dipaksakan.

"Besaran unit dan perusahaan yang mengorder masih kami koordinasikan. Kenapa Calya yang dipesan, mungkin perusahan taksi itu memiliki alasan positif dalam memilih sebuah model untuk kebutuhan angkutan umum. Tentunya memerlukan durability dan yang baik dan sudah terbukti," jelas Soerjo.

>>> Ingin membeli mobil Toyota terbaru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Foto Toyota Transmover saat diluncurkan

Toyota Transmover disiapkan khusus buat transportasi umum

Sebagai informasi, sejak kemunculannya pada 30 November 2016 silam, Toyota Transmover memang ditujukan memenuhi kebutuhan transportasi publik. Sasarannya konsumen fleet seperti pengusaha taksi dan travel, bukan untuk konsumen individu. Karenanya harga mobil ini ditekan sangat rendah.

Toyota merancang Transmover sebagai kendaraan MPV yang lebih mengutamakan fungsi. Dimensinya ideal dengan panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 2.655 mm mampu menghasilkan kabin yang cukup nyaman dan ruang bagasi luas. Ground clearance yang cukup tinggi mencapai 200 mm dibuat agar mobil punya fleksibilitas saat melewati jalan bergelombang ataupun polisi tidur.

Toyota Transmover menggunakan mesin berkapasitas 1.329 cc yang dilengkapi dengan 4 silinder dan 16 katup DOHC. Mesin tersebut juga telah dilengkapi fitur VVT-i dan EFI untuk memaksimalkan tenaga yang dihasilkan dan menekan konsumsi bahan bakar.

Meski hanya menjadi produk entry level untuk tipe MPV; namun Toyota memberikan Transmover sebuah fitur keamanan yang sangat penting berupa dual SRS Airbag pada bangku pengemudi dan penumpang bagian depan. Sementara sabuk pengaman standar dengan 3 titik yang selama ini menjadi standar produk mobil Toyota juga tetap digunakan.

Dari sisi kontribusi Transmover cukup memberi kontribusi terhadap penjualan Avanza series meski tidak sebesar saudaranya si Avanza dan Veloz. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat penjualan Toyota Transmover di tahun 2018 mencapai 3.371 unit. Sedangkan untuk tahun 2019 ini dari Januari hingga Agustus sudah terjual 3.541 unit.

>>> Review Toyota Avanza Transmover 2016

>>> Berita otomotif terlengkap bisa ditemukan di sini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top