Exit Pekalongan Tol Pemalang-Batang Segera Beroperasi

06/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Warga Pekalongan bakal lebih mudah mengakses Tol Transjawa seiring pembangunan exit Pekalongan Tol Pemalang-Batang yang selesai dan segera beroperasi.

Akses Tol Transjawa segera bertambah satu, yaitu di ruas Tol Pemalang-Batang di Kota Pekalongan. Letaknya tepat di Jalan Raya Bojong dan berjarak sekitar 6 Km dari jalan Pantura. Saat ini progres konstruksinya sudah selesai 100%. Uji Laik Fungsi (ULF) pada Simpang Susun (Interchange) hingga Exit Pekalongan juga sudah dilakukan.

“Beberapa waktu lalu telah dilaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) Simpang Susun (Interchange) dan Exit Tol Pekalongan yang merupakan bagian dari Jalan Tol Pemalang - Batang. Akses baru ini diharapkan semakin memicu pengembangan wilayah di Pekalongan dan wilayah sekitarnya.” tulis Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) di laman resminya,(4/3/2021).

>>> Kenali Detail Tulisan Struk Jalan Tol

Menunggu sertifikat

Foto Simpang Susun Bojong Pekalongan

Simpang Susun Pekalongan menunggu dioperasikan resmi

Dijelaskan bahwa ULF Simpang Susun dan Exit Pekalongan dilakukan dua tahap, yaitu pengecekan kualitas konstruksi dan pengecekan marka jalan. Kedua poin ini dilakukan oleh tim evaluasi dari unsur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Korps Lalu Lintas Kepolisian.

Tinggal menunggu Sertifikat Laik Fungsi yang diterbitkan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, dan Sertifikat Laik Operasi dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR. Keduanya dibutuhkan agar Simpang Susun dan Exit Pekalongan bisa difungsikan secara legal oleh PT Pemalang Batang Toll Road selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Tol Pemalang-Batang

Jalan Tol Pemalang-Batang merupakan salah satu jaringan Tol Trans Jawa di Jawa Tengah. Tol ini memiliki membentang sepanjang 39,2 Km. Ujung barat tersambung dengan Tol Pejagan-Pemalang dan ujung timur tersambung dengan Tol Semarang-Batang. Tol ini dilengkapi dengan beberapa simpang susun dan gerbang tol untuk memudahkan akses warga, yiatu Simpang Susun Pemalang dan Gerbang Tol Pemalang, Simpang Susun Pekalongan (Bojong) dan Gerbang Tol Pekalongan, Simpang Susun Warungasem dan Gerbang Tol Batang-Pekalongan, Simpang Susun Kandeman dan Gerbang Tol Kandeman. Dari kesemuanya, Simpang Susun Pekalongan dan Gerbang Tol Pekalongan belum beroperasi.

>>> Tol Semarang-Batang, Jalan Tol Dengan 40 Jembatan

Foto menunjukkan Gerbang Tol Pekalongan

Gerbang Tol Pekalongan, permudah akses warga ke Tol Trans Jawa

Beroperasinya akses baru ini diyakini bakal meningkatkan perkembangan wilayah Pekalongan dan sekitarnya. Terlebih jalan Raya Bojong menjadi akses penting yang menghubungkan wilayah Kota Pekalongan di jalur pantura dengan Kota Kajen yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Pekalongan.

>>> Simak terus berita otomotif yang lain hanya di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top