Evaluasi Kebijakan Ganjil Genap Hadirkan Hasil Positif untuk Jalanan Jakarta

26/07/2018

Pasar mobil
Share this post:
Evaluasi Kebijakan Ganjil Genap Hadirkan Hasil Positif untuk Jalanan Jakarta
Sepertinya, langkah Pemerintah menerapkan kebijakan ganjil genap membuahkan hasil. Evaluasi kebijakan ganjil genap oleh Dinas Perhubungan dan Polda Metro Jaya kemarin menunjukkan hasil positif.

Pemerintah Daerah DKI Jakarta bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya mengungkap hasil evaluasi kebijakan ganjil genap yang telah diterapkan di berbagai wilayah selama beberapa minggu belakangan. Dan hasilnya, menurut pengamatan, terdapat beberapa tren positif selama penerapan kebijakan ini berlangsung.

Gambar yang menunjukan beberapa polisi yang sedang mengatur lalu lintas

Hasil evaluasi kebijakan ganjil genap menunjukan tren positif

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto mengatakan bahwa terjadi penurunan volume lalu lintas di tol dalam dan luar kotar sekitar 26%. Selain itu, terjadi peningkatan penggunaan angkutan umum sekitar 11.5%. Data lain menunjukan terjadi penurunan hambatan lalu lintas sekitar 16%.

>>> Membeli mobil bekas jadi salah satu alternatif menanggulangi kebijakan ganjil genap

Dari segi kecepatan kendaraan, rataan kecepatan sehari-hari di jalanan Jakarta biasanya hanya mencapai 20.6 km/jam saja. Setelah kebijakan ganjil genap diterapkan, kecepatan kendaraan ditemukan meningkat menjadi 12.14% atau menjadi 25.6 km/jam.

Gubernur DKI Jakarta juga mengungkapkan hasil evaluasi dan uji coba perluasan kebijakan ganjil genap terhadap kenaikan jumlah penumpang kendaraan umum seperti TransJakarta. "Naiknya hampir 10%, maka penumpang di TransJakarta dari 790.000 menjadi 877.000," ungkapnya.

>>> Tertarik membeli mobil bekas? Klik di sini untuk informasi lebih lanjut

Gambar yang menunjukan masyarakat Jakarta yang naik TransJakarta

Kebijakan ini meningkatkan animo masyarakat naik TransJakarta sebagai alternatif

Anies menjelaskan, "Sebelum ganjil genap kecepatan itu rata-rata 20,6 km/jam, sesudah dilaksanakan ganjil genap di minggu pertama berubah menjadi 25,6 km, minggu kedua 23,1 km/jam. Artinya ada kenaikan kecepatan sebesar 12%, artinya kalau dari sisi waktu kecepatan yang meningkat waktu tempuhnya otomatis turun, jadi turun kira-kira 12% juga."

>>> Dapatkan panduan berita lalu lintas terbaru hanya di Cintamobil

Tak hanya mempercepat waktu tempuh, kebijakan ini bahkan mampu mengurangi polusi yang menjadi pemandangan lalu lintas Jakarta. Terjadi penurunan sebesar 51.966,38 ton per hari.

Gambar yang menunjukan jalanan tol Jakarta yang lebih bersih dan sedikit kendaraan

Kebijakan ganjil genap mampu mengurangi polusi jalanan Jakarta

Anies juga mengungkapkan bahwa Dinas Lingkungan hidup sudah melakukan penelitian terkait penurunan polusi di tiga lokasi, yaitu Bundaran HI, Lubang Buaya, dan Kelapa Gading. "Temuan di lapangan sesudah ada kebijakan ganjil genap, konsentrasi CO menurun sebesar sebesar 1,7 persen, NO turun 14,7 persen, dan konsentrasi THC turun sebesar 1,3 persen," jelasnya.

>>> Berbagai berita otomotif dalam dan luar negeri hanya ada di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top