EV West Sukses Kawinkan BMW M3 E36 Dengan Motor Listrik Tesla Model S

14/06/2019

Pasar mobil

3 menit

EV West Sukses Kawinkan BMW M3 E36 Dengan Motor Listrik Tesla Model S
Tren modifikasi dengan memasangkan mesin elektrik pada mobil konvensional sedang digandrungi para car enthusiast di Amerika. Salah satunya workshop EV West, yang kembali sukses mengawinkan motor listrik Tesla Model S dengan sebuah BMW Me E36.

Sebuah workshop penyedia komponen aftermarket khusus kendaraan elektrik asal San Diego, EV West, kembali membuat heboh warganet Amerika dengan keberhasilannya dalam mengawinkan antara sebuah BMW M3 E36 dengan sebongkah motor listrik bawaan sedan elektrik fenomenal Tesla Model S. Proyek menggabungkan mobil konvensional dengan motor listrik sebagai sumber tenaganya bukanlah pertama kali bagi EV West, setelah sebelumnya sempat menarik perhatian para car enthusiast setelah sukses memasangkan sebuah motor listrik aftermarket di dalam sebuah VW Bus Samba.

BMW M3 E36 EV West bertenaga motor listrik Tesla Model S

EV West membuktikan bahwa dunia modifikasi dan part atermarket untuk mobil listrik sudah berkembang pesat di Amerika

>>> Baca Juga:

Kini, EV West kembali ‘berbuat ulah’ dengan memasangkan motor listrik dalam sebuah BMW M3 E36 keluaran tahun 1992. Lagi-lagi, proyek ini bukanlah untuk pertama kalinya bagi EV West, karena sebelumnya pada tahun 2012, berhasil memasangkan dua motor listrik buatan Netgain Motors dalam mobil yang sama. Torsi yang dihasilkan cukup edan, yakni menyentuh angka 1152 Nm! BMW M3 E36 elektrik racikan EV West ini sempat turun di ajang Pikes Peak International Hill climb 2012.

EV West BMW M3 E36 elektrik tampak belakang

Eksterior BMW M3 E36 juga dipgrade dengan body kit dan aero kit custom

>>> Review All New BMW 118i Sport Line F40 2020

Namun EV West ingin kembali memaksimalkan performa BMW M3 E36 elektrik dengan melakukan beberapa modifikasi strategis. Pertama, EV West kini menggunakan motor listrik dari Tesla Model S varian P85D. Motor listrik tersebut juga diupgrade kemampuannya dengan menggunakan beberapa komponen aftermarket hasil racikan EV West dan Netgain Motors. Selain itu, baterai-nya kini menggunakan buatan LG Chem Cells yang diklaim jauh lebih ringan ketimbang baterai lithium-ion pada umumnya. Hasilnya, BMW M3 E36 elektrik ini hanya memiliki bobot sekitar 1,2 ton dengan distribusi bobot diklaim mampu mencapai ideal, yakni 50:50.

Motor listrik dari Tesla Model S pada ruang mesin BMW M3 E36

Motor listrik diambil dari Tesla Model S varian P85D dengan beberapa ubahan agar tenaganya mampu mencapai 800 hp

Tenaga yag dihasilkan memang cukup mencengangkan, yakni setara dengan 800 hp dan torsi puncak diklaim di atas 1000 Nm! Namun penyaluran tenaga dibuat lebih halus dan bertahap dengan beberapa ubahan pada modul baterai dan motor listrik. Sehingga, handling BMW M3 E36 elektrik ini bisa dibuat lebih optimal dan mudah dikendarai bahkan di jalan raya sekalipun. EV West juga memberikan signal untuk kembali ‘turun gunung’ pada ajang Pikes Peak International Hill climb 2019 nanti.

>>> Ragam berita menarik dan terkini lainnya di Cintamobil.com

 
back to top