Euro4 Berlaku Tahun Depan, Bagaimana Nasib Isuzu Panther?

06/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Euro4 Berlaku Tahun Depan, Bagaimana Nasib Isuzu Panther?
Teka-teki nasib Isuzu Panther ramai diperbincangkan penggemar otomotif di Indonesia. Saat aturan Euro4 diberlakukan bagimana nasib MPV bersejarah ini?

Banyaknya jumlah mobil berada di jalan-jalan di Indonesia menandakan juga semakin banyak polusi meracuni udara. Untuk menekan tingkat polusi udara, aturan standar emisi Euro4 untuk mobil diesel di Indonesia akan mulai diberlakukan mulai tahun depan. Sementara untuk mobil bensin, aturannya sudah lebih dulu berlaku yakni pada 2018. 

>>> Isuzu Panther EURO 4 Sebenarnya Bisa Dijual Asalkan...

Gambar menunjukan Isuzu Panther hitam

Nasib Isuzu Panther masih belum ditentukan

Aturan ini dijadwalkan bisa berjalan pada 7 April 2021 mendatang. Aturan Euro4 pada mobil diesel juga membuat pabrikan harus menghentikan produksi mobil yang tidak sesuai dengan spesifikasi atau diperbolehkan berinovasi mengubah mesin sesuai dengan tingkat emisi yang telah ditetapkan. Salah satu produk yang ramai diperbincangkan terkait aturan ini adalah Isuzu Panther.

Pasalnya, Isuzu Panther hingga saat ini masih mengusung Euro2. Panther pun tinggal menunggu nasib ketika tahun depan aturan Euro4 mulai berlaku.

Attias Asril, selaku General Manager Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), dijumpai di acara Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya masih tenang terkait nasib Panther tahun depan.

“Untuk penggantinya kita belum bisa bicara, kalau ditanya apakah kita masih jual? Tentu saja masih dijual. Sekarang kita belum ada diskusi kapan akan dihentikan produksinya,” katanya.

>>> Ingin tahu promo Isuzu, mau beli mobilnya? Klik link ini

Gambar menunjukan Isuzu persentasi

Attias Asril, General Manager IAMI paparkan pencapaian Isuzu Indonesia tahun lalu di GIICOMVEC 2020

“Nanti kita undang teman-teman (Wartawan) jika sudah ada keputusan apakah digantikan, diteruskan, atau bahkan diberhentikan produksinya.” sambungnya.
Attias menambahkan bahwa pihaknya sangat merasa sangat luar biasa tentang sepak terjang Panther di Indonesia yang sampai saat ini masih terus diminati masyarakat.

“Kita merasa luar biasa untuk Panther, berumur 20 tahun penggemar setianya masih cukup banyak. Untuk produk yang cukup lama, penjualannya masih lumayan 200 unit sebulan.” tutupnya.

Pada dasarnya, standar emisi Euro4 yang ditetapkan oleh pemerintah Eropa dan segera diimplementasikan juga di Indonesia berupaya membatasi gas beracun yang keluar dari kendaraan dengan harapan dapat memperoleh udara yang lebih bersih dari sebelumnya. Polusi yang mencemari udara dihirup oleh manusia, hewan, termasuk juga tumbuhan, lebih banyak polusi berarti banyak juga masalah kesehatan dan meningkatkan juga angka kematian.

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif di situs berita cintamobil.com

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Isuzu Siap Sambut Aturan EURO4

06/03/2020

Event - Promosi

3 menit

Aturan Euro4 mobil diesel dijadwalkan berjalan 7 April 2021. Standar kualitas udara yang dipelopori Eropa ini diyakini jadikan kualitas udara jadi lebih baik.

Lihat juga

Isuzu Panther EURO 4 Sebenarnya Bisa Dijual Asalkan...

04/02/2020

Pasar mobil

5 menit

MPV legendaris Isuzu ini kabarnya akan berhenti produksi, salah satu yang menjadi handicap adalah standarisasi Euro 4 yang mengganjal eksistensi si 'kucing' ini

Lihat juga

Menjelang Penerapan Standar Emisi EURO 4, Produk Isuzu Telah Siap Hadapi Standar Baru

04/02/2020

Pasar mobil

3 menit

EURO 4 akan mulai dilakukan tahun ini untuk kendaraan berbahan bakar diesel akan dilakukan di tahun 2020, produk-produk Isuzu telah siap standar Euro 4

Lihat juga

Yuk Atasi Takometer Isuzu Panther Ngadat

01/02/2020

Perawatan dan service

3 menit

Takometer Isuzu Panther ngadat memang mengesalkan, berikut ini akan kami beberkan cara mengatasi problem takometer Isuzu Panther yang enggan bekerja ini

Lihat juga

Terkenal Badak, Ini Cara Cek Kondisi Mesin Isuzu Panther Sebelum Membelinya

29/01/2020

Jual beli

5 menit

Sebelum memastikan untuk membelinya, sebaiknya cek kondisi mesin Isuzu Panther yang Anda incar terlebih dahulu. Jangan sampai tergiur bodi mulus dan harga murah namun membutuhkan perbaikan meisn yang tidak sedikit nantinya.

Lihat juga