Estimasi PLN, Hingga 2030 Indonesia Butuh 7.146 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

30/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Estimasi PLN, Hingga 2030 Indonesia Butuh 7.146 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum
Menyambut masa depan kendaraan listrik, PLN menyebut Indonesia butuh sebanyak 7.146 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) hingga 2030.

Indonesia harus mempersiapkan diri secara maksimal agar percepatan program elektrifikasi kendaraan kendaraan bermotor bisa segera terealisasi. Salah satunya adalah menyediakan sarana pengecasan atau charging station di berbagai tempat.

PT Perusahaan Listrik Negara/PLN (Persero) misalnya salah satu yang paling gencar mempersiapkan sarana pengecasan yang disebut Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). PLN sudah memiliki banyak stasiun pengisian saat ini, namun jumlah yang dibutuhkan di masa mendatang lebih besar lagi.

Foto salah satu SPKLU PLN

Indonesia butuh lebih banyak lagi stasiun pengisian listrik umum

Butuh 7.146 SPKLU

Mengutip dari Detik Finance, (28/1/2020) dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR RI, Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini melampirkan data SPKLU yang dibutuhkan Indonesia hingga tahun 2030 adalah sebanyak 7.146 SPKLU. Jumlah ini hampir seimbang dengan jumlah SPBU Pertamina saat ini yang jumlah sekitar 7.500 SPBU. Untuk tahun 2020 ini yang tengah dipersiapkan sebanyak 180 SPKLU.

Meski menyediakan banyak SPKLU, PLN juga memprioritaskan sarana pengisian di rumah atau home charing. Diprediksi sebanyak 85% dari pemilik kendaraan listrik bakal melakukan pengecasan di rumah. Sedang sisanya yang 15% melakukan pengecasan di luar rumah seperti di SPKLU, pusat perbelanjaan, perkantoran, bandara, hingga rest area.

"Kelak sebagian besar kendaraan listrik kami proyeksikan akan gunakan home charging," kata Zulkifli. "PLN telah membuat dokumen roadmap pengembangan infrastruktur kendaraan listrik 2020-2024 yang disahkan 2019, memuat estimasi jumlah SPKLU di tempat umum." lanjutnya.

>>> Buat Pembeda di Jalan Raya, Kendaraan Listrik Bakal Pakai Penanda Khusus

Foto saat peresmian Hyundai Ioniq menjadi Grab

Mobil listrik jadi sarana transportasi umum

Uji Coba SPKLU

Sebagai uji coba, PLN telah meresmikan SPKLU di empat kota sekaligus, yaitu Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Denpasar pada 28 Oktober 2019 lalu. Peresmian dilakukan di Aeon Mall, BSD City, Provinsi Banten. Adapun lokasi-lokasinya sebagai berikut:

  • Di Jakarta 4 SPKLU. 2 SPKLU di PLN Distribusi Jaya Raya (Disjaya) berupa ultra fast charging 125 kW dan fast charging 50 kW, 1 SPKLU normal charging (25 kW) di Senayan City Mall dan 1 SPKLU normal charging (25 kW) di Pondok Indah Mall,
  • Di Tangerang 1 SPKLU di Aeon Mall BSD City Tangerang,
  • Di Bandung 1 SPKLU di kantor PLN Soekarno Hatta, dan
  • Di Bali 1 SPKLU di kantor PLN Denpasar.

Kemudian yang terbaru, PLN meresmikan SPKLU di Semarang pada 16 Januari 2020. Lokasi SPKLU berada di kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang, Jalan Pemuda Nomor 93, Semarang, Jawa Tengah.

>>> Punya Modal Besar, PLN Bakal Produksi Baterai Kendaraan Listrik

Foto menunjukkan Peresmian SPKLU Semarang

PLN resmikan SPKLU di Semarang pada 16 Januari 2020

>>> Klik di sini untuk menyimak berita mobil terupdate lainnya

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Perkembangan Mobil Listrik Indonesia: Stasiun Pengisian Ultra-Fast dan Kerja sama Hyundai – Grab

07/11/2019

Pasar mobil

3 menit

Pertama dan (masih) satu-satunya di Indonesia, PLN membangun stasiun pengisian listrik untuk mendukung pengembangan mobil listrik Indonesia. Bertempat di halaman kantor PLN ini mampu mengisi baterai mobil listrik dari kosong hingga penuh hanya dalam 20 menit.

Lihat juga

Pemprov DKI Jakarta Genjot Penyediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum

28/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Pemprov DKI Jakarta menargetkan akan memperbanyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum alias SPKLU. Charging station kendaraan listrik ini nantinya akan ditempatkan diberbagai fasilitas umum yang ada di Jakarta.

Lihat juga

Daihatsu Suguhkan Suasana Sahabat di Stasiun MRT Cipete Raya

08/05/2019

Event - Promosi

Daihatsu mengemas suasana salah satu stasiun MRT di Jakarta dengan cara menampilkan line up kendaraan mereka secara unik

Lihat juga

Promo Toyota Funfest 2020 Hadirkan 20 Mobil dan 20 Apple Watch

30/01/2020

Event - Promosi

2 menit

Kembali menghadirkan promo berhadiah mobil dan program menarik lainnya di awal tahun, Toyota FunFest 2020 menghadirkan 20 mobil Toyota dan 20 Apple Watch.

Lihat juga

Lestarikan Budaya Betawi, Auto2000 Dukung Kegiatan Sanggar Betawi di Cengkareng Timur

30/01/2020

Event - Promosi

3 menit

Budaya Betawi kian hari semakin kalah dan terus tergerus oleh perkembangan zaman. Tidak ingin hal ini terjadi, Auto2000 dukung pelestarian budaya Betawi.

Lihat juga