4 Tahun Berturut-turut, Wuling Masuk 10 Besar Merek Terlaris

19/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Di tengah dominasi merek Jepang, Wuling jadi satu-satunya merek non Jepang yang masuk daftar 10 besar merek terlaris di Indonesia selama 4 tahun berturut-turut.

Wuling Motors genap berusia empat tahun hadir di Indonesia. Meski terbilang masih ‘muda’ untuk sebuah industri otomotif, Wuling mampu menunjukkan performa yang cukup stabil. Penjualannya terus meningkat setiap tahun. Wuling bahkan berhasil masuk daftar 10 besar merek terlaris dalam empat tahun berturut-turut, di tengah dominasi merek Jepang.

Penjualan Wuling

Penjualan apik Wuling dimulai dari tahun pertamanya diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Pada Juli-Desember 2017 Wuling mengirim sebanyak 5.050 unit kendaraan ke dealer (wholesales) dan 3.268 unit ke konsumen (retail sales). Dengan durasi hanya setengah tahun Wuling menempati urutan ke 11 merek terlaris untuk wholesales dan ke 13 untuk retail sales.

Tahun 2018 Wuling naik ke peringkat 9 dengan wholesales sebanyak 17.002 unit dan retail sales sebanyak 15.162 unit. Tahun 2019 di peringkat 9 lagi dengan wholesales sebanyak 22.343 unit dan retail sales sebanyak 21.112 unit.

Tahun 2020 Wuling turun ke peringkat 10 untuk penjualan wholesales sebanyak 6.581 unit dan di peringkat 9 retail sales dengan penjualan 9.523 unit. Penurunan ini lebih disebabkan karena pembatasan aktivitas yang begitu ketat dari Pemerintah untuk menekan pandemi Covid-19. Tidak hanya Wuling, merek lain juga mengalami penurunan besar-besaran.

Di tahun 2021 ini, sepanjang Januari-Juni Wuling berada di peringkat 8 merek terlaris dengan wholesales sebanyak 10.973 unit dan retail sales sebanyak 10.187 unit.

Hasil-hasil di atas cukup baik mengingat Wuling hanya mengandalkan 4 model, yaitu Confero S untuk kelas low MPV, Cortez untuk medium MPV, Almaz untuk SUV, Formo untuk kendaraan komersial.

>>> 10 Alasan Memilih Wuling New Confero S Untuk Mobil Keluarga

Foto menunjukkan Wuling Confero S 2021 tampak depan

Facelift Wuling Confero S bikin penampilan semakin menarik

Program menarik

Secara Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi Wuling. Namun demikian, upaya meningkatkan penjualan terus dilakukan. Diantaranya menurunkan harga jual hingga belasan juta rupiah memanfaatkan diskon PPnBM 100% yang digelar Pemerintah.

Program menarik lainnya yaitu metode pembayaran Wuling Pay Later yang berlangsung hingga 31 Juli 2021 khusus untuk pembelian Almaz dan Almaz RS. Dengan Wuling Pay Later konsumen diberikan kelonggaran menunda cicilan pembayaran hingga 2 bulan sejak unit diterima tanpa tambahan bunga.

“Kami menawarkan metode pembayaran Wuling Pay Later sebagai wujud komitmen kami untuk selalu berinovasi dalam memberikan kemudahan kepemilikan lini produk Wuling sejalan dengan nuansa Inovasi Bersama Indonesia yang diusung dalam perayaan hari jadi Wuling yang keempat pada bulan ini,” kata Brand and Marketing Director Wuling Motors, Michael Budihardja dalam keterangan resminya (15/7/2021).

>>> Beli Wuling Almaz Sekarang, Bayarnya Bisa Belakangan

Foto menunjukkan Wuling Almaz RS tampak samping depan

Ada Almaz, Wuling kembali masuk 10 besar merek terlaris

>>> Harga mobil Wuling terbaru dan promo 2021 terbaik hanya di sini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top