Elon Musk Tegaskan Tesla Model S Hanya Tersedia Setir Model Pesawat

25/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Jelas sudah bahwa Tesla Model S terbaru hanya tersedia dengan desain setir model pesawat, ini karena Elon Musk menutup opsi setir bundar meski lebih diminati.

Desain setir model yoke ala kemudi pesawat menjadi ubahan paling menarik dari Tesla Model S terbaru atau Model S Plaid, selain sistem infotainment Tesla Arcade. Meski demikian tak sepenuhnya perubahan tersebut mendapat respon positif dari pelanggan. Banyak yang pro, tapi tak sedikit yang kontra. Penggunaan setir ‘setengah lingkaran’ dianggap berbahaya karena lebih sulit untuk melakukan manuver berbelok maupun putar balik.

 

Foto menunjukkan Tesla Model S Plaid tampak samping depan

Model S kalah jauh dibanding Tesla Model 3 dalam hal penjualan

Tanpa pilihan setir bundar

Rumor yang beredar sebelumnya Tesla menyediakan setir bundar untuk Model S demi menuruti keinginan pelanggan. Namun kabar terbaru berkata lain, untuk Model S terbaru hanya tersedia dengan setir model yoke.

Elon Musk sendiri yang langsung mengkonfirmasi hal tersebut saat seorang pengguna Twitter mempertanyakan opsi setir bundar. Bos Tesla itu menjawab “tidak”. Singkat, tapi cukup menjadi jawaban atas banyaknya pertanyaan yang sama.

Foto menunjukkan setir model pesawat Tesla Model S

Setir gaya pesawat dipasang Tesla pada Model S

>>> Pecah Rekor! Penjualan Tesla Tembus Segini Dalam Satu Kuartal

Bagi konsumen calon konsumen yang kesengsem dengan Model S terbaru tentu saja harus menerima, meskipun harus membiasakan diri agar tidak lagi kikuk menggunakan setirnya.

Apakah Elon Musk bakal berubah pikiran di masa mendatang, tentu tidak tahu. Mungkin saja hal itu terjadi jika perubahan yang dilakukan tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap penjualan.

Sebagai informasi, penjualan Tesla Model S termasuk minim dibanding Model 3 dan Y. Berdasarkan data resmi Tesla, gabungan Model S dan Model X hanya terjual 3.910 unit dalam satu semester (Januari-Juni 2021). Jauh lebih rendah dibanding Model 3 dan Model Y yang terjual 382.140 unit pada periode yang sama.

>>> Facelift Tesla Model S Tawarkan Opsi Kemudi Pesawat dan Tesla Arcade

2 spesifikasi Model S

Saat ini Tesla menyediakan dua pilihan spesifikasi untuk Model S, Plaid dan Long Range (LR). Plaid dibekali tiga motor listrik bertenaga maksimum 1.020 Hp, memiliki jarak tempuh 396 mil (EPA) atau 637 Km dalam sekali pengisian penuh, serta kecepatan maksimal 321 Km/jam.

Sedangkan LR dibekali dua motor listrik bertenaga maksimum 670 Hp, jarak tempuh 405 mil (EPA) atau 651 Km, serta kecepatan maksimal 250 Km/jam.

Gambar menunjukkan Elon Musk menjawab tidak untuk opsi setir bundar Tesla Model S

Setir bundar tidak lagi tersedia untuk Model S

Baik Model S Plaid maupun LR, keduanya bisa diisi ulang menggunakan pengisian daya cepat Supercharger V3 berdaya 250 kW dan hanya butuh waktu 15-20 menit sampai baterai terisi penuh lagi.

Untuk harga Model S Plaid dijual dengan harga $129.990 atau setara Rp 1,88 miliar. Sedangkan LR dijual dengan harga lebih murah, yaitu $84.990 atau setara Rp 1,23 miliar.

>>> Tertarik mobil listrik Tesla, cek harganya di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top