Mobil Listrik E-Legend EL1, Terinspirasi Audi Legendaris Dunia Reli

29/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Perusahaan asal Jerman, E-Legend, meluncurkan mobil listrik EL1 yang terinspirasi oleh mobil reli Audi Sport Quattro S1. Mobil ini dijual sekitar 1 juta Euro.

Audi Quattro S1 sendiri adalah mobil yang cukup ikonik di tahun 1980-an. S1 Quattro dikembangkan untuk homologasi reli Group B yang melahirkan mobil-mobil kencang dan fantastis sebelum akhirnya dilarang untuk diadakan karena alasan keselamatan.

Mobil ini dipersenjatai dengan tiga motor listrik, satu di depan dan dua di bagian belakang. Ketiga motor itu ditenagai oleh battery pack 90 kWh yang memiliki teknologi serupa dengan Porsche Taycan. Dengan kombinasi tersebut, E-Legend EL1 dapat menghasilkan tenaga 804 HP.

Gambar E-Legend EL1

Dengan tenaga mencapai 800 HP lebih, mobil listrik ini bisa mengimbangi supercar

E-Legend mengatakan bahwa EL1 memiliki jangkauan 399 kilometer, dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam 2,8 detik, dan dapat mengelilingi Nürburgring Nordschleife dua kali ketika dikendarai dalam mode Sport Plus yang haus tenaga.

>>> BMW Seri 2 Terbaru Akan Debut di Goodwood Festival of Speed, Seperti Apa Bentuknya?

Jejak Desain Audi Sport Quattro S1

Gambar Audi Quattro S1

Mobil yang menjadi inspirasi E-Legend EL1

Secara desain, EL1 sangat kental terinspirasi oleh S1 Quattro. Bagian fascia menampilkan lampu depan yang menonjol dan lampu LED daytime running light serta kap mesin yang identik dengan bentuk Audi, termasuk tiga ventilasi udara kecil.

Selain itu, mobil ini memiliki bentuk kotak dan agresif dengan lengkungan roda yang menonjol dan roda lima palang putih yang terinspirasi dari reli. Di bagian belakang terdapat spoiler dan lampu belakang LED yang eye-catching.

Gambar tampilan belakang EL1

Tampilan belakang mobil listrik EL1

Mobil berbobot 1.680 kg ini dilengkapi dengan roda depan 19 inci dan roda belakang 20 inci, lampu daytime running LED depan dan belakang, spoiler khusus, dan suspensi tiga arah yang dapat disesuaikan. Interiornya belum selesai, tetapi kita tahu bahwa itu akan menampilkan konektivitas multimedia, AC, dan kamera tampak belakang.

>>> Pakai Toyota Yaris, Sebastian Ogier Jadi Jawara Safari Rally 2021

Harga Yang Fantastis

Mobil ini dibangun berdasarkan sasis karbon monocoque yang super ringan, meski E-Legend tidak menyebutkan nama pemasok platform tersebut.

“Tujuan E-Legend adalah untuk mentransfer naluri dasar analog dari penggerak emosional ke dunia modern,” kata perusahaan asal Jerman ini.

Gambar interior EL1

Desain interior mobil listrik EL1 yang bernuansa futuristik

Hanya 30 unit EL1 yang akan dijual, dengan harga sekitar €890.000 sebelum pajak. Jika dikonversi ke rupiah, maka mobil ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 15,3 miliar.

E-Legend juga mengatakan bahwa akan ada dua model yang terinspirasi dari reli selanjutnya yang menyusul di masa depan, keduanya dengan jumlah produksi yang sama yaitu 30.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top