Efek Skandal Gaji Carlos Ghosn, Peluncuran Small MPV Nissan Xpander Dikhawatirkan Tertunda

04/12/2018

Pasar mobil
Share this post:
Efek Skandal Gaji Carlos Ghosn, Peluncuran Small MPV Nissan Xpander Dikhawatirkan Tertunda
Tidak hanya merugikan keuangan perusahaan, skandal gaji Carlos Ghosn juga membuat sejumlah rencana besar Nissan mengalami perubahan. Salah satunya peluncuran small MPV Nissan yang berbasis Mitsubishi Xpander.

Nissan Motor Company akhirnya memecat Carlos Ghosn dari posisinya sebagai Cairman pada 22 November 2018 dan melaporkan kepada pihak berwajib setelah skandal gaji yang dilakukan terungkap. Carlos ketahuan menyembunyikan laporan gaji dirinya sebesar US$ 71 juta atau sekitar Rp1,03 triliun serta memberikan gaji buta kepada saudara perempuannya sebesar US$ 1,7 juta atau Rp 24,7 miliar untuk pekerjaan yang tidak pernah dilakukan. Tidak hanya dilengserkan dari posisinya sebagai Chairman Nissan Motor, Carlos juga dipecat dari jabatannya sebagai Chairman aliansi raksasa Nissan-Renault-Mitsubishi.

Skandal gaji yang dilakukan Carlos Ghosn bersama Representative Director Nissan, Greg Kelly tidak hanya mengacaukan keuangan, tapi juga mengacaukan beberapa rencana besar perusahaan. Salah satunya peluncuran small MPV Nissan Grand Livina yang berbasis Mitsubishi Xpander yang dikhawatirkan mengalami penudaan. Seperti dituturkan Andrey Wijaya, seorang analis di RHB Sekuritas Indonesia small MPV Nissan Grand Livina terbaru ini diharapkan bisa meluncur pada kuartal pertama 2019.

>>> Carlos Ghosn Diberhentikan Sebagai CEO, Menolak Tuduhan Penggelapan Uang

Foto Mitsubishi Xpander tampak dari samping depan

Mitsubishi Xpander yang mendulang kesuksesan sejak pertama diluncurkan

"Indomobil diharapkan untuk menawarkan Grand Livina baru pada kuartal pertama dan investor telah memperkirakan model baru dapat meningkatkan penjualan di Indomobil," tutur Andrey Wijaya, seorang analis di RHB Sekuritas Indonesia seperti dikutip dari Bloomberg, (22/11/2018).

Lebih dari 80 persen pendapatan PT Indomobil Sukses Internasional Tbk memang berasal dari bisnis otomotif. Tidak hanya menjadi distributor merek Nissan, Indomobil juga mendistribusikan merek lain seperti Suzuki, Audi, Volvo, Volkswagen, dan Renault. Peluncuran Grand Livina baru diharapkan bisa meningkatkan penjualan Indomobil sebagaimana kesuksesan Mitsubishi menjual Xpander.

Sebelumnya beredar informasi dari orang dalam Nissan-Datsun kalau small MPV Nissan ini bakal dipajang di sebuah pameran otomotif yang digelar April 2019. Dikabarkan juga secara facia Nissan masih mempertahankan desain V-Motion Grille yang menjadi ciri khas Nissan. Namun untuk bodinya berbeda Nissan Grand Livina yang ada saat ini karena menggunakan platformnya Mitsubishi Xpander. Belum diketahui seperti apa bentuk aslinya. Gambar-gambar yang beredar di media dalam satu tahun terakhir hanyalah gambar rendering yang mencoba memperkirakan rupa Nissan Xpander ini.

>>> Pakai Platform Xpander, Inikah Desain Terbaru All New Grand Livina?

Gambar rendering Nissan Xpander

Gambar rekayasa Nissan Xpander dari RZ Autoworks yang beredar di internet, bukan wujud aslinya

Small MPV Nissan baru ini diperkirakan punya dimensi panjang 4,5 meter, lebar 1,8 meter, dan tinggi 1,7 meter dengan jarak sumbu roda 2,8 meter. Untuk performa diperkirakan bakal menggunakan mesin bensin 4 silinder empat-silinder MIVEC 4A91 1,5L seperti yang digunakan pada Mitsubishi Xpander dengan transmisi yang sama pula, yaitu manual 5-speed dan otomatis 4-speed.

Diharapkan pula small MPV Nissan ini bisa meningkatkan penjualan di pasar global. Sebab meski di pasar Indonesia merek Nissan kalah jauh dari Mitsubishi, Nissan jauh lebih kuat di pasar global. Sebagai gambaran produksi global Nissan periode Januari-Oktober telah mencapai 4.587.236 unit. Sementara produksi global Mitsubishi dalam periode yang sama baru mencapai 1.189.286 unit.

>>> Baca Review Mitsubishi Xpander Ultimate 2018 disini!

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top