Berkat Diskon PPnBM, Penjualan Suzuki Agustus 2021 Meningkat

23/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Efek kebijakan diskon PPnBM Suzuki catatkan peningkatan penjualan yang positif pada Agustus lalu 60% untuk wholesales dan 38% untuk retail sales.

Adanya perpanjang diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) kendaraan bermotor berkontribusi positif terhadap penjualan mobil. Suzuki pun turut merasakan imbasnya.

>>> Pembelian Suzuki XL7 Lewat Kredit Meroket

Gambar menunjukan XL7

Penjualan Suzuki XL7 untuk retail sales meningkat 33%

Penjualan Suzuki Meningkat Tajam Berkat Diskon PPnBM

Dari data yang dihimpun, terlihat peningkatan penjualan mobil Suzuki di bulan Agustus 2021 jika dibanding bulan Juli 2021, yaitu sebesar 60% untuk wholesales dan 38% untuk retail sales. Penjualan Suzuki didominasi XL7, All New Ertiga, dan New Carry Pick Up.

Menurut Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, selain penjualan bulan Agustus yang cukup baik, Suzuki juga mencatatkan kinerja yang baik untuk periode Januari-Agustus 2021.

“Selama Januari sampai Agustus 2021 Suzuki mengalami peningkatan wholesales sebesar 51% dan retail sales 25% jika dibandingkan periode yang sama tahun 2020. Peningkatan penjualan terjadi sejak memasuki periode insentif PPnBM, yaitu di bulan Maret 2021. Oleh karena itu kami sangat mengapresiasi kebijakan pemerintah memperpanjang kembali insentif PPnBM 100%,” terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS.

>>> Karena Ini Suzuki Indonesia Belum Mau Jualan Mobil Listrik

Gambar menunjukan Suzuki Carry

Penjualan New Carry Pick Up naik  40% untuk retail sales

Daftar Penjualan Mobil Suzuki Agustus 2021

Pada bulan Agustus, XL7 sebagai salah satu model yang mendapat diskon PPnBM 100% mengalami peningkatan sebesar 103% untuk wholesales dan 33% untuk retail sales, jika dibandingkan dengan Juli 2021. Begitupun dengan All New Ertiga. Distribusi wholesales mobil keluarga tersebut naik 174% untuk periode yang sama. Sedangkan untuk retail sales naik 60%. Di luar itu produk yang mendapat insentif PPnBM, penjualan New Carry Pick pp naik 51% untuk wholesales dan 40% untuk retail sales.

“Perpanjangan kembali insentif PPnBM 100% kami harap memberikan dampak positif bagi industri otomotif. Bagi masyarakat yang ingin memiliki kendaraan Suzuki, di momen perpanjangan insentif PPnBM 100% ini kami juga menghadirkan beragam promosi dan program penjualan yang menarik,” tutupnya.

Diskon PPnBM memang tak hanya berdampak pada industri otomotif, melainkan juga menciptakan multiplier effect terhadap perekonomian. Adanya diskon PPnBM ini dapat meningkatkan daya beli masyarakat sehingga perekonomian domestik menjadi lebih aktif. Selain itu, apabila kendaraan yang menggunakan komponen-komponen lokal mendapat insentif, maka akan berdampak positif pula bagi industri komponen di Tanah Air. 

>>> Ingin Ganti Atau Tambah Karpet Mobil? Ini Yang Perlu Diperhatikan

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top