Efek Domino Virus Corona, Polusi Udara di Tiongkok Turun Drastis

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Efek Domino Virus Corona, Polusi Udara di Tiongkok Turun Drastis
Virus corona merenggut banyak korban jiwa di Tiongkok. Tetapi kabar baiknya virus ini berhasil membuat udara di Tiongkok jauh lebih bersih dari sebelumnya.

Tingkat polusi di kota-kota besar dan pusat-pusat industri di Tiongkok dilaporkan menurun secara signifikan. Penurunan tersebut diyakini terjadi karena mewabahnya virus corona dan perlambatan ekonomi di negara dengan penduduk terbanyak di dunia itu.

Gambar menunjukan Kualitas udara di Tiongkok

NASA menunjukkan pengurangan polusi yang drastis di kota-kota besar Tiongkok

>>> Bukannya Takut, Dealer Mobil Ini Kasih Diskon untuk Pengidap Virus Corona

NASA dan Badan Antariksa Eropa telah mengeluarkan gambar yang menunjukkan tingkat nitrogen dioksida di Tiongkok yang menunjukkan penurunan drastis yang digambarkan pada warna kuning-coklat pada Januari dan Februari dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Nitrogen dioksida umumnya dihasilkan dari pembangkit listrik, fasilitas industri, mobil dan kendaraan bermotor lainnya dan dapat bertanggung jawab atas berbagai kondisi pemanasan global. Perlambatan ekonomi, yang termasuk penghentian lalu lintas dan penutupan pabrik-pabrik industri besar, diyakini telah menghasilkan udara yang lebih bersih di Tiongkok.

Gambar menunjukan Polusi udara di Tiongkok

Perbedaan kualitas udara di Tiongkok setelah mewabahnya corona virus

>>> Virus Corona Masuk Indonesia, Harga Mobil Murah Masih Stabil, Ini Daftarnya

Seorang ilmuwan NASA mengatakan bahwa penurunan tersebut paling jelas terlihat di atas kota Wuhan, tempat wabah corona virus itu muncul pertama kalinya. "Ini adalah pertama kalinya saya melihat penurunan drastis di area seluas itu untuk acara tertentu," ungkap Fei Liu, seorang peneliti kualitas udara di Goddard Space Flight Center NASA, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

NASA mencatat bahwa perayaan Tahun Baru Imlek biasanya berdampak juga pada penurunan kadar nitrogen dioksida di atas kota-kota besar di Tiongkok karena sebagian besar masyarakat setempat pergi ke desa bersama keluarga mereka, tetapi penurunan itu biasanya meningkat lagi setelah perayaan berakhir. "Tahun ini, tingkat pengurangan lebih signifikan daripada tahun-tahun terakhir dan itu telah berlangsung lebih lama," tambah Liu.

>>> Antisipasi Corona virus, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

Hingga saat ini dilaporkan total sudah 90.872 kasus orang-orang terinfeksi virus corona. Sebanyak 48.002 orang dinyatakan sudah sembuh dan 3,117 orang dinyatakan kehilangan nyawa akibat virus yang ditularkan dari hewan ini.

Sedangkan dari sisi industri otomotif, agenda pameran otomotif seperti Geneva International Motor Show 2020 harus dihelat secara online karena virus corona. Tidak hanya itu saja, jadwal MotoGP, Moto2, dan Moto3 diatur ulang jadwalnya. Kabar terbaru MotoGP Qatar, Buriram hingga Thailand harus ditunda penyelenggaraannya.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Rahmat Fajar Nugraha
Penulis
Rahmat Fajar Nugraha
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Selain Geneva Motor Show, Gelaran Ini Jadi ‘Korban’ Virus Corona

03/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Penyebaran virus Corona benar-benar memberi dampak masif pada berbagai aspek, tak terkecuali industri otomotif dan motorsport secara global. Selain Geneva Motor Show yang batal, ada gelaran lain yang batal atau ditunda karena merebaknya virus Corona secara global.

Lihat juga

Bukannya Takut, Dealer Mobil Ini Kasih Diskon untuk Pengidap Virus Corona

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Wabah virus corona mengancam kesehatan dunia. Alih-alih takut, dealer mobil bekas di Selandia Baru malah jadikan virus tersebut sebagai program penjualan.

Lihat juga

Khawatir Virus Corona, Pemerintah Italia Menutup Dua Museum Ferrari

03/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Otoritas setempat menutup dua museum Ferrari di Maranello dan Modena untuk sementara waktu demi menghindari penyebaran virus Corona yang lebih parah di Italia.

Lihat juga

Geely Hadirkan SUV Berteknologi Penangkal Virus Corona

02/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Seluruh lembaga kesehatan dunia berlomba-lomba hadirkan solusi wabah virus corona. Geely mewakili industri otomotif hadirkan SUV yang dapat menangkal virus ini.

Lihat juga

Antisipasi Virus Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

02/03/2020

Perawatan dan service

3 menit

Virus Corona atau COVID-19 telah dikonfirmasi masuk ke Indonesia. Jangan panik Anda harus tetap tenang, sediakan hal ini untuk keamanan selama berkendara.

Lihat juga