Efek Diskon PPnBM 100%, Daihatsu Refund Uang Konsumen

03/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Efek Diskon PPnBM 100%, Daihatsu Refund Uang Konsumen
Sebagai bentuk komitmen terhadap aturan pemerintah Daihatsu Indonesia lakukan hal ini untuk menerapkan diskon PPnBM 100% untuk penjualan hingga Agustus 2021 ini

Peraturan mengenai perpanjangan diskon PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) sebesar 100% baru saja diresmikan oleh pemerintah Indonesia beberapa hari yang lalu. Diketahui bahwa Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani baru saja menerbitkan peraturan mengenai perpanjangan diskon PPnBM 100%.

Gambar Sri Mulyani

Peraturan perpanjangan diskon PPnBM baru saja ketok palu

Perpanjangan diskon PPnBM ini diberikan untuk segmen kendaraan berpenggerak 4x2 dengan kapasitas mesin maksimum 1.500 cc. Artinya yang mendapatkan relaksasi pajak 100 % adalah 23 mobil yang sama pada periode Maret-Mei 2021. Aturan ini tertuang di Peraturan Menteri Keangan Nomor 77/PMK.010/2021.

Foto Daihatsu Rocky Turbo warna hitam

Pembelian mobil di bulan Juni jika faktur kendaraannya turun bulan Juli atau Agustus maka berhak dapat relaksasi pajak

Sebagai salah satu pabrikan besar di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) yang menaungi merek Daihatsu di Indonesia juga menyambut baik hal ini. Diantaranya adalah dengan melakukan refund (pengembalian dana) atas kelebihan bayar konsumen yang membeli mobil Daihatsu di bulan Juni 2021.

>>> Menkeu: Diskon PPnBM 100% Lanjut Sampai Agustus

Daihatsu Tunjukkan Komitmen

Foto Daihatsu Rocky 1.0T R ADS CVT 2021 warna hitam

Pembeli Daihatsu Rocky terbaru akan senang terhadap respon Daihatsu ini

"Kita tentunya menyambut baik sekali, karena kebijakan pemerintah ini mendorong industri otomotif, Kami berkomitmen akan mengikuti peraturan resmi yang keluar, begitu peraturan keluar kami akan refund (dari yang awalnya 50% jadi diskon 100%)," papar Hendrayadi Lastiyoso, selaku Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International- Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) ke Cintamobil.com.

Meski Inden Tapi Produksi Masih Aman

Di sisi lain, ternyata untuk mendapatkan mobil baru Daihatsu ini, konsumen harus bersabar. Karena nyaris untuk semua model tidak ready stock, berdasarkan data internal Daihatsu diketahui inden yang harus dilakukan adalah 1 hingga 2 bulan untuk setiap line-upnya kecuali model pick-up.

Gambar ilustrasi lama inden mobil Daihatsu

Kecuali produk impor seperti Daihatsu Sirion, seluruh kendaraan penumpang rakitan Indonesia inden

"Di ADM kita melakukan banyak sekali inovasi untuk meningkatkan kapasitas produksi, karena covid kapasitas produksi menjadi hanya 330 ribu, kita lakukan arrangement dengan konsep 3P kapasitas (produksi) naik jadi 460 ribu," tambah Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT ADM.

Foto Daihatsu Gran Max Pick Up 1.5

Hanya model pick up yang cenderung ready stock

"Produksi itu bekerja berdasarkan forecast. di dalamnya kita juga tetap mempraktekkan protokol kesehatan, tapi kami (tetap) memperkecil take time, di luar dari planning kita ada tambahan Holiday Over Time yang akan meningkatkan kapasitas produksi," tutup Amel sapaan akrab Amelia Tjandra.

>>> Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.2L Tembus 19 Kilometer Per Liter!

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com About Arfian Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jur
 
back to top