Duh, Yamaha Resmi Batalkan Proyek Mobilnya

24/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Duh, Yamaha Resmi Batalkan Proyek Mobilnya
Sudah menampilkan setidaknya tiga mobil konsep sejak 2013 dengan menggandeng desainer kawakan Gordon Murray, keputusan mengejutkan diambil Yamaha setelah resmi membatalkan seluruh proyek, dan juga ekspansi sebagai pabrikan mobil.

Jika kita berbicara soal mobil, tentu Yamaha masih terdengar sangat asing. Namun, perusahaan Jepang itu ternyata sudah malang melintang di dunia roda empat, mulai dari sportscar OX99-11 V12 yang kini menjadi barang langka dan diburu oleh para kolektor, sampai keterlibatannya di F1 kala menjadi supplier mesin Tyrell dan Arrows dalam kurun waktu 1993-1997.

>>> Mobil konsep Yamaha siap mengaspal, yang mana?

Yamaha OX99-11 warna merah

Yamaha OX99-11 V12 jadi salah satu mobil koleksi yang diburu para kolektor

Sempat tak terdengar kabarnya pada era 2000-an, Yamaha kembali melirik pasar mobil dengan menyiapkan setidaknya tiga mobil konsep. Tidak tanggung-tanggung, pabrikan garpu tala langsung menggandeng Gordon Murray, salah satu desainer F1 yang juga menjadi pelopor pengunaan serat karbon pada sasis mobil Formula 1.

Yamaha Sports Ride Concept 2015 tampak belakang

Yamaha Sports Ride Concept, sebuah mobil sport berbobot kurang dari 900 kg

>>> Temukan mobil dengan kondisi dan harga terbaik di sini

Mobil konsep Yamaha pertama yang dipamerkan adalah Motiv, yang hadir di Tokyo Motor Show 2013, disusul Sports Ride Concept pada pameran sama dua tahun berselang, dan Cross Hub yang hadir pada TMS 2017. Dari ketiga model di atas, Sports Ride Concept jadi yang paling menarik karena penggunaan serat karbon pada kontruksinya, yang menghasilkan rigiditas sasis dan power-to-weight ratio yang luar biasa, mengingat bobot mobil yang kurang dari 900 kg.

Meski Murray dan rumah desainnya, iStream, mengklaim dapat beroperasi dan meraih keuntungan untuk volume produksi antara 1.000-350.000 unit, Yamaha membatalkan proyek mobilnya untuk lebih fokus pada konsep mobilitas yang tidak melenceng jauh dari sepeda motor, yang merupakan unit usaha terbesar pabrikan garpu tala.

>>> Selalu update info seputar pasar mobil di sini

“Mobil tidak lagi masuk dalam proyek jangka panjang kita, ini adalah keputusan yang diambil oleh Presiden (Yosihiro) Hidaka untuk masa yang akan datang, kami tidak melihat cara untuk mengembangkan mobil untuk membuatnya menonjol di kompetisi, yang sangat kuat,” ujar Juru Bicara Yamaha, Naoto Horie saat ditemui di Tokyo Motor Show 2019.

Yamaha Cross Tokyo Motor Show 2017

Apakah kita akan benar-benar melihat mobil bermerek Yamaha di masa depan?

“Khususnya sportscar, itu memiliki daya tarik yang hebat bagi kami para antusias, namun di pasar itu sulit. Kami akan lihat peluang lainnya.”

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

OX99-11 V12, Mobil Langka Buatan Yamaha Yang Kini Jadi Rebutan Kolektor

21/06/2019

Pasar mobil

3 menit

Terkenal sebagai produsen sepeda motor kelas dunia, Yamaha pernah mencoba keberuntungan merambah segmen roda empat dengan menciptakan mobil bertenaga buas, OX99-11 di masa lampau. Lantas bagaimana ceritanya Yamaha OX99-11 V12 berubah jadi barang langka dan jadi rebutan para kolektor?

Lihat juga

Mobil Konsep Yamaha YG-M FC Siap Dites Jalan

05/04/2019

Mobil baru

Siapa bilang pabrikan garputala hanya membuat sepeda motor, karena sejatinya dimasa lalu. Pabrikan yang kental dengan pembalap MotoGP Valentino Rossi ini punya latar belakang membuat mesin-mesin mobil kencang di masa lalu. Kali ini mereka punya mobil konsep Yamaha YG-M FC yang siap dites jalan di Jepang

Lihat juga

[INFOGRAFIK] 10 Mobil Teraneh yang Pernah Muncul di Tokyo Motor Show

24/10/2019

Event - Promosi

2 menit

Tokyo Motor Show selalu identik dengan mobil-mobil unik yang seringkali aneh. Mau tahu 10 mobil teraneh yang pernah muncul pada pameran otomotif terbesar di Jepang ini? Cintamobil.com punya daftarnya.

Lihat juga

Tokyo Motor Show 2019: Selain Pajang Mobil Konsep Dan Mobil Baru, Ada Hal Ini Di Booth Daihatsu Di Tokyo Motor ...

23/10/2019

Event - Promosi

3 menit

Sebelumnya kami pernah membahas mengenai mobil-mobil konsep yang akan dipajang oleh Daihatsu di ajang Tokyo Motor Show 2019. Kini kami akan membahas apa saja yang ada di booth Daihatsu Motor Corporation pada ajang Tokyo Motor Show 2019.

Lihat juga

Tokyo Motor Show 2019: Boyong 7 Mobil, Subaru Levorg Concept Jadi Primadona

23/10/2019

Event - Promosi

5 menit

Hadir meramaikan gelaran Tokyo Motor Show 2019, Subaru melakukan world premier Subaru Levorg Concept, dan membawa total tujuh mobil untuk dipajang di pameran akbar tersebut.

Lihat juga