Duh! Operasional Dibatasi, Antrean Transjakarta Mengular Panjang

16/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Duh! Operasional Dibatasi, Antrean Transjakarta Mengular Panjang
Pemprov DKI Jakarta membatasi jam operasional Transjakarta. Hal ini dilakukan demi terkait dengan imbauan bagi warga Jakarta mengurangi aktifitas di luar rumah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menginstruksikan agar transportasi umum yang berada di Ibu Kota dibatasi jam beroperasinya. Itu dilakukan Anies semata-mata untuk mengurangi penyebaran virus Corona yang terus meluas dari hari ke hari. 

Transjakarta termasuk salah satu transportasi umum yang pergerakannya dibatasi lantaran berpotensi menjadi sarana penyebaran virus Corona. Untuk itu, ada beberapa kebijakan yang diberlakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait jam operasional serta jumlah layanan Transjakarta di Ibu Kota. Transjakarta yang semula melayani warga Jakarta 24 jam, kini hanya sekitar 12 jam yakni dari jam 06.00-18.00.

Antrean Transjakarta mengular hingga ke jalan

Antrean Transjakarta tampak mengular saat pengoperasiannya dibatasi Foto: Twitter @Antonjuniorche

"248 rute akan dikurangi secara signifikan menjadi 13 rute, hanya 13 rute Transjakarta yang beroperasi dan keberankgatan setiap 20 menit," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota, Minggu (16/3/2020). 

>>> Cegah Virus Corona Meluas, Pengoperasian Transjakarta dan MRT Dibatasi

Antrean mengular

Pembatasan tersebut dilakukan guna memastikan jarak antar pengguna Transjakarta 1-2 meter. Namun nyatanya, pembatasan tersebut justru membuat banyak warga Jakarta kesal. Sedikitnya armada yang tersedia, membuat warga harus antre panjang untuk bisa pergi ke tempat tujuannya. Ada warga yang harus mengantre hingga 2 jam untuk sekadar naik ke dalam bus. 

Kekesalan tersebut banyak diungkapkan warga Jakarta dalam kicauannya di Twitter. Tampak dari beberapa foto yang diunggah warganet di Twitter, antrean Transjakarta mengular hingga ke jalan raya. Bahkan ketika masuk ke dalam bus, mereka harus berdesak-desakan dengan warga lain. 

>>> Transjakarta Rutin Bersihkan Halte dan Bus untuk Mencegah Virus Corona

Layanan Transjakarta dibatasi

Pengumuman resmi terkait pembatasan layanan Transjakarta

Banyaknya unggahan warganet soal antrean untuk naik bus membuat Transjakarta menjadi pembicaan terpopuler di wilayah Jakarta. Sudah ada hampir 40.000 kicauan terkait pembatasan layanan Transjakarta ini. 

>>> Pabrik Toyota di China Mulai Kembali Beroperasi

Rute Lengkap Transjakarta saat Ada Pembatasan

Perlu diketahui mulai tanggal 16 Maret 2020, Transjakarta hanya mengoperasikan 13 rute berikut rinciannya. 
1. Blok M - Kota
2. Pulo Gadung 1 - Harmoni
3. Kalideres - Pasar Baru
4. Pulo Gadung 2 - Dukuh Atas
5. Kp.Melayu - Ancol
6. Ragunan - Dukuh Atas 2
7. Kp.Rambutan - Kp.Melayu
8. Lebak Bulus - Harmoni
9. Pinang Ranti - Pluit
10. PGC 2 - Tanjung Priok
11. Kp.Melayu - Pulo gebang
12. Penjaringan - Sunter Boulevard Barat
13 A. Puri Beta - Blok M. 

Tak cuma itu, jadwal keberangkatan bus pun kini setiap 20 menit sekali. Pemerintah memang mendorong penggunaan transportasi umum. Namun di tengah penyebaran wabah virus Corona, penggunaan transportasi umum justru diminta untuk diminimalisir. Oleh karena itu, kebijakan ganjil-genap di 25 ruas jalan Ibu Kota ditiadakan untuk sementara waktu. Tujuannya agar masyarakat Jakarta saat penyebaran virus ini bisa menggunakan kendaraan pribadi guna mengurangi interaksi dengan siapapun. 

>>> Temukan berbagai berita terkini, tips, dan pilihan mobil di Cintamobil.com

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top