Duh! Negara Rugi Rp 43 Triliun Gara-gara Truk ODOL

05/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Truk ODOL (Over Dimension Over Loading) nyatanya tak hanya menyumbang angka kecelakaan. Truk ini juga merugikan negara hingga Rp 43 triliun dalam setahun.

Truk Over Dimension Over Loading (ODOL) masih menjadi masalah serius di jalanan Indonesia. Bagaimana tidak, kecelakaan truk merupakan yang terbesar kedua setelah sepeda motor.

Truk ODOL sangat berbahaya karena berpotensi menimbulkan kecelakaan seperti rangka patah. Hal itu kerap terjadi karena si pengguna tidak memperhitungkan dan mempertimbangkan kekuatan dari truk itu sendiri. Bukan cuma soal kecelakaannya saja, truk ODOL juga merugikan negara hingga Rp 43 triliun dalam setahun. 

Foto menunjukkan Kecelakaan truk di Tol Jakarta-Cikampek

Truk ODOL kerap timbulkan kecelakaan

>>> Jangan Nekat Nyelinap Mudik Naik Truk, Berbahaya!

Truk ODOL Bikin Negara Rugi Rp 43 Triliun

Dalam data yang dihimpun Kementerian Perhubungan, dari monitoring truk angkutan barang di 73 UPPKB, ada sekitar 2.073.698 kendaraan yang masuk UPPKB, sekitar 39% atau sebanyak 809.496 unit truk yang melanggar.

"Pelanggaran terbanyak truk overloading 84%. Truk ini menimbulkan biaya sosial cukup tinggi, berkontribusi besar terhadap polusi dan kerusakan jalan. Berdasarkan laporan Kementerian PUPR dalam 1 tahun kerugian negara akibat truk ODOL mencapai Rp 43 triliun," ungkap Direktur Jenderal Hubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiadi dalam webinar internasional bertajuk “Benchmarking On The Regulation And Policy On Overdimension And Overloading Trucking Against Other Countries. 

Upaya untuk mengurangi aktivitas kendaraan ODOL adalah dengan melarang kendaraan berlebih muatan dan dimensi tersebut memasuki jalan tol juga dengan memaksimalkan pengoperasian UPPKB di jalan nasional.

Upaya ini juga ditujukan untuk keselamatan dan mengalihkan sebagian angkutan jalan ke moda lain seperti angkutan kereta dan angkutan laut.

“Upaya lain sebagai bentuk keseriusan dalam pemberantasan pelaku ODOL, Kemenhub bekerjasama dengan Kepolisian RI dan Pemda telah melakukan upaya serius, diantaranya normalisasi kendaraan truk over dimensi. Selain itu, inovasi dalam bentuk pemulihan keadilan bagi pelaku yang berniat baik untuk mengembalikan kendaraannya ke kondisi semula pada bengkel resmi juga sedang digalakkan. Ditargetkan Indonesia dapat bebas ODOL pada tahun 2023,” beber Budi.

>>> 80% Kecelakaan Bus dan Truk karena Rem Blong Disebabkan Sopir Tak Ahli

Gambar menunjukan Truk odol

Tahun 2023 diharapkan tak ada lagi kendaraan ODOL

Diharap Bisa Mencontoh Negara Lain Atasi Truk Kelebihan Muatan

Dalam kesempatan yang sama Dir. Lalin Jalan Ditjen Hubdat , Suharto menyampaikan salah satu upaya untuk mencapai zero truk ODOL 2023 dapat diraih melalui webinar internasional tersebut.

Dengan webinar setidaknya membuka mata serta memberikan pemahaman dalam mengatur pengoperasian kendaraan angkutan barang di jalan dengan tolok ukur dari pengalaman implementasinya di negara-negara lain. Kolaborasi antara Indonesia, USA, Korea Selatan, Thailand, Perancis dan semua pemerintahan, pengusaha angkutan barang dan pihak-pihak yang terlibat, terus berlanjut. 

>>> Sistem Gerak Truk : Dari 4x2 Sampai 8x8

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top