Duh! Masih Ada Aja Fortuner Pakai Pelat Nomor Polisi Palsu Begini

21/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Pelat nomor polisi palsu masih sering digunakan masyarakat sipil supaya lebih disegani di jalan. Padahal penggunaan dan pembuatannya tak bisa sembarangan lho!

Pelat nomor khusus yang diperuntukan bagi polisi, TNI, hingga pejabat pemerintah cukup menarik minat masyarakat untuk menggunakannya. Kalau diperhatikan masih ada masyarakat sipil yang nekat menggunakan pelat nomor polisi palsu tak sesuai peruntukannya. 

Misalnya Toyota Fortuner berpelat polisi yang satu ini. Terlihat dalam video yang diunggah akun tmcpoldametro, Fortuner berkelir hitam tersebut disetop di kawasan Jatinegara untuk dimintai keterangan penggunaan pelat polisi 351-00. 

>>> Plat Nomor 'RF' Tak Sakti, Langgar Lalu Lintas Bakal Ditindak

Pelat Nomor Polisi Tak Diperuntukan Bagi Sembarang Orang

pelat nomor polisi

Pelat polisi ini rupanya palsu

Semula, polisi meminta pengendara ini turun dari mobil untuk diperiksa. Namun si pengendara berkelit dan meminta waktu untuk menghubungi rekannya yang disebut memberikan pelat polisi tersebut. Polisi pun menyebut STNK pelat nomor polisi yang tertera pada Fortuner tersebut palsu. 

"Kenapa pakai pelat polisi? Mana STNK-nya? Ini palsu ya," ungkap petugas bernama Yosep dalam video yang dilihat Cintamobil, Jumat (21/5/2021). 

Ya, penggunaan pelat polisi atau kedinasan lain di tengah masyarakat biasa bertujuan agar perjalanannya bisa mulus. Biasanya mobil dengan pelat nomor khusus tersebut lebih disegani pengguna jalan lain dan cenderung bersikap arogan. 

Padahal tak ada yang istimewa di jalan kecuali sederet kendaraan yang diatur dalam UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yakni ambulans yang membawa jenazah atau ambulans orang yang sedang menolong kecelakaan, tamu negara, serta konvoi yang memang membutuhkan pengawalan.

Demikian pula dengan penggunaan pelat polisi ataupun pejabat lain di jalan. Penggunaannya tak sembarangan melainkan diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2012 tentang Penerbitan Rekomendasi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor Khusus dan Rahasia bagi Kendaraan Bermotor Dinas. 

Penggunaan Pelat Polisi Bakal Diawasi

pelat nomor polisi

Penggunaannya tak sembarangan dan bakal diawasi

STNK Khusus diterbitkan untuk kendaraan bermotor dinas TNI, Polri, dan instansi pemerintahan yang digunakan oleh pejabat eselon tertentu di lingkungan instansinya dalam rangka menjamin/memelihara keamanan/pengamanan bagi pejabat yang bersangkutan. 

Di situ tertulis TNKB Khusus dengan spesifikasi tertentu serta nomor registrasi khusus yang diterbitkan Polri dan berisikan kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada kendaraan dinas yang digunakan pejabat pemerintah. 

Pembuatan pelat polisi pun tak sembarangan bisa dilakukan oleh masyarakat sipil melainkan harus ada surat izin permohonan dari instansi terkait. Nantinya akan dikroscek ulang sebelum akhirnya pelat polisi tersebut bisa keluar. Penggunaannya pun bakal diawasi oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di lingkungan Polri. 

>>> Biar Mudah Dikenali, Pelat Nomor Kendaraan Listrik Dibikin Beda

Tags: pelat nomor
Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top