Duet Renault-Volkswagen Siap Rakit Mobil di Indonesia

03/02/2019

Pasar mobil
Share this post:
Duet Renault-Volkswagen Siap Rakit Mobil di Indonesia
Duet merek Eropa, Renault dan Volkswagen, akan memasuki industri Indonesia dengan merakit mobil-mobil buatannya di Indonesia, sebagaimana dijelaskan oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Dilansir dari Kompas, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika menyebutkan bahwa kedua perusahaan tersebut akan menggunakan fasilitas perakitan yang sudah tersedia. "Ada Renault dan Volkswagen, nanti mereka akan line dulu, jadi memulai dengan merakit tapi mereka akan memakai atau memanfaatkan general assembler yang sudah ada," ungkapnya beberapa waktu lalu.

mobil Volkswagen dan Renault berwarna hijau dan putih

Renault dan Volkswagen akan memakai fasilitas perakitan di Indonesia

>>> KMI Bantah Bubar, Ini Yang Terjadi Pada APM Kia

Masuknya Renault dan Volkswagen ditengarai untuk memaksimalkan kapasitas produksi mobil di Indonesia. Menurut Putu, Indonesia baru menggunakan produksi mobil 1.2 juta unit, dari 2.2 juta unit kapasitas saat ini.

Renault yang saat ini dipegang oleh Group Nusantara melalui Maxindo Renault Indonesia, disebut akan lebih agresif untuk memasarkan produk-produk mereka di Indonesia. Keinginan untuk berinvestasi dan menggunakan pabrik fasilitas perakitan merupakan upaya Renault untuk lebih kompetitif di pasar otomotif Indonesia.

>>> Dapatkan berita pasar mobil terlengkap hanya di Cintamobil.com

Industri otomotif Tanah Air menjadi salah satu pasar yang menarik bagi produsen-produsen kelas dunia. Putu melanjutkan bahwa saat ini ada beberapa merek lain yang siap untuk berinvestasi di Indonesia, meskipun belum diumumkan. Pun dengan rencana pembangunan pabrik mobil listrik milik Hyundai. Namun ‘merek Asia” tersebut belum siap untuk mengumumkan niat mereka secara resmi.

mobil listrik Hyundai berwarna putih

Selain VW dan Renault, Hyundai akan membuka investasi mobil listrik di Indonesia

"Saya sampaikan memang banyak sekali yang ingin berinvestasi di Indonesia. Selain Eropa, ada merek Asia juga, tapi memang ada yang belum mau terpublikasi, jadi ditunggu saja tanggal mainnya," ucap Putu.

Hyundai yang Bersama dengan merek Kia adalah pembuat mobil nomor lima dunia berdasarkan penjualan, memang belum secara terbuka mengomentari rencananya untuk Indonesia. Pabrikan asal Korea Selatan tersebut mengungkapkan bahwa mereka “mempertimbangkan berbagai cara untuk memperluas” pasar baru, termasuk Asia Tenggara.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Tanggapi Rencana Investasi Hyundai, Indonesia Siapkan Peraturan Kendaraan Listrik

16/01/2019

Pasar mobil

Setelah sekian lama, Indonesia siap untuk membahas peraturan pertama kendaraan listrik pada Senin (14/1) dalam rangka menemui perwakilan Hyundai pada akhir Januari nanti untuk membahas rencana investasi proyek kendaraan hijau.

Lihat juga

Hyundai Investasikan 13 Triliun untuk Pabrik Mobil Listrik di Indonesia

25/12/2018

Pasar mobil

Akhirnya era mobil listrik masuk ke Tanah Air. Melalui program mobil listrik dari Hyundai, pabrikan asal Korea Selatan tersebut mengumumkan investasi senilai $ 880 juta beberapa waktu lalu.

Lihat juga

Renault-Nissan-Mitsubishi Ikut Tanamkan Sistem Infotainment Berbasis Android

Aliansi otomotif Renault-Nissan-Mitsubishi mengumumkan kemitraan mereka dengan Google untuk menanamkan sistem infotainment berbasis Android di kendaraan masa depannya.

Lihat juga

Kerjasama Volkswagen dan Ford Khususkan Pengembangan Kendaraan Listrik

17/01/2019

Pasar mobil

Volkswagen dan Ford semakin serius tentang kemitraan dengan secara resmi mengumumkan rencana kolaborasi pengembangan truk pikap berukuran menengah pada tahun 2022.

Lihat juga

Rumor Penggabungan Ford dan Volkswagen, Terbesar Sepanjang Sejarah Otomotif

19/10/2018

Pasar mobil

Beberapa sumber menyebutkan penggabungan Ford dan Volkswagen sedang dalam proses pengerjaan. Jika hal ini benar terjadi, kerjasama ini bisa menjadi penggabungan terbesar dalam sejarah industri otomotif.

Lihat juga