Duduk di Kabin Rolls-Royce Ghost Bisa Bikin Mual

22/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Duduk di Kabin Rolls-Royce Ghost Bisa Bikin Mual
Rolls-Royce Ghost tentunya menawarkan kesempurnaan dalam setiap sisinya sesuai yang diharapkan konsumen. Namun ternyata, karena terlalu berkualitas, malah menimbulkan sisi negatif.

Bukan Rolls-Royce namanya kalau tidak menghadirkan kemewahan dalam setiap lini produknya. Apapun yang ditawarkan pabrikan mobil premium itu, selalu disuguhkan dengan kualitas yang terbaik. Termasuk untuk Ghost terbaru.

Rolls-Royce Ghost generasi kedua sudah diperkenalkan beberapa waktu lalu. Mobil ini juga diklaim menawarkan hal yang terbaik dalam setiap sisinya. Mulai dari desain yang mewah, kenyamanan ruang kabin, hingga mesin 6.750 cc V12 twin-turbo bertenaga 563 hp yang sanggup membawa kemana pun pemiliknya pergi tanpa hambatan.

Namun belum lama ini sebuah laporan unik menunjukkan adanya keluhan terhadap Rolls-Royce Ghost terbaru. Akibat terlalu heningnya situasi di dalam kabin kendaraan tersebut, ternyata malah bisa membuat mual para penumpangnya. Lho kok bisa??

>>> 7 Fitur Rolls-Royce Ghost Bikin Berkendara Serasa di Atas Karpet Terbang

Lapisan Bodi Rolls-Royce Ghost Dibuat Ekstra Tebal

Rolls-Royce Ghost 2021

Rolls-Royce menggunakan material aluminium yang membuat bodi lebih ringan sekaligus kedap suara

Rolls-Royce memang sudah mengumumkan kalau Ghost generasi kedua tak lagi menggunakan rangka baja seperti Ghost sebelumnya, namun perusahaan memilih bahan aluminium. Material ini dipercaya membantu pengurangan berat mobil secara keseluruhan sekaligus meningkatkan kekedapan suara yang masuk ke kabin. Apalagi bagian atap, bagasi, dan lantai ditambahkan pula lapisan penyerap suara tambahan yang totalnya mencapai lebih dari 90 kilogram.

Ternyata apa yang dilakukan Rolls-Royce ini membuat suasana kabin Ghost terlampau hening. Seperti dikutip dari Carbuzz, Kamis (22/10/2020), Chief Enginerr Rolls-Royce, Jon Simms mengungkapkan, saat proses pengembangan Ghost terbaru, ruang kabin mobil tersebut ternyata begitu sunyi hingga menyebabkan orang-orang yang ada di dalamnya menjadi pusing dan mual hingga ingin muntah.

Penyebabnya, saat masuk ke kabin Rolls-Royce Ghost, maka seseorang akan sama-sekali tak mendengar suara dari luar. Semua penumpang akan seperti terputus dari dunia luar. Ini terjadi karena Rolls-Royce memang menginginkan kabin Ghost menjadi kantor berjalan setiap konsumennya. Sehingga diharapkan dengan menciptakan ruangan yang sunyi, dapat membantu tetap menjaga konsentrasi pemilik mobil saat harus melanjutkan pekerjaan di perjalanan.

>>> Cara Sederhana Mencegah Penularan Virus Lewat Udara di Kabin Mobil

Mobil Pun Terpaksa Dibuat Lebih Berisik

Rolls-Royce Ghost Extended interior

Kabin Ghost dianggap terlalu hening, sehingga penumpang seolah-olah terputus dengan dunia luar

>>> Review Rolls-Royce Cullinan Black Badge 2019: Ekspresi Sisi Agresif Sang Ultra Luxury SUV

Namun rupanya karena seperti merasa seperti terputus dengan dunia luar akibat sama sekali tak mendengar suara, maka penumpang Rolls-Royce Ghost malah menjadi pusing dan mual. Lalu bagaimana perusahaan mengatasi hal ini?

Para teknisi Rolls-Royce pun akhirnya berusaha membuat kabin mobil itu sedikit lebih berisik. Mulai dari membiarkan beberapa komponen bergetar dengan frekuensi rendah serta membuat sedikit bunyi-bunyian dari bagian bagasi. Lantas para teknisi juga mengkalibrasi ulang mesin V12 mobil ini supaya menawarkan suara yang lebih kasar saat ada di mode Sport atau Track. Selanjutnya lapisan peredam di pintu juga sedikit dipangkas agar ada sedikit suara dari luar dan gesekan ban masuk ke kabin namun tidak sampai mengganggu penumpang di dalamnya.

Sungguh jarang sebuah perusahaan mobil melakukan segala upaya agar kabin kendaraan yang mereka produksi menjadi berisik. Namun menurut Jon Simms, Rolls-Royce bukan perusahaan otomotif biasa, karena mereka akan selalu mendengar keluhan dan masukan dari setiap konsumennya.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top