Dua Karyawan Positif Corona, Toyota Tutup Produksi Corolla di Jepang

23/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Dua Karyawan Positif Corona, Toyota Tutup Produksi Corolla di Jepang
Toyota memutuskan menutup line produksi Corolla di Jepang setelah dua karyawannya positif terjangkit virus Corona. Penutupan dilakukan untuk waktu 3 hari.

Lagi, pandemi virus Corona (COVID-19) memberi dampak besar terhadap industri otomotif. Menyusul sejumlah pabrik mobil yang berhenti sementara beroperasi karena virus mematikan tersebut, COVID-19 juga mulai mempengaruhi pabrikan mobil di Jepang. Adalah Toyota yang menutup salah satu jalur produksinya di Takaoka Plant Toyota City, Jepang.

Foto menunjukkan Logo Toyota di Plant Takaoka Jepang

Toyota mulai terpengaruh pandemi Corona, COVID-19

Dalam rilis resminya, (22/3/2020) disampaikan Toyota memutuskan menutup sementara produksi di pabrik tersebut setelah dua karyawannya dinyatakan positif Corona 19 Maret 2020 lalu. Kronologi bermula saat saat salah satu karyawan (Karyawan B) tidak datang sejak mengalami demam pada malam 18 Maret. Pada 21 Maret dilakukan tes virus COVID-19 dan pada 22 Maret dinyatakan positif terkena virus. Karyawan yang satunya (Karyawan A) juga dinyatakan positif Corona pada hari yang sama setelah sebelumnya melakukan kontak langsung dengan Karyawan B pada 19 Maret.

Mengantisipasi penyebaran virus yang lebih parah, Toyota melakukan tindakan preventif menyeluruh. Sebanyak 33 karyawan yang bekerja dalam satu line produksi diliburkan dan diperintahkan untuk tinggal di rumah. Sementara di lokasi produksi tempat dimana virus pertama menyebar dilakukan tindakan disinfeksi menyeluruh dan dinyatakan tutup pada 23-25 Maret 2020. Akibat dari penutupan ini, lini produksi pabrik Takaoka # 1 akan menghentikan produksi untuk periode yang sama.

"Kami akan menutup gedung tempat kedua karyawan bekerja selama 3 hari kerja, dari 23 hingga 25 Maret, untuk mendisinfeksi lagi tempat kerja dan mempertimbangkan tindakan pencegahan tambahan yang mungkin diperlukan untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut." tulis Toyota.

>>> Pulih di China, Toyota Stop Produksi di Perancis, Portugal, dan Filipina

Foto menujukkan proses produksi di Toyota Plant Takaoka, Jepang

Produksi dihentikan setelah dua karyawan Toyota Jepang dinyatakan positif Corona

Sebagai informasi, pabrik Takaoka # 1 saat ini memproduksi Toyota Corolla dan crossover Toyota Harrier. Sebagai solusi untuk tetap memenuhi permintaan konsumen, Toyota mendatangkan Corolla yang diproduksi di pabrik Thailand.

Jepang nampaknya memiliki kendali yang baik atas pandemi virus Corona (COVID-19). Meski demikian tidak menutup kemungkinan terjadi penutupan pabrik otomotif secara besar-besaran seperti kasus yang terjadi di Eropa.

>>> Review Toyota Corolla Altis GR Sport 2019: Ketika Gazoo Racing Sport Ikut Kembangkan Sedan Legendaris

Foto menunjukkan Toyota Corolla Sport tampak dari samping depan

Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, Toyota Jepang mendatangkan Corolla dari Thailand

>>> Berita mobil baru yang baru diluncurkan di dunia bisa Anda cari disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top