Dua Jalan Tol Baru di Jaringan JORR Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun

12/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dua Jalan Tol Baru di Jaringan JORR Ditargetkan Beroperasi Akhir Tahun
PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan dua jalan tol baru di jaringan Tol JORR II segera selesai dan bisa dioperasikan pada akhir tahun secara fungsional.

Jasa Marga kembali mengumumkan progres pembangunan dua jalan tol baru di jaringan Jalan Tol JORR II, yaitu Jalan Tol Serpong-Cinere dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran. Keduanya ditargetkan bisa beroperasi akhir tahun 2020 meskipun sebatas fungsional.

Tol Serpong-Cinere

Ada peningkatan signifikan progres pembangunan jalan Tol Serpong-Cinere yang dikelola PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) ini, baik dalam hal pembebasan lahan maupun konstruksi pembangunan.

"Progres pembebasan lahan Jalan Tol Serpong-Cinere secara keseluruhan telah mencapai 92,17% sedangkan konstruksinya hingga 30 Juli 2020 telah mencapai 83,33% dan diperkirakan dapat difungsionalkan bulan Desember 2020," tutur Direktur Utama PT CSJ Ayu Widya Kiswari, sebagaimana dirilis Jasa Marga (10/8/2020).

>>> Mengenal Perbedaan Sistem Transaksi di Jalan Tol

Foto menunjukkan progres pembangunan Jalan Tol Serpong-Cinere

Dua jalan tol baru, Serpong-Cinere dan Cengkareng-Batuceper-Kunciran ditargetkan beroperasi secara penuh pada 2021

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 Km dan terbagi menjadi 2 seksi yaitu Seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 Km dan Seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 Km. Ruas Jalan Tol Serpong - Cinere akan melintasi wilayah Serpong (Jombang), Serua, Ciputat, Pamulang, dan Pondok Cabe/Cinere. Tol ini juga memiliki 1 junction yang terhubung dengan ruas Jakarta-Serpong dan Serpong-Kunciran serta 1 interchange yang terhubung dengan Jalan Nasional RE Martadinata.

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran

Berbeda tipis dengan Tol Serpong-Cinere, progres pembangunan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran juga memasuki tahap akhir, yaitu 89,94% untuk pembebasan lahan dan 87,11% untuk konstruksi. PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) selaku pengelola juga menyatakan siap mengoperasikan pada akhir tahun.

"Direncanakan akhir Tahun 2020, seluruh Seksi Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran siap dioperasikan secara fungsional," ungkap Direktur PT JKC, Agus Suharjanto.

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran memiliki panjang total 14,19 Km dan terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu

  • Seksi I Simpang Susun Kunciran - Underpass Tirtayasa (2,04 Km),
  • Seksi II Underpass Tirtayasa - Underpass Benteng Betawi (3,52 Km),
  • Seksi III di Underpass Benteng Betawi - Underpass Husein Sastranegara (6,57 Km), dan
  • Seksi IV Underpass Husein Sastranegara - Simpang Susun Benda (2,06 Km).

>>> Akses Keluar Rawa Bokor Jalan Tol Sedyatmo Ditutup Permanen

Foto menunjukkan Gerbang Tol Kunciran 4

Gerbang Tol Kunciran 4, wajib non tunai

Mundur karena COVID-19

Dua jalan tol baru di atas sebenarnya ditargetkan selesai lebih cepat. Namun karena muncul pandemi COVID-19 target terpaksa diundur. Pihak pengelola harus melakukan penyesuaian dan mengikuti arahan pemerintah melakukan tindakan pencegahan.

Setelah sempat diliburkan beberapa waktu, pembangunan kembali dilanjutkan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Setiap orang yang berada di lingkungan proyek harus menjalani pengukuran suhu tubuh secara rutin dan menerapkan prinsip physical distancing. Pengelola juga melakukan penyemprotan desinfektan pada sarana dan prasarana kantor dan lapangan.

>>> Simak berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Mengenal Perbedaan Sistem Transaksi di Jalan Tol

12/08/2020

Pengemudian

3 menit

Mesipun tidak wajib, pengendara sebaiknya mengetahui perbedaan Sistem Transaksi Terbuka dan Tertutup jalan tol, serta kelebihan yang dimiliki masing-masing.

Lihat juga

Fasilitas di Rest Area KM 360B Jalan Tol Semarang-Batang Bertambah

10/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga menambah 4 fasilitas baru di Rest Area KM 360B Jalan Tol Semarang-Batang sebagai upaya meningkatkan pelayanan dan kenyamanan kepada pengguna jalan tol.

Lihat juga

Progres Jalan Tol Probowangi, Pembebasan Lahan Seksi 1 Capai 18,76%

09/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Tahap pembangunan jalan Tol Probowangi (Probolinggo-Banyuwangi) berlanjut. Hingga akhir Juli progres sudah mencapai 18,76 persen untuk pembebasan lahan Seksi 1.

Lihat juga

Lebih dari 70% Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Berada di Kabupaten Magelang

07/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Dengan panjang sekitar 70 km, jalan Tol Yogyakarta-Bawen melewati banyak wilayah. Dan lebih dari 70 persen lokasinya berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Lihat juga

Hati-Hati, Mulai Hari Ini Ada Perbaikan Jalan Tol Jakarta-Cikampek

04/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Jasa Marga melakukan pekerjaan perbaikan jalan Tol Jakarta-Cikampek mulai hari ini hingga sepekan ke depan. Pengendara diminta berhati-hati dan waspada.

Lihat juga
 
back to top