Tak Semua Bank-Leasing Bisa Kasih DP 0 Persen saat Kredit Kendaraan

19/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Tak Semua Bank-Leasing Bisa Kasih DP 0 Persen saat Kredit Kendaraan
Pemerintah mulai menerapkan kebijakan DP 0 persen untuk kredit kendaraan bermotor Maret 2021. Perlu diketahui bank dan leasing harus memenuhi syarat tertentu.

Sebagai salah satu sektor yang diandalkan, pemerintah merasa perlu untuk memberikan stimulasi bagi industri otomotif Indonesia. Maka dari itu sejumlah kebijakan telah disiapkan agar industri otomotif Tanah Air bisa kembali pulih. 

Salah satu kebijakan untuk mendukung industri otomotif adalah penerapan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pada segmen kendaraan 4x2 dan sedan dengan kapasitas di bawah 1.500 cc. Kendaraannya pun harus dirakit dalam negeri dengan minimal Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebesar 70%. 

DP 0 persen

DP 0% berlaku mulai Maret 2021

>>> Selain Dapat Diskon Pajak, Beli Mobil Baru Juga Bisa DP 0%

DP 0 Persen Sebagai Bauran Relaksasi PPnBM

Bersamaan dengan itu, pemerintah juga akan melonggarkan uang muka Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) menjadi 0 persen. Artinya, kendaraan dapat dibeli tanpa membayarkan uang muka atau Down Payment (DP) terlebih dahulu.  

"Melonggarkan ketentuan Uang Muka Kredit/Pembiayaan Kendaraan Bermotor menjadi paling sedikit 0% untuk semua jenis kendaraaan bermotor baru, untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan tetap memerhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko, berlaku efektif 1 Maret 2021 sampai dengan 31 Desember 2021," terang Gubernur BI Perry Warjiyo dalam keterangannya. 

Adapun persyaratan penerapan DP 0 persen bagi bank ataupun lembaga pembiayaan adalah sebagai berikut. 

1. Rasio Kredit/Pembiayaan bermasalah secara bruto <5%; dan
2. Rasio KKB/PKB bermasalah secara neto <5%.

Apabila bank tidak memenuhi persyaratan itu, maka ketentuan uang muka yang berlaku adalah

a. untuk pembelian kendaraan bermotor roda dua tidak berwawasan lingkungan, paling sedikit 10%;
b. untuk pembelian kendaraan bermotor roda tiga atau lebih yang tidak diperuntukkan bagi kegiatan produktif, paling sedikit 10%; dan
c. untuk pembelian kendaraan bermotor roda tiga atau lebih yang diperuntukkan bagi kegiatan produktif, paling sedikit 5%.

>>> Harga Mobil Bekas Turun karena Ada Relaksasi PPnBM?

Berlaku untuk Semua Kendaraan

penjualan mobil

Penjualan mobil diharapkan bisa pulih

Penerapan kebijakan DP 0 persen berlaku untuk semua jenis kendaraan bermotor baik itu roda dua, roda tiga/lebih (nonproduktif), dan roda tiga/lebih (produktif). Ketentuan DP 0% juga bisa digunakan bagi mereka yang ingin memiliki kendaraan baik itu Kendaraan Bermotor Tidak Berwawasan Lingkungan ataupun Kendaraan Bermotor Berwawasan Lingkungan.

Sekadar informasi, Kendaraan Bermotor Berwawasan Lingkungan adalah kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sebagaimana dimaksud dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (battery electric vehicle) untuk transportasi jalan.

>>> Kredit Mobil Tanpa DP Angsuran 1 Juta Benar atau Hoax?

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top