Dominasi Produk Mitsubishi FUSO Di Pasar Jadi Kado 50 Tahun KTB Di Indonesia

30/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Dominasi produk Mitsubishi FUSO series baik FUSO Canter maupun FUSO FIGHTER sudah tak perlu diragukan lagi dan bisa jadi kado istimewa 50 th KTB di Indonesia

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC), kembali membuktikan posisinya sebagai brand kendaraan niaga paling populer dan terpercaya di Indonesia. KTB memperoleh pangsa pasar absolut, 48.1% di tahun 2020 (meningkat 4.8 poin dari tahun 2019) di tengah kondisi pandemi, di mana pasar kendaraan niaga mengalami penurunan sebesar 48.2% dari tahun sebelumnya.

Sambut 50 Tahun Dengan Penjualan Dominan

Di tahun 2020, adanya aturan menjaga jarak selama PSBB telah mengubah paradigma interaksi antara perusahaan dan pelanggannya. Namun, perubahan ini tidak mengurangi komitmen KTB, bahkan memperkuat komitmennya untuk melayani pelanggan. Agar komunikasi dengan pelanggan tetap terjaga selama PSBB berlangsung, KTB dengan sigap beradaptasi, tetap terkoneksi dengan pelanggan melalui perangkat digital.

Foto Mitsubishi FUSO x Tokopedia

Program penjualan di Tokopedia bisa dibilang menarik minat pengusaha

Perangkat digital yang dimaksud KTB adalah seperti virtual gathering, media sosial, transaksi online melalui Tokopedia, hingga program service di rumah. FUSO End Year Program sebagai perayaan 50 Tahun KTB dimulai sejak bulan November telah menarik 3,000 pelanggan untuk menghadiri acara yang dilakukan secara virtual, serta 10,000 pelanggan yang mendaftar program Lucky Draw pada 21 Januari 2021.

Gambar Naoya 'Rocky' Takai

Naoya Takai alias Rocky

“Dalam menghadapi pandemi, saya pastikan kembali bahwa sudah menjadi prioritas utama kami dalam mendukung pelanggan dalam kondisi apapun. Tanggung jawab kami memastikan armada pelanggan selalu dalam kondisi optimal," ujar Naoya Takai alias Rocky, selaku Presiden Direktur KTB dikutip Cintamobil.com. KTB juga menawarkan berbagai program layanan purna jual diantaranya Mobile Workshop Service, kemudian sistem telematik Runner, yang terbukti positif dapat meningkatkan efektivitas operasional.

>>> Naoya Takai Pegang Roda Kemudi Mitsubishi Fuso Indonesia

Penjualan Mitsubishi FUSO Sepanjang 2020

Mitsubishi Fuso mencatat 24,000 unit kendaraan terjual selama tahun 2020, dengan pangsa pasar 48.1%, di tengah penurunan pasar yang cukup signifikan: 49,921 unit di tahun 2020, turun 48.2% dari sebelumnya 96,465 unit di tahun 2019.  Kontribusi terbesar penjualan Mitsubishi Fuso berasal dari segmen light duty truck (LDT), produk Colt Diesel terjual sebanyak 22,243, dengan pangsa pasar absolut 58%, kemudian di segmen medium duty truck (MDT),  produk FUSO dan FIGHTER terjual sebanyak 1,757 unit dengan pangsa pasar 22.4%.

Foto emblem FIGHTER di Mitsubishi FUSO Fighter

Fighter jadi andalan baru KTB di Medium Duty Truck

FUSO FIGHTER, generasi baru MDT dari Fuso series, dilengkapi dengan peningkatan fitur keselamatan dan kenyamanan serta mesin berteknologi common-rail. Sejak peluncurannya di tahun 2019, produk ini diterima dengan baik oleh pelanggan. Nantinya semua kendaraan niaga diwajibkan menggunakan mesin common-rail pada saat implementasi EURO-4 dilaksanakan. Untuk itu, KTB sebagai pelopor dari teknologi ini, akan fokus melakukan sosialisasi untuk pemahaman pelanggan yang lebih baik. KTB akan terus berkomitmen untuk menjadi Andalan Bisnis Sejati yang senantiasa mendukung pelanggan untuk 50 tahun mendatang.

>>> Ini dia kecanggihan Mitsubishi Fuso Canter EV

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top