Ditlantas Polda Jatim Amankan Puluhan Travel Gelap yang Masih Bandel

14/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ditlantas Polda Jatim Amankan Puluhan Travel Gelap yang Masih Bandel
Berdasarkan SE Menhub yang melarang perjalanan mudik untuk masyarakat di tahun ini, Ditlantas Polda Jatim berhasil amankan 54 Travel Gelap Antar Provinsi.

Ditlantas Polda Jatim berhasil mengamankan sebanyak 54 kendaraan travel gelap hingga bus yang diduga untuk mengangkut pemudik. Pengamanan ini dilakukan karena kendaraan tersebut sengaja mengelabui petugas untuk melakukan perjalanan mudik antardaerah.

>>> Transportasi Loyo, Uber Fokus ke Jasa Pengiriman Makanan

Gambar menunjukan pengamanan Travel gelap

Ditlantas Polda Jatim berhasil amankan puluhan kendaraan travel gelap hingga bus

Dirlantas Polda Jatim Kombes Budi Indra Dermawan menyebut pengamanan kendaraan trevel gelap ini sesuai dengan SE Menhub yang melarang perjalanan mudik masyarakat demi memutus mata rantai penyebaran Covid19.

“Kami sudah melakukan telegram ke jajaran tanggal 11 Mei, untuk melakukan penindakan kendaraan bermotor dengan bermodus kendaraan pribadi, travel umum, sudah kita temukan di sini ada 54 kendaraan, jadi mereka indikasinya tidak ada izin trayek,” kata Budi di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Kamis (14/5/2020) seperti dikutip dari laman NTMC Polri.

>>> Auto2000 Gandeng Komunitas Toyota Ciptakan Konten Edukasi di Sosial Media

Gambar menunjukan Mobil di jalan raya

Surat Edaran (SE) Menhub telah mengatur larangan perjalanan mudik untuk masyarakat di tahun ini

Dirlantas menambahkan puluhan kendaraan ini memiliki tujuan bervariasi. Ada yang antar kabupaten atau kota di Jatim, ada pula yang hendak keluar Jatim. Penangkapan kendaraan ini dilakukan oleh seluruh jajaran Ditlantas Polda Jatim.

“Ada yang Jember menuju ke Madura, ada yang Jatim akan menuju Jateng. Jadi antardaerah di dalam provinsi atau yang di luar provinsi. Jadi kemarin di Tanjung Perak 7 ke Madura itu dari Jember. Jadi variasi, kita lihat ini menggunakan kendaraan yang tanpa izin,” paparnya.

>>> Kia Picanto Berwajah Baru Meluncur, Dijual Seharga Rp 142 Jutaan

Penindakan travel gelap ini, lanjut Dirlantas sesuai dengan pasal 308 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) yang siap menindak siapapun yang tak mematuhi aturan. Selain kendaraan, Budi menyebut pihaknya juga menyita sejumlah surat-surat pada kendaraan tersebut. Lalu, sampai kapan kendaraan ini akan disita?

“Kita sampai selesai operasi tanggal 31 Mei, penyitaan bisa kendaraan bisa surat, ini supaya memberikan efek jera bagi yang lain bahwa kami tetap komit dengan dinas perhubungan tentang mudik itu dilarang. Sekali lagi yang kita lakukan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kita minta masyarakat kerja sama tetap tinggal di rumah masing-masing.” tutupnya.

>>> Cek harga mobil baru yang paling lengkap beserta diskon dan promonya di sini 

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Polda Metro Jaya Amankan 202 Travel Gelap Angkut Pemudik di Jalur Tikus

11/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Kepolisian Daerah Metropolitan Jakarta Raya berhasil amankan sebanyak 202 travel gelap yang masih beroperasi angkut pemudik dengan memanfaatkan jalur tikus.

Lihat juga

44 Travel Ilegal Ditindak Selama 16 Hari Operasi Ketupat 2020

11/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Ditlantas Polda Metro Jaya berhasil menindak 44 travel ilegal selama 16 hari pelaksanaan Operasi Ketupat 2020 dikarenakan tidak memiliki izin operasional.

Lihat juga

Polisi Perketat Awasi Travel Gelap yang Masih Ngeyel Antarkan Pemudik

11/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Melalui pos-pos pemeriksaan Operasi Ketupat Covid-19 2020, Polisi akan memperketat pengawasan para travel gelap yang masih nekat akan mengantarkan penumpangnya untuk mudik ke kampung halaman.

Lihat juga

Marak, Travel Gelap Disewa Buat Angkut Pemudik

09/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Kini mulai marak modus baru untuk penyelundupan pemudik, yaitu calon pemudik sengaja menyewa jasa travel gelap untuk membawanya ke kampung halaman mereka.

Lihat juga

Sejarah Toyota HiAce, Dari Pikap Hingga Bisnis Tour dan Travel nan Ekonomis

22/08/2019

Pasar mobil

5 menit

Toyota HiAce akhirnya mendapatkan varian baru yang berasal dari generasi keenam. Penjualan HiAce Premio menandai sejarah Toyota HiAce selama lebih dari 50 tahun di Indonesia. Lalu, bagaimana perkembangan salah satu kendaraan pengangkut penumpang Toyota ini?

Lihat juga
 
back to top