Ditlantas Polda Banten Dirikan Pos Check Point, Ini Lokasinya

07/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ditlantas Polda Banten akan dirikan pos pengamanan atau pos check point untuk mencegah masyarakat mudik di beberapa lokasi. Catat lokasinya di bawah ini.

Menindaklanjuti larangan mudik oleh pemerintah, Ditlantas Polda Banten akan menerapkan penyekatan dan dibentuk pos check point di beberapa titik. Penyekatan dilakukan untuk menindak para pemudik dan memaksa mereka putar arah.

Gambar menunjukan Polisi di jalan

Polisi juga mengantisipasi modus adanya pemudik menggunakan kendaraan barang

Penyekatan Akan Ada di Tol Maupun di Jalur Arteri

Dirlantas Polda Banten Kombes Rudy Purnomo mengatakan, bahwa pos check point dan penyekatan diberlakukan seperti pada larangan mudik tahun lalu. Penyekatan dan pengalihan arus akan dilakukan baik di tol maupun di jalur arteri.

“Intinya kita sudah siap, mulai Senin besok kita mulai operasi keselamatan dan dilanjutkan dengan operasi ketupat,” kata Dirlantas seperti dikutip dari laman Korlantas Polri (6/4).

>>> Melihat Lagi Aturan yang Melarang Mudik Lebaran Tahun 2020

Penyekatan sekaligus pos check point dimulai dari wilayah tol Cikupa sampai ke exit tol Merak dan jalur arteri. Sedangkan di jalur arteri di Cilegon penyekatan dilakukan di Pelabuhan Merak dan Cikuasa Bawah. Penyekatan di Cikuasa Bawah memantau kendaraan roda dua ke arah Merak.

Lokasi lain yaitu Simpang Pusri untuk titik penyekatan di Kota Serang, di Cikande untuk di Kabupaten Serang. Lalu ada di Tangerang di jalur arteri Citra Raya, Jasinga dan Cilograng di Kabupaten Lebak, pertigaan Mengger untuk penyekatan Pandeglang, dan Pelabuhan Barang di Bojonegara.

“Mereka (pengendara) kita periksa, mau mudik atau tidak di pos cek point yang saya sampaikan, “Karena tidak ada larangan mobil barang, nanti naik truk sayur. Kita periksa juga, kita balikkan juga,” tandasnya.” kata Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Banten Kompol Kamarul Wahyudi 

Polisi mengantisipasi modus adanya pemudik yang menggunakan kendaraan barang. Makanya, salah satu penyekatan dilakukan di Pelabuhan Bojonegara untuk antisipasi penyelundupan pemudik di truk.

>>> Mengenal Arti Kode Plat Nomor Belakang Wilayah Jakarta dan Sekitarnya

Gambar menunjukan Presiden Jokowi

Larang mudik sudah diterapkan sejak tahun 2020 lalu

Larangan Mudik 2021

Pemerintah Indonesia secara resmi telah mengeluarkan larangan bagi masyarakat untuk mudik ke kampung halaman pada tanggal 6-17 Mei 2021. Larangan ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus Covid-19 yang masih belum mereda di Tanah air.

Larangan mudik ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang berlaku untuk seluruh lapisan masyarakat. Masyarakat diminta untuk menghindari bepergian ke luar kota pada periode tersebut.

"Larangan mudik akan dimulai dari tanggal 6-17 Mei 2021 dan sebelum dan sesudah tanggal itu dihimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pergerakan atau kegiatan-kegiatan ke luar daerah kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak dan perlu," kata  Menko PMK Muhadjir Effendy dalam konferensi pers akhir bulan lalu.

>>> Pengumuman! Masyarakat Dilarang Mudik 6-17 Mei 2021

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top