Ditengah Pandemi Ekspor Honda Tetap Jalan Terus

08/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Meskipun saat ini dunia industri sedang dilanda pandemi global virus Corona, namun PT Honda Prospect Motor tetap menyatakan ekspor Honda tetap jalan terus

Virus Corona (COVID19) belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Artinya, untuk sementara dunia industri 'dipaksa' untuk hidup berdampingan di tengah pandemi ini. Namun, meski kondisi sedang tidak bagus, namun tetap ada berita positif dari industri otomotif, salah satunya PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menyatakan ekspor Honda tetap jalan terus meski dalam kondisi pandemi ini.

EKSPOR HONDA TETAP JALAN

Gambar menunjukkan Honda Brio siap dikapalkan

Ekspor Honda tetap berjalan

Sekadar informasi, bulan Maret tahun 2019 lalu, PT HPM merayakan ulang tahunnya yang ke-20 tahun. Pada hari spesial tersebut, PT HPM memberi kado istimewa untuk Indonesia, yakni berupa tambahan devisa untuk negara yaitu ekspor mobil All New Honda Brio ke Vietnam dan Phillipina. All New Honda Brio sendiri merupakan salah satu mobil yang menjadi backbone penjualan PT HPM di Indonesia. Hebatnya, ternyata di negara Vietnam dan Phillipina permintaan mobil ini cukup banyak.

Foto tampak depan Honda Brio versi ekspor

All New Brio jadi ujung tombak ekspor Honda

"Pada dasarnya untuk ekpor, walaupun berhenti sementara produksinya, kebutuhan ekspor sudah kami produksi di bulan April. Kami kan ekspor CBU ke Filipina dan Vietnam. Sekarang bulan Mei, ekspor (juga) sudah jalan lagi, planning awal diawal tahun belum mengalami perubahan," ujar Yusak Billy, selaku Businnes Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor saat acara NGOVID bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT).

Gambar menunjukkan negara tujuan ekspor All New Honda Brio

Negara tujuan ekspor Honda masih tetap sama seperti sebelumnya

Jadi ekspor Honda tetap berjalan sesuai dengan rencana meski dalam kondisi pandemi seperti ini. Sementara "Untuk impor hanya memenuhi kuota pemesanan sebelumnya. jadi kan ada launch Civic Hatchback, nah itu untuk beberapa bulan ke depan, masih seuai planning yang ada. Jadi, sementara ini masih sesuai dan belum mengalami perubahan," tutur pria ramah yang akrab disapa Billy ini.

KISAH EKSPOR HONDA BRIO KE VIETNAM DAN FILIPINA

Gambar menunjukkan Honda Brio 1300 cc CBU

Brio pertama kali muncul di Tanah Air juga dalam format CBU

Kiprah Honda Brio di pasar mobil Indonesia tak bisa dianggap remeh, meski awalnya banyak pihak yang skeptis dan sangsi akan kehadiran hatchback kecil racikan Honda ini di pasar mobil Indonesia tahun 2012. Namun pada kenyataannya mobil ini cukup diminati oleh konsumen di pasar mobil Indonesia. Honda Brio pertama kali masuk ke Indonesia pun dalam format CBU dari Thailand dengan satu varian yang menggendong mesin 4 silinder 1.300 cc berkatup variabel i-VTEC.

Gambar menunjukkan Honda Brio Satya 2017

Honda Brio Satya jadi kacang goreng di kelas LCGC bahkan city car

Diminatinya Brio di pasar mobil Indonesia, membuat PT HPM mengalihkan produksi mobil ini ke Indonesia alias CKD tepat setahun setelah masa peredaran mobil ini di Indonesia. Pada tahun 2013 ini pula, Honda Brio merangsek ke pasar LCGC (Low Cost Green Car) dengan diluncurkannya Honda Brio Satya. PT HPM sangat jeli dalam melihat produknya yang berpotensi untuk pasar mobil di kelas ini.

Gambar menunjukkan All New Honda Brio Satya 2018

All New Honda Brio Satya memang juga diproyeksikan untuk ekspor Honda

Kesuksesan Honda Brio di pasar nasional tidak membuat PT HPM berpuas hati. Sejak diluncurkannya All New Honda Brio di pasar mobil Indonesia, kami dari tim Cintamobil.com sebenarnya sudah mengendus kemungkinan mobil ini akan di ekspor ke manca negara. Karena, hasil perbincangan kami dengan Tsutomu Harano selaku Large Project Leader All New Honda Brio, Honda R & D Asia Pasific Co.,Ltd di Bali saat All New Honda Brio Media Test Drive 2018, ia mengatakan bahwa meski studi produk baru mereka ini dilakukan di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan mobil ini siap ekspor ke mancanegara. 

Foto prosesi ekspor Honda Brio

Tanggal 26 Maret tahun lalu Honda melalukan ekspor ke dua negara di ASEAN

Dan pada akhirnya, pada tanggal 26 Maret 2019 All New Honda Brio versi ekspor resmi di 'lepas' ke mancanegara. Dan dua negara di ASEAN yang beruntung mendapatkan All New Honda Brio Export Version 2019 adalah Vietnam dan Filipina. Untuk negara Vietnam, ini merupakan debut bagi mobil ini pada negara tersebut, sedangkan untuk Filipina, mobil Honda Brio versi ekspor ini akan menggantikan Honda Brio dengan model lawas bermesin 1.300 cc yang masih dijual disana.

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top