Ditengah Pandemi Ekspor Honda Tetap Jalan Terus

08/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Ditengah Pandemi Ekspor Honda Tetap Jalan Terus
Meskipun saat ini dunia industri sedang dilanda pandemi global virus Corona, namun PT Honda Prospect Motor tetap menyatakan ekspor Honda tetap jalan terus

Virus Corona (COVID19) belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Artinya, untuk sementara dunia industri 'dipaksa' untuk hidup berdampingan di tengah pandemi ini. Namun, meski kondisi sedang tidak bagus, namun tetap ada berita positif dari industri otomotif, salah satunya PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menyatakan ekspor Honda tetap jalan terus meski dalam kondisi pandemi ini.

EKSPOR HONDA TETAP JALAN

Gambar menunjukkan Honda Brio siap dikapalkan

Ekspor Honda tetap berjalan

Sekadar informasi, bulan Maret tahun 2019 lalu, PT HPM merayakan ulang tahunnya yang ke-20 tahun. Pada hari spesial tersebut, PT HPM memberi kado istimewa untuk Indonesia, yakni berupa tambahan devisa untuk negara yaitu ekspor mobil All New Honda Brio ke Vietnam dan Phillipina. All New Honda Brio sendiri merupakan salah satu mobil yang menjadi backbone penjualan PT HPM di Indonesia. Hebatnya, ternyata di negara Vietnam dan Phillipina permintaan mobil ini cukup banyak.

Foto tampak depan Honda Brio versi ekspor

All New Brio jadi ujung tombak ekspor Honda

"Pada dasarnya untuk ekpor, walaupun berhenti sementara produksinya, kebutuhan ekspor sudah kami produksi di bulan April. Kami kan ekspor CBU ke Filipina dan Vietnam. Sekarang bulan Mei, ekspor (juga) sudah jalan lagi, planning awal diawal tahun belum mengalami perubahan," ujar Yusak Billy, selaku Businnes Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor saat acara NGOVID bersama Forum Wartawan Otomotif (FORWOT).

Gambar menunjukkan negara tujuan ekspor All New Honda Brio

Negara tujuan ekspor Honda masih tetap sama seperti sebelumnya

Jadi ekspor Honda tetap berjalan sesuai dengan rencana meski dalam kondisi pandemi seperti ini. Sementara "Untuk impor hanya memenuhi kuota pemesanan sebelumnya. jadi kan ada launch Civic Hatchback, nah itu untuk beberapa bulan ke depan, masih seuai planning yang ada. Jadi, sementara ini masih sesuai dan belum mengalami perubahan," tutur pria ramah yang akrab disapa Billy ini.

KISAH EKSPOR HONDA BRIO KE VIETNAM DAN FILIPINA

Gambar menunjukkan Honda Brio 1300 cc CBU

Brio pertama kali muncul di Tanah Air juga dalam format CBU

Kiprah Honda Brio di pasar mobil Indonesia tak bisa dianggap remeh, meski awalnya banyak pihak yang skeptis dan sangsi akan kehadiran hatchback kecil racikan Honda ini di pasar mobil Indonesia tahun 2012. Namun pada kenyataannya mobil ini cukup diminati oleh konsumen di pasar mobil Indonesia. Honda Brio pertama kali masuk ke Indonesia pun dalam format CBU dari Thailand dengan satu varian yang menggendong mesin 4 silinder 1.300 cc berkatup variabel i-VTEC.

Gambar menunjukkan Honda Brio Satya 2017

Honda Brio Satya jadi kacang goreng di kelas LCGC bahkan city car

Diminatinya Brio di pasar mobil Indonesia, membuat PT HPM mengalihkan produksi mobil ini ke Indonesia alias CKD tepat setahun setelah masa peredaran mobil ini di Indonesia. Pada tahun 2013 ini pula, Honda Brio merangsek ke pasar LCGC (Low Cost Green Car) dengan diluncurkannya Honda Brio Satya. PT HPM sangat jeli dalam melihat produknya yang berpotensi untuk pasar mobil di kelas ini.

Gambar menunjukkan All New Honda Brio Satya 2018

All New Honda Brio Satya memang juga diproyeksikan untuk ekspor Honda

Kesuksesan Honda Brio di pasar nasional tidak membuat PT HPM berpuas hati. Sejak diluncurkannya All New Honda Brio di pasar mobil Indonesia, kami dari tim Cintamobil.com sebenarnya sudah mengendus kemungkinan mobil ini akan di ekspor ke manca negara. Karena, hasil perbincangan kami dengan Tsutomu Harano selaku Large Project Leader All New Honda Brio, Honda R & D Asia Pasific Co.,Ltd di Bali saat All New Honda Brio Media Test Drive 2018, ia mengatakan bahwa meski studi produk baru mereka ini dilakukan di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan mobil ini siap ekspor ke mancanegara. 

Foto prosesi ekspor Honda Brio

Tanggal 26 Maret tahun lalu Honda melalukan ekspor ke dua negara di ASEAN

Dan pada akhirnya, pada tanggal 26 Maret 2019 All New Honda Brio versi ekspor resmi di 'lepas' ke mancanegara. Dan dua negara di ASEAN yang beruntung mendapatkan All New Honda Brio Export Version 2019 adalah Vietnam dan Filipina. Untuk negara Vietnam, ini merupakan debut bagi mobil ini pada negara tersebut, sedangkan untuk Filipina, mobil Honda Brio versi ekspor ini akan menggantikan Honda Brio dengan model lawas bermesin 1.300 cc yang masih dijual disana.

Share this post:
Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Ini 5 Alasan Honda Brio Tetap Laris Saat Pandemi Corona

21/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Honda Brio tetap mencatatkan prestasi penjualan yang menggembirakan di tengah pandemi virus Corona, ini 5 alasan teknis Honda Brio tetap laris penjualannya

Lihat juga

TIPS BELI MOBIL BEKAS: Honda Brio 1st Gen 2012-2017, Si Hatchback Kompak Yang Diganduringi Millenials

28/11/2018

Jual beli

10 menit

Honda Brio begitu digandrungi oleh para millenials serta keluarga muda di Indonesia, apa yang menyebabkan ia begitu diminati?

Lihat juga

Komparasi Rp 140 Jutaan, Harga Beda Rp 1,3 Juta, Pilih Honda Brio Satya S M/T 2019 Atau Toyota Agya 1.2 G M/T 2019

06/09/2019

Jual beli

5 menit

Inilah pertarungan tersengit dua mobil LCGC (Low Cost Green Car) sesama geng Sunter (Kantor pusat kedua pabrikan ini berada di Sunter, Jakarta Utara). Keduanya merupakan tipe terendah pada masing-masing variannya dengan kapasitas mesin 1.200 cc. Lantas, dengan hanya beda harga Rp 1,3 juta, mana yang lebih layak pilih? Honda Brio Satya S M/T 2019 Atau Toyota Agya 1.2 G M/T 2019?

Lihat juga

Minat Murah Berkualitas? Honda Brio Tipe Ini Bisa Dibawa Pulang Dengan DP Ringan Dan Cicilan Rp 2,7 Juta Per Bulan

22/08/2019

Pasar mobil

3 menit

Ketika berselancar di dunia maya dan membantu rekan kami untuk mencarikan mobil yang pas dengan kantongnya, kami menemukan sebuah penawaran menarik yang ada di Honda Kumala Karawang. Pasalnya mereka menjual mobil murah berkualitas. Honda Brio tipe S bertransmisi manual dapat dibawa pulang dengan DP ringan dan cicilan Rp 2,7 juta saja per bulan.

Lihat juga

Komparasi Bekas Atau Baru: Honda Jazz RS 2014 vs All New Honda Brio RS 2019, Duel Sengit Honda Pilihan ...

25/08/2019

Jual beli

7 menit

Bagi keluarga muda, kedua mobil ini sudah tidak asing lagi, karena sudah seakan menjadi primadona untuk kebutuan mobilitas harian. Tak hanya mampu mengantar anak sekolah dan sesekali dibawa pelisir ke luar kota, namun tampilannya yang sporti lagi stylish seakan menjadi kelebihan utama keduanya. So, bagi Anda yang bingung menentukan pilihan, berikut komparasi bekas vs bekas oleh kami, antara Honda Jazz RS 2014 atau All New Honda Brio RS 2019 yang harganya mirip sekali.

Lihat juga
 
back to top