Ditengah Kabar Buruk, Kabar Baik Dari Penjualan dan Ekspor Mobil Indonesia

17/10/2018

Pasar mobil
Berdasarkan data yang didapatkan dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan serta ekspor mobil Indonesia menunjukan hasil positif hingga September lalu.

Gaikindo mencatat, penjualan mobil bertumbuh sebanyak 10,85 persen dari awal tahun hingga September 2018, dibandingkan periode yang sama 2017 lalu. Data menunjukan penjualan hingga bulan ke-9 tercatat 851.430 unit, dibandingkan tahun lalu dimana hanya tercatat 768.120 unit pada periode yang sama.

Peningkatan terlihat pada penjualan Daihatsu, Mitsubishi Motors, Mitsubishi Fuso, Hino, Isuzu, Suzuki, Wuling, Hyundai, DFSK, UD Trucks dan sebagainya. Namun hasil berbeda didapatkan oleh Chevrolet, Datsun, Nissan, hingga Toyota dan Honda.

>>> Baca juga: Review Mitsubishi Colt Diesel FE 74 HD 2017

Gambar yang menunjukan penjualan mobil di Indonesia

Peningkatan penjualan mobil di Indonesia naik dibandingkan periode tahun lalu

Dalam pernyataannya resminya, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nagoi, menjelaskan bahwa peningkatan penjualan mobil merupakan bagian dari perbaikan kondisi ekonomi dalam negeri. Harga komoditas, seperti batu bara dan kelapa sawit yang membaik beserta suku bunga yang masih rendah merupakan salah satu penyebab pertumbuhan penjualan mobil.

>>> Dapatkan semua pasar mobil internasional hanya di sini

Kenaikan ekspor mobil

Kabar positif juga terlihat pada kenaikan ekspor mobil Indonesia. Gaikindo kembali menunjukan total ekspor mobil Completely Build Up (CBU) Januari-September 2018 mencapai 187.752 unit, yaitu naik sebesar 10,4% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 170.059 unit.

Gambar yang menunjukan ekspor mobil di pelabuhan

Penjualan ekspor terbesar dipimpin oleh Daihatsu

Angka terbesar didapatkan oleh pejualan Daihatsu sepanjang 9 bulan sebelumnya dengan pencapaian 84.387 unit dibandingkan penjualan tahun lalu yang mencapai 59.012 unit, dengan kenaikan 42.1% tahun ini. Diikuti Toyota dengan penjualan 69.131 unit, meskipun turun 20,1% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas, jangan abaikan daftar mobil dijual di sini

Xpander yang menjadi salah satu anak emas Mitsubishi Motors tahun ini membuat debut luar negeri pertamanya ke Filipina dengan total ekspor Mitsubishi sebanyak 12.261 unit, hanya kalah dari Suzuki di tempat ketiga dengan ekspor sebanyak 18.202 unit.

Gambar yang menunjukan produksi mobil di pabrik mobil

Ekspor mobil bisa mempengaruhi peningkatan nilai tukar rupiah

Meskipun tren positif ini terlihat hingga September, Yohannes menyebut ada faktor negatif yang turut menghadang, yaitu pergerakan dollar yang semakin liar serta kebijakan Pemerintah yang mulai menaikan suku bunga acuan. “Daya beli masih cukup stabil walaupun September cukup turun, harga mobil naik, suku bunga naik,” jelasnya.

>>> Informasi dunia otomotif dalam dan luar negeri terlengkap hanya di Cintamobil.com

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top