Ditemukan di Kandang Ayam, Ford Falcon Tua ini Terjual Rp 3,2 Miliar

17/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Setelah lebih dari 30 tahun mendekam di kandang ayam, Ford Falcon edisi spesial ini dilelang dan laku dengan harga lebih dari Rp 3 miliar, apa sih spesialnya?

Di luar negeri, tak jarang ditemukan 'harta karun' berupa mobil yang teronggok lama di suatu tempat. Kali ini giliran sebuah Ford Falcon yang mangkrak selama lebih dari tiga dekade ditemukan dalam sebuah kandang ayam di Queensland, Australia.

Meski Falcon merupakan salah satu mobil paling popular dan laris di Australia, mobil satu ini bisa dibilang cukup spesial dan sangat langka. Oleh karena itu, tak heran jika harga lelangnya sangat fantastis.

>>> 5 Diler Mobil Ini Terbengkalai Puluhan Tahun dan Menyimpan Koleksi Langka

Cuma ada 120 di dunia, laku Rp 3,3 miliar

Ford Falcon langka yang dilelang ini merupakan Ford Falcon XA GT RPO 83, yang bahkan lebih ekslusif ketimbang Falcon GT yang sangat ikonik itu. Namun selayaknya mobil yang sudah lama tidak digunakan, kondisi mobil tidak terurus dengan jarring laba-laba, ban kempes, karat, dan interior yang tidak terurus.

Tampilan belakang Ford Falcon XA di dalam kandang ayam

Interior Ford Falcon XA barn find

Tampilan eksterior dan interior Falcon XA GT yang sudah 30 tahun bersemayam di kandang ayam

Dilelang oleh Gray Online, muscle car satu ini dilelang mulai dari $9 (Rp 100 ribu). Namun dengan status mobil yang sangat langka, bisa dipastikan harga akhirnya akan jauh di atas itu.

Beberapa ahli Australian Muscle mengatakan Ford Falcon XA GT RPO 83 ini akan laku lebih dari $150.000 (Rp 1,5 miliar) dengan kondisi apa adanya, atau lebih dari $250.000 (Rp 2,5 miliar) setelah direstorasi.

Pada akhirnya, mobil tersebut laku dengan tawaran akhir di $300.909 Dollar Australia (setara Rp 3.370.876.336), jauh lebih tinggi dari harga awal mobil yang dibeli dengan harga $7.000 tahun 1973 ($73.278 setelah inflasi, atau Rp 826 juta).

>>> Trik Bangun Ford Laser Modifikasi Biar Si Taksi Gak Cupu Lagi

Sejarah Falcon XA GT RPO 83

Bisa dibilang, Ford Falcon GT RPO 83 hadir secara tidak disengaja. Awalnya, Ford berencana untuk menghadirkan Falcon GT IV, suksesor dari GT I, II, dan III yang cukup sukses di ajang balap V8 Supercars Australia. Namun, rencana Ford Falcon GT IV dibatalkan setelah mobil menjadi terkenal untuk alasan yang salah, khususnya soal pandangan di mata publik dan politisi.

Saat itu, kejuaraan balap Australia memakai regulasi Touring Car Group C, dengan mobil jalanan menjadi basis. Saat Falcon GT IV tengah disiapkan, politisi dan media mengatakan mobil tersebut terlalu kencang sebagai mobil jalanan.

Tampilan depan Ford Falcon XA

Mesin Ford Falcon XA barn find

Falcon XA GT RPO disispi beberapa komponen performa dari GT IV yang gagal diproduksi

Jadi, Ford membatalkan rencana Falcon GT IV, tapi mereka masih memiliki berbagai komponen performa. Ketimbang disia-siakan, Ford secara rahasia “menyisipkan komponen tersebut ke Ford Falcon XA model sedan dan coupe.

Jumlah mobil yang dijual beragam, namun beberapa sejarawan mengatakan 120 unit Coupe dan 139 sedan dibangun untuk memenuhi regulasi, di mana 250 mobil diperlukan dengan modifikasi serupa untuk proses homologasi.

Sistem penjualan edisi spesial ini juga tidak secara terbuka, di mana Ford memberi embel-embel RPO (Regular Production Option), dengan komponen Falcon GT Phase IV, namun tanpa rekognisi.

“Regular Production Option pada dasarnya hadir untuk menampung komponen yang tersisa dari proyek Phase IV, komponen yang sudah mereka siapkan untuk produksi Phase IV, dan pada akhirnya tidak bisa dipakai,” tulis Reporter Street Machine, Graham Smith.

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di Cintamobil.com

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

 
back to top