Dispensasi Perpanjangan SIM Mundur Lagi Hingga 23 Agustus

11/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dispensasi perpanjangan SIM di ibu kota kembali diperpanjang hingga 23 Agustus 2021, menyusul perpanjangan PPKM Jawa Bali mulai tanggal 10-16 Agustus 2021.

Ditlantas Polda Metro Jaya kembali memperpanjang dispensasi perpanjangan SIM untuk warga ibu kota, menyusul PPKM Jawa Bali yang kembali diberlakukan. Hal itu untuk mendukung kebijakan PPKM menekan kasus Covid-19.

Diundur hingga 23 Agustus 2021

Seperti sebelumnya, perpanjangan dispensasi kali ini khusus Surat Izin Mengemudi (SIM) yang mati atau habis berlaku saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Adapun masa dispensasi sampai tanggal 23 Agustus 2021.

“Bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada tanggal 3 Juli sampai 16 Agustus 2021 dapat diperpanjang pada tanggal 18 s/d 23 Agustus 2021 dengan mekanisme perpanjangan,” tulis TMC Polda Metro di Twitter @TMCPoldaMetro dan Instagram @tmcpoldametro Rabu (11/8/2021).

>>> Pengendara Moge Bisa Pakai SIM CI Selama Setahun

Foto Dispensasi perpanjangan SIM DKI Jakarta

Ada dispensasi perpanjangan SIM bisa dilakukan setelah PPKM selesai

Diingatkan juga agar kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan mengingat sanksi yang diberikan cukup bikin repot. Sebab jika perpanjangan dilakukan terlambat, maka dikenakan sanksi berupa registrasi SIM baru.

Begitupun untuk SIM yang mati sebelum 3 Juli 2021 atau hari pertama PPKM Darurat juga dikenakan sanksi yang sama.

“Bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan pada tenggang waktu tersebut akan melaksanakan mekanisme penerbitan SIM baru,” jelas @TMCPoldaMetro.

Perpanjangan PPKM Jawa Bali

Perpanjangan PPKM Jawa Bali kembali diputuskan meski kondisi mulai membaik dengan banyaknya wilayah kota/kabupaten turun level.

“Dalam penerapan PPKM Level 4 dan 3 yang akan dilakukan dari tanggal 10 sampai 16 Agustus 2021 nanti terdapat 26 kota/kabupaten yang turun dari level 4 ke level 3. Hal ini menunjukkan perbaikan di lapangan yang cukup signifikan.” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Jenderal TNI (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (9/8/2021).

>>> Terapkan Ganjil Genap, Polda Metro Hentikan Penyekatan di Jakarta

Foto menunjukkan Sosialisasi ganjil genap oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo

Sosialisasi jelang diberlakukan ganjil genap di Jakarta

Beberapa hal yang berbeda dari PPKM kali ini terletak pada kelonggaran yang diberikan. Seperti uji coba pembukaan mall dan penambahan kapasitas pengunjung di restoran, rumah makan, dan kafe menjadi 25%.

Hal lainnya yaitu dibukanya penyekatan jalan ibu kota secara menyeluruh, diganti sistem ganjil genap di 8 ruas jalan. Uji coba ini berlaku mulai 12-16 Agustus 2021 pukul 06.00 sampai dengan 20.00 WIB.

>>> Tinggal di Jakarta, temukan mobil impianmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top