Diskon PPnBM untuk Mobil 1.500-2.500 cc Berlaku Mulai April

23/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Diskon PPnBM untuk Mobil 1.500-2.500 cc Berlaku Mulai April
Diskon PPnBM untuk mobil berkapasitas 1.500-2.500 cc akan diberlakukan pemerintah mulai 1 April 2021. Saat ini kebijakan itu masih dalam tahap finalisasi.

Pemerintah akhirnya akan memperluas kebijakan relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) untuk kendaraan bermotor. Aturan ini tak lagi terbatas pada mobil berkapasitas di bawah 1.500 cc segmen 4x2 dan sedan.

Asalkan dirakit lokal dan ketentuan penggunaan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) minimal 70%, maka mobil berkapasitas 1.500-2.500 cc juga bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. 

Toyota Innova-Fortuner

Peluang Innova dan Fortuner turun harga terbuka lebar

>>> Prediksi Harga Toyota Fortuner dan Kijang Innova Bila Dapat Relaksasi PPnBM

Berlaku 1 April 2021

Saat ini, pemerintah masih dalam tahap penyelesaian aturan keuangannya. Rencananya diskon PPnBM tersebut berlaku mulai 1 April 2021. 

"2.500 cc kita sedang dalam proses untuk memfinalisasi peraturan menteri keuangannya yang nanti berlaku mulai bulan april terutama yang diatas 1.500-2.500cc nanti akan kita umumkan kalau udah selesai PMK-nya," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN Kita, Selasa (23/3/2021). 

Sebelumnya, perluasan kebijakan diskon PPnBM untuk kendaraan bermotor sudah diutarakan oleh Sri saat melakukan rapat kerja dengan DPR. Ia merinci diskon PPnBM ini memang menyasar produk mobil yang dirakit secara lokal.

Toyota Fortuner

Harga Fortuner bisa turun Rp 80 jutaan

Kebijakan ini juga sudah sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita usai melakoni pertemuan dengan para pabrikan Jepang. 

"Kita sebetulnya tergetnya adalah untuk yang TKDN-nya 70% jadi memang 1.500 meskipun kemarin saya mendapatkan juga arahan dari presiden untuk menyampaikan kalau di atas 1.500 asalkan TKDN 70% bisa dipertimbangkan jadi kita sedang melakukan penyempurnaan, ini mungkin bisa sampai 2.500 cc," beber Sri belum lama ini. 

Sayang, ia masih belum merinci model mobil apa saja yang bisa menikmati diskon PPnBM tersebut. Pada kebijakan diskon PPnBM yang berlaku sejak 1 Maret 2021, hanya tercantum 21 mobil. Tampaknya, tak banyak pertambahan model mobil yang bisa mendapatkan relaksasi PPnBM ini. 

>>> Selain Fortuner-Innova, Mobil China Ini Juga Bakal Dapat Relaksasi PPnBM?

Harga Mobil Bisa Turun Signifikan

Wuling Almaz

Wuling menyebut akan memberi insentif untuk Almaz dan Cortez

Kalau diperhatikan tak banyak mobil dengan kapasitas lebih hingga 2.500 cc dirakit dalam negeri. Pun demikian yang memiliki TKDN 70%. Saat ini dua model mobil yang sudah jelas berkapasitas hingga 2.500 cc dengan TKDN 70 adalah Toyota Fortuner dan Kijang Innova. Dalam laman resmi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), tertulis bahwa TKDN Kijang Innova sebesar 85%. Sedangkan TKDN Toyota Fortuner sebesar 75%. 

Kemudian kalau berbicara mobil berkapasitas 1.500-2.500 cc yang dirakit dalam negeri tanpa diketahui dengan pasti kandungan lokalnya ada Honda HR-V 1.8 L dan Honda CR-V. Lalu, pabrikan China Wuling juga mengumumkan bahwa pihaknya bakal memberikan insentif bagi Almaz dan Cortez. Meski begitu, belum jelas insentif apa yang bakal diberikan Wuling pada Almaz dan Cortez. Tak menutup kemungkinan keduanya bisa memanfaatkan diskon PPnBM tersebut. 

Penerapan kebijakan PPnBM ini tentu membuat harga mobil di segmen tersebut bakal menurun cukup signifikan. Cintamobil sendiri sempat melakukan simulasi perhitungan untuk Fortuner dan Innova. Keduanya bisa turun harga di kisaran Rp 50-80 jutaan.

>>> Sudah Dapat Relaksasi PPnBM Duluan, Simak Harga Mobil LCGC Terbaru

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top