Dealer Mulai Tawarkan Mobil Baru dengan Diskon PPnBM

25/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dealer Mulai Tawarkan Mobil Baru dengan Diskon PPnBM
Bulan Februari ini bisa menjadi saat yang tepat untuk Anda berburu mobil baru. Menggabungkan insentif PPnBM nol persen dan diskon dari dealer secara penuh.

Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah  (PPnBM) atau diskon PPnBM untuk mobil baru yang rencananya akan diberlakukan mulai 1 Maret 2021 sampai Mei ternyata sudah bisa dimanfaatkan. Bagi Anda yang saat ini sedang berburu mobil baru inilah saat yang tepat.

>>> Intip Daftar Harga Low MPV Sebelum Dapat Diskon PPnBM

 

Toyota Avanza

Avanza jadi satu model yang mendapat relaksasi PPnBM

Sudah Bisa Dimanfaatkan

Menurut informasi yang Cintamobil dapatkan saat ini konsumen sudah bisa memanfaatkan relaksasi pajak untuk menggenjot penjualan mobil baru di Indonesia ini. Pramuniaga Toyota yang Cintamobil temui mengungkapkan bahwa diskon PPnBM bisa dimanfaatkan. Pramuniaga yang tak ingin disebutkan namanya itu juga menginformasikan  bahwa sebaiknya melakukan pembelian mobil baru di bulan Februari ini agar diskon dari dealer yang lebih besar.

"Kalau PPnBM nol persen infonya 99 persen akan terlaksana. Nah PPnBM pajaknya di nol persenkan estimasi untuk kendaraan beda-beda. Untuk PPnBM nol  persen sudah bisa digunakan. Kalau mau dapat diskon yang oke di bulan Februari ini jadi konsumen harus SPK dulu di bulan ini, karena bila SPK di bulan Maret diskon dari dealer bisa dikurangi karena sudah ada insentif dari pajak tersebut. Kalau untuk DP 0 persen saat ini belum bisa." kata pramuniaga diler Toyota kepada Cintamobil.com (25/2/2021).

>>> Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik yang Dijual di Indonesia

Gambar menunjukan Toyota Yaris

Avanza, Rush, Yaris, Vios, dan Sienta dapatkan diskon pajak

Penerapan Dilakukan Secara Bertahap

Pembahasan mengenai informasi akan adanya diskon PPnBM pembelian mobil baru di Tanah Air ini sejatinya memang akan mulai diberlakukan pada bulan Maret 2021. Dari informasi yang ada bahwa aturan yang dibuat sebagai upaya meningkatkan gairah industri sektor otomotif ini penerapannya dibagi secara bertahap, yaitu diskon PPnBM sebanyak 100% di bulan Maret – Mei 2021, 50% di bulan Juni – Agustus 2021, dan terakhir 25% di bulan September – November 2021.

Dalam skemanya, tidak semua tipe mobil mendapatkan keringanan pajak. Kebijakan diskon pajak hanya berlaku pada model-model CKD dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc dan mempunyai kandungan komponen lokal lebih dari 70%. Berdasarkan perhitungan, tipe Toyota yang akan mendapatkan pengurangan PPnBM adalah Avanza, Rush, Yaris, Vios, dan Sienta. Sementara model yang masuk dalam cluster LCGC yakni Agya dan Calya tidak diberikan keringanan lantaran PPnBM-nya sudah 0%.

>>> Aturan Diskon Pajak Masih Tahap Finalisasi, Berlaku 1 Maret 2021

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top