Deretan Mobil Toyota yang Dapat Diskon PPnBM

22/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Deretan Mobil Toyota yang Dapat Diskon PPnBM
Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia masih menunggu aturan teknis terkait diskon PPnBM yang dijadwalkan mulai berlaku Maret 2021.

Pemerintah Indonesia telah berencana untuk membebaskan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) untuk kendaraan roda dua dan empat mulai Maret hingga November 2021 mendatang. Insentif tersebut merupakan cara untuk membangkitkan industri otomotif di tengah pandemi saat ini.

>>> Selain Dapat Diskon Pajak, Beli Mobil Baru Juga Bisa DP 0 Persen

Gambar menunjukan Toyota Agya

LCGC Agya dan Calya tidak diberikan keringanan lantaran PPnBM-nya sudah 0%

Penerapan Dilakukan Secara Bertahap

Pembahasan mengenai informasi akan adanya pengurangan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) pembelian mobil baru di Tanah Air ini sejatinya memang akan mulai diberlakukan pada bulan Maret 2021. Dari informasi yang ada bahwa aturan yang dibuat sebagai upaya meningkatkan gairah industri sektor otomotif ini penerapannya dibagi secara bertahap, yaitu diskon PPnBM sebanyak 100% di bulan Maret – Mei 2021, 50% di bulan Juni – Agustus 2021, dan terakhir 25% di bulan September – November 2021.

Dalam skemanya, tidak semua tipe mobil mendapatkan keringanan pajak. Kebijakan relaksasi PPnBM hanya berlaku pada model-model CKD dengan kapasitas mesin kurang dari 1.500 cc dan mempunyai kandungan komponen lokal lebih dari 70%. Berdasarkan perhitungan, tipe Toyota yang akan mendapatkan pengurangan PPnBM adalah Avanza, Rush, Yaris, Vios, dan Sienta. Sementara model yang masuk dalam cluster LCGC yakni Agya dan Calya tidak diberikan keringanan lantaran PPnBM-nya sudah 0%.

>>> Mengenal Jenis-Jenis Spare Part Mobil

Gambar menunjukan Dealer Toyota

Auto2000 tunggu aturan teknis terkait informasi diskon PPnBM

Auto2000 Masih Tunggu Aturan Teknisnya

Auto2000 sebagai dealer Toyota terbesar di Indonesia masih menunggu aturan teknis terkait informasi diskon PPnBM sehingga belum dapat menjabarkan kepastian tipe dan harga jual dari produk-produk yang nantinya memperoleh keringanan pajak. Di lain pihak, harga jual tipe lain yang sudah pasti tidak terkena aturan seperti Agya, Calya, Innova, Fortuner, Voxy, Hilux, Hiace, Alphard, dan Vellfire tidak akan berubah saat aturan diskon pajak dijalankan.

“Kami di Toyota dan Auto2000 masih menunggu aturan detail teknis terkait diskon PPnBM. Tapi tidak perlu khawatir silahkan hubungi dealer-dealer Toyota dan Auto2000 mendaftarkan diri untuk mendapatkan kesempatan diskon PPnBM hingga 100 persen selama Maret hingga Mei 2021,” terang Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor dalam talkshow Ngobrol Virtual Auto2000.

>>> Ini Sebabnya Mobil LCGC Tak Ikut Dapat Relaksasi PPnBM

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top