Pemprov Bali Beri Diskon Pajak Kendaraan hingga September

09/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Mulai 8 Juni hingga Desember 2021 Pemprov Bali memberikan diskon pajak kendaraan yang diyakini dapat meningkatkan pendapatan daerah di tengah pandemi Covid-19.

Pemerintah Provinsi Bali telah mengumumkan mengeluarkan kebijakan relaksasi pajak kendaraan bermotor yang telah berlaku sejak 8 Juni 2021 hingga akhir tahun ini. Kebijakan ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang saat ini ingin membayar pajak kendaraan.

>>> 5 Provinsi Ini Masih Berlakukan Program Pemutihan Pajak Kendaraan

Gambar menunjukan Promo pajak

Diskon bayar pajak cukup bayar dua tahun saja!

Berlaku Hingga Akhir Tahun Ini

Melalui Kebijakan Strategis Gubernur Bali dalam Peraturan Gubernur Nomor 21 tahun 2021 Tentang Pembebasan Pokok Pajak Serta Penghapusan Sanksi Administratif Berupa Bunga dan Denda Terhadap Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor.

Diskon Pajak ini dimulai 8 Juni sampai dengan 3 September 2021. Diskon Pajak diberikan kepada wajib pajak yang menunggak pajak, cukup membayar pajak 2 (dua) tahun saja, sedangkan pajak tahun ketiga dan seterusnya dibebaskan.

Kemudian Gratis BBNKB II yang berlaku mulai 4 September sampai dengan 17 Desember 2021. Gratis BBNKB II diberikan kepada wajib pajak yang akan melakukan proses balik nama, mutasi lokal dan mutasi dari luar Bali.

Terakhir pemutihan yang dimulai 8 Juni sampai dengan 17 Desember 2021. Pemutihan ini merupakan pembebasan bunga dan denda terhadap pembayaran PKB dan BBNKB II.

>>> Lengkap! Ketahui Pajak Mobil Innova dari Tahun 2004 Hingga Terbaru

Gambar menunjukan STNK Kendaraan

Pemerintah Provinsi Bali ingin masyarakat Bali taat untuk membayar pajak kendaraan

Meningkatkan Pendapatan Daerah di Tengah Pandemi Covid-19

Menurut Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Bali, Made Santha seperti dikutip dari laman Balipost mengatakan bahwa kebijakan strategis relaksasi pajak kendaraan bermotor yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Bali ini bertujuan untuk mendorong masyarakat Bali agar lebih taat untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Dengan membayar pajak dikatakan dapat meningkatkan pendapatan daerah di tengah pandemi Covid-19.

Menurut penuturannya kebijakan relaksasi pajak ini telah ditambahkan, Sebelumnya di tahun lalu hanya bebas pajak BBNKB II dan pemutihan. Tetapi di tahun ini telah ditambahkan dengan memberikan diskon pajak.

"Tahun 2021 ini ada 3 kebijakan strategis keberpihakan Pemprov Bali kepada masyarakat Bali, khususnya masyarakat wajib pajak yaitu kebijakan diskon piutang atau utang pajak, gratis BBNKB II dan pemutihan," tutupnya.

Seperti yang telah disebutkan di atas diskon pajak diberikan kepada wajib pajak yang telah menunggak pajak lebih dari 2 tahun. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin membayar pajak kendaraan kesayangan Anda di tahun ini.

>>> Nikmati Aturan Pajak Mobil Baru, Ini Dia Mobil yang Bisa Kamu Beli

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top