Diresmikan Presiden, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Siap Beroperasi Penuh

26/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Diresmikan Presiden, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Siap Beroperasi Penuh
Peresmian jalan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer secara virtual oleh Presiden Joko Widodo menandai beroperasinya tol pertama di Riau ini secara penuh.

Provinsi Riau kini benar-benar memiliki jalan bebas hambatan, yaitu jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Jalan tol itu diresmikan Presiden Joko Widodo, pada Jumat, 25 September 2020. Peresmian dilakukan secara virtual melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat dan disiarkan melalui akun Youtube Sekretariat Presiden..

Di Provinsi Riau acara peresmian dilakukan di  Gerbang Tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai. Hadir di Riau Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Gubernur Provinsi Riau Syamsuar, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Sedangkan mendampingi Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Foto menunjukkan suasana saat penandatanganan prasasti Peresmian Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Tol Pekanbaru-Dumai diresmikan

Modal Kesejahteraan

Dalam sambutannya Presiden menyatakan jalan tol ini benar-benar telah selesai dan dapat dioperasikan secara penuh.

"Alhamdulillah, pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 kilometer dengan biaya Rp 12,18 triliun telah selesai, dapat dioperasikan secara penuh, dan sudah bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan produktif, baik untuk masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera," kata Presiden yang tampak mengenakan helm dan rompi sebagaimana yang biasa dikenakan dalam peresmian secara luring.

Presiden berharap Tol Pekanbaru-Dumai bisa menjadi modal bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Saya titip kepada pemerintah daerah dan warga masyarakat Pekanbaru-Dumai agar memanfaatkan infrastruktur ini sebaik-baiknya. Jadikan modal untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang usaha dan sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat," ucap Presiden di akhir sambutannya.

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan jalan Tol Pekanbaru-Dumai hari ini,” kata Presiden.

>>> Lebih Dari 1 Juta Ton Hotmix Habis Untuk Proyek Jalan Tol Permai

Foto menunjukkan Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Tol Pekanbaru-Dumai, jalan tol pertama di Provinsi Riau

 

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai

Tol Pekanbaru-Dumai atau Tol Permai merupakan bagian dari pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS). Proyek yang dikelola PT Hutama Karya (Persero) ini memiliki panjang 131,5 Km dari Kota Pekanbaru hingga Dumai. Tol Permai terbagi menjadi 6 seksi, yaitu:

  • Seksi 1 (Pekanbaru - Minas) sepanjang 10 KM,
  • Seksi 2 (Minas – Kandis Selatan) sepanjang 24 KM,  
  • Seksi 3 (Kandis Selatan – Kandis Utara) sepanjang 17 KM,
  • Seksi 4 (Kandis Utara-Duri Selatan) sepanjang 26 KM,
  • Seksi 5 (Duri Selatan-Duri Utara) sepanjang 29,5 KM dan
  • Seksi 6 (Duri Utara-Dumai) sepanjang 25 KM.

Selain dua ramp utama di Pekanbaru dan Dumai, akses warga dipermudah dengan adanya 6 simpang susun (SS), yaitu SS Minas Junction, SS Kandis Selatan, SS Kandis Utara, SS Pinggir, SS Duri Junction, dan SS Mandau.

Tol dengan lebar jalur utama sepanjang 3,6 meter untuk tiap lajur ini dilengkapi oleh 7 (tujuh) Gerbang Tol (GT) yaitu GT Pekanbaru, GT Minas, GT Kandis Selatan, GT Kandis Utara, GT Pinggir, GT Bathin Solapan, dan GT Dumai.

>>> Bukan Sekedar Estetika, Ini Fungsi Jalur Hijau di Tengah Jalan Tol

Foto menunjukkan Gerbang Tol Dumai

Tersedia banyak gerbang pembayaran di Tol Pekanbaru-Dumai

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Jalan Tol Kertosono-Kediri, Konstruksi Dimulai Pertengahan 2021

25/09/2020

Pasar mobil

3 menit

PT Jasa Marga (Persero) Tbk menargetkan bila pembebasan lahan berjalan lancar pekerjaan konstruksi jalan Tol Kertosono-Kediri bisa dimulai pertengahan 2021.

Lihat juga

Bahaya Kecepatan Tinggi di Jalur Lambat Jalan Tol

24/09/2020

Pengemudian

4 menit

Belajar dari kecelakaan Toyota Kijang Innova di Tol Mojokerto-Surabaya yang menewaskan 3 penumpang, betapa besar bahaya kecepatan tinggi di jalur lambat jalan tol

Lihat juga

Alasan Pengendara Harus Mampir di Rest Area Jalan Tol

22/09/2020

Pengemudian

3 menit

Banyak alasan pengendara harus mampir di rest area jalan tol dibanding terus melaju meneruskan perjalanan sampai tempat tujuan tanpa berhenti sama sekali.

Lihat juga

Mengenal Golongan Kendaraan di Jalan Tol

22/09/2020

Pengemudian

3 menit

Perbedaan jarak tempuh dan jenis kendaraan membedakan tarif tol yang harus dibayarkan. Yuk, kenali golongan kendaraan di jalan tol agar bisa tahu tarif tol-nya.

Lihat juga

Manfaat Pohon Trembesi di Jalan Tol

21/09/2020

Event - Promosi

3 menit

Puluhan ribu pohon Trembesi ditanam di banyak titik jalan Tol Trans Jawa beberapa tahun terakhir. Berikut manfaat pohon Trembesi bagi kesehatan dan lingkungan.

Lihat juga
 
back to top