Diproduksi Di Vietnam, Ekspor Mitsubishi Xpander Dipastikan Hilang

08/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Diproduksi Di Vietnam, Ekspor Mitsubishi Xpander Dipastikan Hilang
Rencana Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memproduksi Xpander di Vietnam pada 2020 dipastikan membawa dampak signifikan. Ekspor Mitsubishi Xpander yang jumlahnya ribuan unit dipastikan hilang dan membuat negara kehilangan sebagian sumber devisa.
Menyusul kesuksesan penjualan Mitsubishi Xpander pada tahun fiskal 2018 di Vietnam, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan lokalisasi produksi di negara tersebut pada 2020. Chairman MMC Osamu Masuko menuturkan keputusan produksi Xpander di Vietnam didasarkan pada pertumbuhan pasar yang dinilai sangat positif.

Foto Mitsubishi Xpander di Vietnam

Mitsubishi Xpander jadi line up unggulan Mitsubishi Motors Vietnam

"Kami akan berusaha untuk upaya baru ini di Vietnam, yaitu memproduksi mobil berkualitas tinggi dan memuaskan lebih banyak pelanggan di Vietnam," tutur Masuko dalam keterangan resminya di laman Mitsubishi Motors Corps (12/9/2019) lalu. "Saya yakin bahwa tantangan ini akan membuat bisnis kami di Vietnam terus tumbuh sambil memfasilitasi pertumbuhan di pasar otomotif dan ekonomi regional negara itu dalam hal lapangan kerja, pengembangan sumber daya manusia, investasi, dan transfer teknologi." tambahnya.

Seperti diketahui Mitsubishi Xpander buatan Indonesia mulai diekspor ke Vietnam pada Oktober 2018. Dan hingga tahun fiskal 2018 sebanyak 14.000 unit kendaraan telah terjual. Berlanjut ke tahun fiskal 2019 penjualan Mitsubishi Xpander tetap kuat. Dari Januari hingga Juli 2019 tercatat sudah 8.318 unit kendaraan dikirim ke sana.

"Perkembangan ekspor Mitsubishi ke Vietnam sangat baik tahun ini, bahkan mengalahkan Toyota (5.272 unit dalam periode yang sama)," tutur Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika, seperti dikutip dari Kompas, (7/10/2019).

>>> Review Mitsubishi Xpander Limited 2019, Hanya Xpander Dengan Tambahan Paket Aksesoris?

Foto Chairman MMC - Osamu Masuko saat memberikan sambutan di acara ulang tahun Mitsubishi Motors Vietnam, 12 September 2019

MMC mengumumkan bakal melokalkan produksi Xpander di Vietnam

Disesalkan Kadin

Keputusan produksi Mitsubishi Xpander di Vietnam membawa berkah bagi industri otomotif setempat dan Mitsubishi Motors Vietnam. Hal itu diyakini bisa lebih mempercepat pertumbuhan pasar Xpander karena harga jual kendaraan bisa ditekan.

Di sisi lain, keputusan tersebut disesalkan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sebab secara langsung Indonesia bakal kehilangan salah satu sumber devisa negara yang sangat berharga. Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Moneter, Fiskal, dan Kebijakan Publik, Raden Pardede menuturkan pemerintah Indonesia harus bertindak cepat menganalisa dan membuat tindakan strategis. Jika tidak Raden khawatir langkah Mitsubishi ini bakal memancing produsen lain untuk melakukan hal yang sama dan Indonesia bisa kehilangan banyak pasar ekspor.

"Langkah Vietnam dapat memancing beberapa produsen untuk memproduksi langsung di Vietnam. Oleh karena itu, kita harus cepat lakukan analisa dan cepat membuat aksi strategis seperti kebijakan yang merangsang ekosistem investasi," tutur Raden. "Kita sudah kehilangan kesempatan pada saat Samsung memilih Vietnam. Jangan sampai otomotif juga pindah ke sana," tambahnya.

>>> 14 Ribu Unit Mitsubishi Xpander di Vietnam Kena Recall, Pasar Indonesia Aman

>>> Informasi otomotif paling aktual hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top