Dipimpin Toyota, Ekspor Produk Mobil Indonesia Mengalami Peningkatan Signifikan

28/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Dipimpin Toyota, Ekspor Produk Mobil Indonesia Mengalami Peningkatan Signifikan
Kondisi pasar otomotif Indonesia memang terbilang lesu dibandingkan tahun sebelumnya. Tapi hal ini tak membuat ekspor mobil Tanah Air berkecil hati. Dari data yang dikeluarkan Gaikindo beberapa waktu lalu, ekspor produk mobil Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Di tengah lesunya pasar otomotif di Tanah Air, kabar baik pun berdatangan. Kali ini, Gaikindo mengungkapkan bahwa ekspor mobil produk Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Selain itu, ada pula kabar tentang Toyota yang akan memproduksi kendaraan listrik di Tanah Air.

Ekspor produk mobil Indonesia

Dalam pernyataannya pertengahan tahun ini, Ketua I Gaikindo Jonkie D. Sugiarto menyebutkan bahwa tren positif ekspor produk mobil Indonesia harus tetap dijaga. “Agen pemegang merek juga terus berkomunikasi dengan para prinsipalnya untuk meningkatkan ekspor walaupun KBM [kendaraan bermotor] masih didominasi kendaran serba guna,”

pabrik Toyota yang sedang memproduksi kendaraan 
Ekspor kendaraan produksi Indonesia meningkat dibandingkan tahun lalu

>>> Pemerintah Republik Indonesia Percayakan Toyota Crown 2.5 HV G-Executive Hybrid Untuk Kendaraan Dinas Mentri

Selain itu, perubahan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) disebut akan meningkatkan kuantitas produksi mobil disesuaikan dengan permintaan global. PP 73/2019 tentang pengenaan PPnBM tidak lagi mengenakan pajak berdasarkan bentuk bodi, tetapi berdasarkan emisi yang dikeluarkan. Kedepannya, harga produk mobil Indonesia pun bisa lebih murah berdasarkan konsentrasi gas buang.

Saat ini, banyak produsen otomotif Tanah Air yang enggan memproduksi model lain, seperti sedan maupun station wagon dikarenakan trarif PPnBM yang berkisar dari 30% hingga 125%. Sedangkan MPV, SUV, dan hatchback berkisar antara 10% hingga 125%. Jongkie menjelaskan ada beberapa negara Asia, hingga Ausralia yang dibidik produsen setelah peraturan ini diberlakukan dua tahun lagi.

 pabrik Esemka dengan beberapa mobil berwarna putih dan hitam
Esemka yang menjadi mobil produk Indonesia terbaru

Di lain kesempatan, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia menyebutkan siap memproduksi mobil listrik di pabrik mereka di Karawang. Perubahan lini produksi ini dijelaskan oleh Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono untuk mengikuti tren mobil listrik dunia. Bahkan, tak menutup kemungkinan mobil listrik yang diproduksi di Tanah Air akan turut diekspor ke luar negeri.

>>> Berita informatif dalam dan luar negeri bisa Anda dapatkan di sini

Peningkatan ekspor produk mobil Indonesia terbaru

Menurut data yang diambil dari PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IPCC), aktivitas ekspor kendaraan bermotor secara utuh (CBU) mengalai peningkatan yang signifikan. Terlihat dari peningkatan ekspor sebesar 29,75%, sedangkan ekspor kendaraan CBU mengalami peningkatan 16,53%, atau 294.396 unit.

Toyota masih menjadi contributor ekspor otomotif terbesar di Indonesia dengan angka 147.806 unit atau sekitar 62.7%, naik 5.47% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Dimana Toyota Fortuner mengambil 25.25% dari total ekspor, disusul Toyota Rush (27.46%) dan Avanza (15.11%). Mitsubishi dan Suzuki menyusul dengan catatan ekspor 43.168 unit dan 26.736 unit kendaraan.

>>> Ingin membeli mobil Toyota terbaru? Dapatkan daftarnya hanya di sini

 Chevrolet Captiva berwarna oranye
Wuling pun berniat untuk mengekspor Chevrolet Captiva

Gaikindo memang bertujuan untuk terus meningkatkan ekspor produk mobil Indonesia. Jongkie mengungkapkan bahwa hal ini bisa dilakukan dengan diversifikasi produk ekspor untuk memenuhi kendaraan di pasar global. Dengan beragamnya produk mobil Indonesia yang dipasarkan di luar negeri, target ekspor satu juta unit mobil dari Gaikindo pada 2025 diyakini akan tercapai.

>>> Berita otomotif terlengkap ada di Cintamobil.com

Share this post:
Padli Nurdin
Penulis
Padli Nurdin
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Diproduksi Di Vietnam, Ekspor Mitsubishi Xpander Dipastikan Hilang

08/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Rencana Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memproduksi Xpander di Vietnam pada 2020 dipastikan membawa dampak signifikan. Ekspor Mitsubishi Xpander yang jumlahnya ribuan unit dipastikan hilang dan membuat negara kehilangan sebagian sumber devisa.

Lihat juga

Stagnan di Dalam, Ekspor Mobil Indonesia Mengalami Peningkatan Pesat ke Luar

30/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Geliat otomotif Indonesia yang terkesan stagnan di Tanah Air ternyata mengalami peningkatan pesat ke luar negeri. Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Kementerian Perindustrian, ekspor mobil Indonesia meningkat tajam dibandingkan tahun lalu.

Lihat juga

Dua Tahun Beroperasi, Wuling Mulai Ekspor Mobil Untuk Pasar Internasional

26/09/2019

Pasar mobil

5 menit

Setelah dua tahun resmi mendirikan pabrik dan beroperasi di Indonesia, PT SGMW Motor Indonesia kini mulai melakukan produksi untuk keperluan ekspor beberapa negara di Asia-Oseania.

Lihat juga

PT Sokonindo Automobile Buka Keran Ekspor Ke Filipina

18/09/2019

Pasar mobil

3 menit

Sebagai tahap awal, PT Sokonindo Automobile akan ekspor 3.000 unit DFSK Super Cab ke Filipina

Lihat juga

Kurang Laku di Indonesia, Dua Produk Suzuki Ini Terbanyak Diekspor

06/03/2019

Pasar mobil

Lini produk Suzuki yang diproduksi di Indonesia tergolong banyak dan beragam. Namun Suzuki Karimun Wagon R dan APV salah dua produk yang beberapa tahun terakhir kurang laku di pasar otomotif Indonesia.

Lihat juga